24 August 2018

7 Cara untuk Menurunkan Trigliserida dalam Darah

trigliserida, menurunkan trigliserida

Halodoc, Jakarta - Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak akan membuat kadar kolesterol dalam darah meninggi. Benar demikian, tetapi bukan itu satu-satunya yang perlu dicemaskan. Selain kadar kolesterol, kadar trigliserida dalam darah pun harus kamu perhatikan. Pasalnya, semakin tinggi angka trigliserida dalam darah, maka tubuh pun semakin rentan mengalami berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke, diabetes, penyumbatan pembuluh darah, hingga jantung koroner.

Jika angka trigliserida dalam darah kamu melebihi 1,7 mmol/L atau 150 mg/dl, bisa dikatakan kamu memiliki kadar trigliserida yang tinggi dalam darah. Tak hanya dewasa dan lansia, remaja pun bisa mengalaminya. Biasanya, orang-orang yang telah berusia 50 tahun dan memiliki penyakit jantung, wanita dewasa, hamil dan menyusui, serta pengidap obesitas lebih rentan mengalaminya.

Nah, supaya kadar trigliserida dalam tubuh bisa dikontrol, lakukan cara-cara berikut ini:

1. Pilih Makanan yang Tinggi Serat

Pertama, kamu perlu pintar memilih makanan yang kamu konsumsi. Pastikan kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, karena mampu menurunkan serapan gula dan lemak pada usus kecil. Buah dan sayur merupakan makanan sumber serat yang bisa kamu pilih dalam menu sehari-hari.

2. Pilih Makanan Rendah Karbohidrat

Selanjutnya adalah makanan rendah karbohidrat. Sama seperti gula, penumpukan karbohidrat akan membuat kadar trigliserida dalam darah mengalami peningkatan. Studi menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat cenderung mengalami penurunan trigliserida yang cukup signifikan.

Baca juga: 5 Tips Mudah Usir lemak Perut

3. Kurangi Asupan Lemak Trans

Penumpukan trigliserida juga bisa terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans, seperti gorengan atau makanan yang dipanggang. Tak hanya kadar trigliserida, konsumsi makanan berlemak trans juga memicu tingginya kadar LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Kurangi Asupan Gula

Dalam makanan, gula akan diubah menjadi trigliserida, sehingga semakin banyak kamu mengonsumsi makanan tinggi gula, maka akan terjadi penumpukan trigliserida dalam darah. Pemerintah menyarankan konsumsi gula harian maksimal hanya sebanyak empat sendok makan per hari. Jadi, jika kamu ingin terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena gula darah yang tinggi, kurangi asupan gula.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Asam lemak tak jenuh mampu membantu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Jenis makanan seperti minyak nabati, alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan berlemak adalah sumber makanan kaya akan asam lemak tak jenuh yang bisa kamu konsumsi sehari-hari.

6. Atur Pola Makan

Makan berlebihan tentu tak baik untuk kesehatan, karena akan terjadi penumpukan kalori dalam tubuh yang akan berubah menjadi lemak jika tidak kamu imbangi dengan aktivitas. Setelah makan, tubuh akan melepas insulin yang berfungsi mengangkut gula untuk dijadikan energi. Kadar insulin yang berlebihan akan membuat penumpukan gula dan trigliserida yang memicu terjadinya obesitas dan diabetes.

7. Rutin Olahraga

Pastinya, kamu perlu mengimbangi dengan olahraga. Tak hanya menurunkan trigliserida, rutin berolahraga juga membantu menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh kamu, sehingga kamu akan selalu sehat dan bugar. Sebaiknya, sisihkan waktu selama 30 menit setiap pagi untuk berolahraga, ya.

Baca juga: Jumlah Kebutuhan Zat Gizi yang Dibutuhkan oleh Tubuh Manusia

Itu tadi tujuh cara mudah yang bisa kamu coba untuk menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Apa pun gejala yang kamu alami dan terasa tidak biasa, segera tanyakan pada dokter agar tidak terlambat mendapatkan penanganan. Pakai aplikasi Halodoc supaya kamu lebih mudah berkomunikasi. Aplikasi Halodoc bisa juga kamu gunakan untuk beli obat atau cek lab. Yuk, download sekarang!