03 December 2018

7 Bahan Alami untuk Mengatasi Gondongan

mengatasi gondongan, sakit gondongan, obat gondongan alami

Halodoc, Jakarta - Gangguan pada leher bernama gondongan sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut. Penyebab awal gondongan adalah infeksi yang disebabkan oleh virus. Biasanya, virus tersebut menginfeksi kelenjar parotis (kelenjar ludah), sehingga kelenjar ludah membengkak. Gejala gondongan lainnya meliputi demam dan pipi bengkak, sakit kepala, serta rasa nyeri saat menelan, berbicara, mengunyah, atau minum air yang asam. Gondongan biasanya menerpa anak usia 2-14 tahun.

Lalu, bagaimana cara mengobati gondongan? Banyak orang yang salah sangka bahwa gondongan dapat diobati dengan antibiotik. Nyatanya, antibiotik merupakan obat untuk melawan infeksi bakteri, bukan virus. Maka dari itu, cara mengobati gondongan dengan antibiotik menjadi kurang tepat. Kamu juga dapat memilih pengobatan alternatif dengan menggunakan bahan alami, seperti yang dijabarkan dalam artikel berikut ini:

  1. Air Putih

Gondongan dapat membuat tenggorokan kamu sakit, sehingga akan sulit untuk mengunyah dan menelan makanan atau minuman. Itu sebabnya, banyak orang yang kehilangan nafsu makan dan jadi malas mengonsumsi apapun, termasuk minum air putih. Padahal, dengan meminum banyak air putih dapat membantu mencegah dehidrasi selama demam yang kamu alami saat gondongan. Kebutuhan cairan yang terpenuhi dengan baik juga dapat membantu melancarkan sistem metabolisme tubuh kamu.

Mengonsumsi cairan apapun sebenarnya diperbolehkan. Namun, akan lebih ideal jika memperbanyak air putih. Hindari jus buah, karena jus biasanya dapat merangsang produksi air liur yang justru membuat gondongan semakin sakit.

  1. Lendir Lidah Buaya

Kebanyakan dari kita mungkin sudah mengetahui khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut. Namun, sebenarnya lidah buaya juga bermanfaat untuk mengobati gondongan. Secara efektif, bahan alami ini akan membuat rasa sakit menjadi lebih ringan.

  1. Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh ini bukan belimbing yang biasanya buahnya dapat kamu nikmati kesegarannya. Buah ini juga dikenal dengan istilah belimbing sayur yang biasanya digunakan sebagai bahan memasak. Namun, bukan buahnya yang dapat kamu pakai, melainkan daunnya.

  1. Jahe

Kamu tentu tahu bagaimana efektifnya rempah satu ini untuk mengatasi gangguan batuk, sakit tenggorokan, dan masuk angin. Rasanya yang pedas dan efek hangatnya akan memberikan rasa aman dan nyaman. Jahe pun ternyata bagus untuk dijadikan sebagai obat penyembuh gondongan.

  1. Bubuk Margosa dan Kunyit

Kombinasi kedua bahan ini akan memberikan efek luar biasa pada daerah yang mengalami gondongan. Kunyit sendiri sebenarnya dapat menjadi tambahan atau campuran bahan lainnya untuk menyembuhkan gondongan.

  1. Selada Air

Kamu dapat mencoba mengobati gondongan dengan menggunakan selada air. Bahan ini bukanlah hal yang sulit dijumpai, karena setiap kali kamu makan sandwich dan burger, selalu ada selada di dalamnya. Rupanya, selada air pun dapat menyembuhkan gondongan secara efektif.

  1. Madu

Ketahuilah lebih dulu cara membedakan madu asli dan palsu, supaya kamu dapat membeli yang benar-benar murni. Madu murni tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, tetapi juga untuk penyakit organ dalam kronis. Infeksi virus yang menyerang air liur juga dapat diatasi dengan madu.

Jadi, jika sewaktu-waktu mengalami gondongan, jangan bingung lagi untuk mencari obatnya. Bahan alami di atas dapat kamu pertimbangkan dan buktikan sendiri keampuhannya. Namun, jika kamu mengalami gangguan gondongan yang semakin parah, tidak ada salahnya kamu melakukan tanya jawab dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Saran dokter dapat kamu terima dengan praktis dengan download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!

Baca juga: