7 Buah yang Bermanfaat untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
7 Buah yang Bermanfaat untuk Menjaga Kecerahan Wajah

Halodoc, Jakarta - Kulit membutuhkan keseimbangan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan cerah. Untuk itu, kamu perlu menjaganya dengan rutin memakai perawatan kulit dari luar seperti mengaplikasikan pelembap dan tabir surya. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kesehatan kulit dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan. 

Buah-buahan mampu menunjang kecerahan wajah yang bekerja dari dalam tubuh, baik kulit lapisan atas atau bawah. Selain mampu mencerahkan kulit, mengonsumsi buah juga mencegah kerusakan akibat sinar matahari yang mengganggu proses pemecahan kolagen. 

Berikut ini buah-buahan yang bisa dikonsumsi dan bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Selain itu, buah-buahan ini mengandung antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yaitu:

1. Delima

Jus delima bekerja baik untuk kulit. Selain mencerahkan, buah delima membantu menyamarkan garis-garis wajah dan bintik-bintik jika digunakan secara teratur. Buang delima mengandung polifenol yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan aliran darah. Hal ini membuat kulit lebih sehat melalui detoksifikasi. Delima juga mampu mencegah dan mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari. Mengonsumsi kulit delima bersamaan dengan bijinya, mampu mendorong pertumbuhan sel dan menghambat munculnya keriput secara alami. 

Baca juga: 5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

2. Pisang

Pisang memiliki banyak manfaat berkat kandungan asam amino yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit. Buah ini mengandung seng dan kalium. Seng bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat, sedangkan kalium bermanfaat untuk menghidrasi kulit yang dehidrasi. Jangan buang kulit pisang, karena bagian dalam kulit pisang jika digosokan pada wajah bermanfaat untuk kecerahan kulit. 

3. Semangka

Buah semangka ini bukan hanya menyegarkan tenggorokan, tapi juga kulit. Semangka mengandung zat yang secara alami dapat mengencangkan kulit. Selain itu, buah semangka dapat merevitalisasi kulit kusam menjadi lebih cerah. 

4. Pepaya

Selain dapat mengatasi masalah pigmentasi, buah pepaya yang ditumbuk membantu menghaluskan kulit kasar. Setelah itu kulit kamu akan terasa lebih kenyal. Mengaplikasikan masker yang terbuat dari pepaya juga mampu mengatasi permasalah kerutan yang datang lebih dini.

5. Kiwi

Buah ini mengandung asam lemak omega-3, asam yang melindungi kulit dari kuman. Buah kiwi dapat mencegah kamu dari infeksi kulit dan mencegah munculnya kulit kendur. Kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu memproduksi kolagen dan mencerahkan. 

Baca juga: 7 Cara Atasi Kulit Kusam

6. Jeruk

Jika kamu memiliki masalah kulit kusam dan komedo, kamu bisa mengatasinya dengan jeruk. Jus jeruk dikenal dapat meringankan warna pada kulit, mengurangi noda, dan mengobati jerawat. Selain itu, mengonsumsi buah jeruk atau jus jeruk secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. 

7. Apel

Buah apel ini baik untuk kulit karena memiliki efek mencerahkan kulit. Buah apel bekerja secara efektif pada kulit dengan menghilangkan patogen dan minyak berlebih. 

Berbagai jenis buah di atas memang baik untuk kesehatan kulit, namun mungkin saja kamu mengalami permasalahan kulit lainnya yang tidak diatasi dengan buah. Jika kamu mengalami masalah kecantikan kulit yang lebih serius, kamu bisa bertanya pada dokter spesialis kulit melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat. 

Referensi:

WebMD. Diakses pada 2019. The 15 Best Vitamins and Nutrient for Healthy Skin.
Practo. Diakses pada 2019. 7 Fruits that Improve Your Skin