08 June 2018

6 Tips Merawat Kulit Sensitif

6 Tips Merawat Kulit Sensitif

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit wajah yang sehat, merona, dan bersinar adalah impian banyak wanita. Produk perawatan kulit pun kini sangat beragam dan banyak juga yang memiliki harga yang terjangkau. Efeknya pun tidak kalah bagus dengan produk perawatan kulit yang harganya mahal. Bahkan, sekarang pun juga banyak bermunculan produk perawatan yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya, sehingga kecantikan alami kulitmu akan semakin terpancar.

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, memilih produk perawatan kulit bukanlah hal yang mudah. Mereka pasti sudah sadar bahwa merawat kulit sensitif butuh kesabaran ekstra. Selain rentan terhadap kerusakan dan jerawat, jenis kulit ini pun juga sangat reaktif terhadap sebagian besar produk kulit dan riasan wajah. Namun jangan khawatir, di bawah ini terdapat beberapa kiat merawat kulit sensitif agar ia tetap memancarkan kecantikanmu:

  1. Tes Produk Kecantikan Sebelum Membelinya

Saat kamu pergi ke pusat perbelanjaan, janganlah mudah termakan rayuan pramuniaga di sana. Pastikan terlebih dahulu untuk menguji produk makeup dan perawatan kulit sebelum membelinya. Mintalah pramuniaga untuk mengoleskan sedikit produk tersebut ke kulit kamu. Apabila bahan yang terkandung dalam produk perias wajah dan perawatan kulit tersebut tidak sesuai, maka kulitmu akan menunjukkan tanda seperti kemerahan atau gatal-gatal. Dengan begini, kamu menjadi lebih hati-hati memilih produk kecantikan yang sesuai kulitmu.

(Baca juga: 4 Tips Pilih Skincare Sesuai Jenis Kulit)

  1. Selalu Gunakan Tabir Surya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kulit sensitif sangatlah rentan terhadap kerusakan. Paparan sinar ultraviolet pun mampu membuatnya radang dan muncul bercak-bercak merah. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan agar kulitmu dioleskan tabir surya terlebih dahulu setelah mandi pagi. Pilih produk dengan SPF minimal 15 agar kulitmu terhindar dari paparan sinar matahari.

  1. Gunakan Toner pada Kulit

Toner akan memberikanmu efek yang menenangkan, sehingga pemilik kulit sensitif wajib menggunakan produk ini. Manfaat toner yang lain ialah mampu memberikan dorongan hidrasi yang baik pada kulit, sehingga kulitmu terhindar dari kekeringan.

  1. Perlakukan Kulit dengan Lembut

Sebetulnya tidak hanya pemilik kulit sensitif saja yang perlu memperlakukan kulit dengan lembut, tetapi semua jenis kulit pun demikian. Oleskanlah produk kecantikan dengan lembut ke seluruh wajah. Sebab apabila kamu melakukannya dengan kasar, yang ada kulitmu malah akan menjadi gatal dan kemerahan.

  1. Kurangi Penggunaan Riasan Wajah

Penggunaan produk riasan wajah yang berlebihan hanya akan membuat kulitmu menjadi infeksi. Maka dari itu, kurangilah penggunaan riasan wajah tersebut. Sebagai gantinya, kamu harus rajin mengonsumsi makanan sehat agar kecantikan alamimu semakin terpancar. Selain itu, kamu bisa menggunakan ramuan alami agar kulitmu senantiasa sehat tanpa satu pun lapisan makeup.

  1. Gunakan Air Mawar

Air mawar adalah bahan alami penenang kulit sensitifmu. Jadi, kamu dapat menggunakan air mawar setiap hari untuk membasuh mukamu. Dengan penggunaan secara rutin, maka air mawar akan mencegah timbulnya gatal dan kemerahan pada kulit sensitif.

(Baca juga: Ingin Cantik? Ini Perlunya Cuci Muka dengan Sabun Khusus)

Nah, di atas ialah tips merawat kulit sensitif yang ternyata mudah dan dapat kamu lakukan kapan pun. Jika kamu mengalami masalah gangguan kulit yang berkaitan dengan kesehatan, coba segera bicarakan dengan dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Kini ada Halodoc, aplikasi yang memungkinkan kamu bicara dengan dokter secara langsung melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!