Inilah 7 Bahan Alami untuk Atasi Gondongan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
mengatasi gondongan, sakit gondongan, obat gondongan alami

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami pembengkakan pada salah satu sisi bagian wajah yang disertai dengan rasa nyeri ketika menelan dan demam pada tubuh hingga mencapai 38 derajat celcius? Kondisi ini bisa menjadi tanda dari penyakit gondongan. Meskipun penyakit gondongan bukan penyakit yang serius, namun penyakit ini perlu diatasi agar tidak menimbulkan komplikasi.

Baca juga: Kenali Gondongan, Penyakit yang Bikin Malu Keluar Rumah

Penyakit gondongan merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada bagian kelenjar parotis dan disebabkan oleh infeksi virus sehingga kelenjar parotis membengkak. Pada tubuh, kelenjar parotis memiliki fungsi untuk memproduksi air liur. Penyakit gondongan dapat dialami oleh siapa saja di usia berapapun.

Kenali Gejala Awal Penyakit Gondongan

Virus paramyxovirus mudah menyebar melalui air liur pengidap gondongan yang batuk atau bersin. Orang sehat dapat tertular secara langsung maupun tidak langsung. Penularan secara langsung dapat terjadi melalui hidung dan mulut, sedangkan penularan tidak langsung dapat terjadi ketika seseorang terpapar virus penyebab penyakit gondongan melalui barang-barang yang terkontaminiasi virus penyebab gondongan, paramyxovirus.

Ketika virus paramyxovirus masuk melalui saluran pernapasan, menetap dan berkembang biak hingga menginfeksi kelenjar parotis membutuhkan waktu sekitar 14-25 hari. Ada beberapa gejala yang muncul, seperti pembengkakan pada kelenjar parotis yang terinfeksi, kesulitan menelan, rasa nyeri ketika mengunyah, demam dengan suhu 38 derajat celcius, mulut kering, hilangnya nafsu makan, lelah dan sakit kepala.

Jangan abaikan gejala yang dialami dan segera lakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat agar kamu dapat mengatasi gejala yang kamu alami.

Baca juga: 6 Penyakit Ini Bisa Terjadi Akibat Komplikasi Gondongan

Bahan Alami untuk Atasi Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan dapat sembuh dengan sendirinya ketika sistem imunitas tubuh bekerja dengan maksimal. Umumnya, pengobatan yang dilakukan untuk mengurangi gejala yang dirasakan oleh pengidap gondongan. Selain mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat, gunakan bahan alami ini untuk meringankan gejala, seperti:

  1. Air Putih

Nyeri pada rahang bagian belakang yang dirasakan oleh pengidap gondokan dapat sebabkan kamu mengalami penurunan nafsu makan dan minum. Sebaiknya hindari kondisi ini karena memicu dehidrasi.

Tidak ada pantangan bagi pengidap gondongan untuk mengonsumsi cairan dalam bentuk apa pun, namun untuk mengoptimalkan kondisi imunitas tubuh, tidak ada salahnya perbanyak konsumsi air putih. Hindari mengonsumsi jus buah karena merangsang produksi air liur yang membuat kelenjar parotis semakin terasa nyeri.

  1. Lidah Buaya

Tidak hanya memiliki khasiat untuk kesehatan kulit maupun rambut, kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk mengompres bagian sisi wajah kamu yang mengalami pembengkakan akibat penyakit gondongan.

Efek dingin yang diberikan oleh lidah buaya mampu meringankan gejala penyakit gondongan. Gunakan bagian dalam lidah buaya yang sudah dipotong menjadi dua. Oleskan beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal.

  1. Air Garam

Kamu dapat mengatasi gejala yang kamu rasakan akibat penyakit gondongan dengan melakukan kumur air garam hangat. Rutin lakukan kumur agar rasa nyeri yang kamu rasakan dapar berangsur menghilang.

  1. Bawang Putih

Tidak ada salahnya untuk menambahkan asupan bawang putih pada sup atau makanan yang kamu konsumsi ketika gondongan. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang membuat sistem imunitasi tubuh meningkat. Sistem imunitas tubuh yang optimal membuat virus penyebab gondongan berangsur menghilang.

Baca juga: Ini Perbedaan Antara Gondok dan Gondongan

  1. Jahe

Jahe mengandung minyak asiri didalamnya yang memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya dapat membuat sistem daya tahan tubuh menjadi optimal, minyak asiri pada jahe memiliki manfaat anti peradangan.

  1. Es Batu

Untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kelenjar parotis, tidak ada salahnya kompres bagian wajah yang mengalami pembengkakan dengan es batu yang dibalut kain lembut. Kondisi ini membantu untuk mengurangi kondisi wajah yang mengalami pembengkakan.

Penyembuhan penyakit gondongan nyatanya membutuhkan waktu beberapa minggu. Tidak ada salahnya lakukan pencegahan terhadap penyakit ini dengan memberikan vaksinasi MMR pada anak-anak. Selain itu, menjaga kebersihan tangan dan lingkungan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit gondongan.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Mumps
Healthline. Diakses pada 2019. Mumps
Medical News Today. Diakses pada 2019. Mumps