31 August 2018

7 Fakta tentang Bayi Baru Lahir

Bayi, fakta bayi baru lahir, bayi baru lahir

Halodoc, Jakarta – Meskipun baru terlahir ke dunia, ada banyak hal dari bayi baru lahir yang jarang diketahui oleh para orangtua. Itu mengapa banyak ibu yang merasa heran dan kagum saat bayinya melakukan suatu hal tak terduga. Lantas, apa saja sih fakta tentang bayi baru lahir yang perlu diketahui?

1. Bayi Belajar Bahasa Sejak dalam Kandungan

Ini karena Si Kecil sudah bisa mengenali suara dalam kandungan saat usianya 23 minggu. Jadi, meskipun Si Kecil baru mengucapkan kata pertamanya saat berusia 1 tahun, ia sudah belajar mengenal kata-kata sejak dalam kandungan. Itu mengapa banyak ahli menyarankan agar ibu membacakan cerita atau mendengarkan musik pada Si Kecil yang masih berada dalam kandungan. Sebab, semakin banyak kata dan bahasa yang didengar Si Kecil, semakin baik kemampuan berbahasanya di kemudian hari.

2. Bayi Baru Lahir Menangis Tanpa Air Mata

Ini karena Si Kecil tidak memproduksi air mata hingga berusia beberapa minggu. Karena kelenjar air mata Si Kecil belum berkembang sempurna, air matanya tidak akan keluar saat ia menangis. Barulah saat Si Kecil berusia  2 minggu ia bisa menangis karena tubuhnya mulai memproduksi air mata.

3. Tanda Lahir Wajar Dimiliki Bayi Baru Lahir

Tanda lahir umumnya dimiliki oleh bayi baru lahir. Tanda ini terbentuk saat pembuluh darah kecil di bawah kulit melebar saat persalinan, sehingga muncul dalam bentuk, warna, dan ukuran yang bermacam-macam. Seiring pertambahan usia, tanda ini akan menghilang. Namun, beberapa tanda lahir akan menetap, bahkan melebar.

4. Pandangan Bayi Baru Lahir Terbatas

Bayi baru lahir umumnya memiliki jarak pandang sekitar 20 – 30 sentimeter. Semua hal di sekitarnya, termasuk bentuk dan pergerakan benda maupun orang masih terlihat buram. Namun seiring pertambahan usia, pandangan Si Kecil akan semakin fokus dan tajam.

5. Bayi Baru Lahir Memiliki Banyak Tulang

Tulang yang dimiliki bayi baru lahir lebih banyak dibanding orang dewasa, yaitu sekitar 300 tulang. Namun, jumlah ini akan berkurang karena penyatuan beberapa tulang seiring bertambahnya usia.

6. Bayi Baru Lahir Butuh Banyak Tidur

Itu mengapa di minggu pertama kelahirannya, bayi membutuhkan waktu sekitar 18 – 22 jam untuk tidur. Durasi ini terbagi dalam beberapa waktu acak, sebab Si Kecil belum bisa membedakan kapan waktu yang tepat untuknya tidur. Saat Si Kecil sudah bisa membedakan siang dan malam, ia akan tertidur saat gelap dan suasana hening.

7. Bayi Baru Lahir Memasukkan Apapun ke Mulut

Sebuah studi menyebut, bayi baru lahir memiliki naluri untuk meletakkan segala sesuatu di mulutnya. Ini dilakukan sebagai upaya untuk bertahan hidup. Karena saat Si Kecil memasukkan makanan ke mulut, ia menganggap itu sebagai makanan yang bisa mengenyangkan.

8. Feses Bayi Baru Lahir Berwarna Hitam Kehijauan

Feses pertama bayi terdiri dari mekonium, yaitu zat lengkep gelap berwarna hitam kehijauan. Feses ini diproduksi saat dua hari pertama kehidupannya. Jadi, ibu enggak perlu khawatir saat melihat feses bayi yang berwarna hitam kehijauan. Warna ini akan berubah menjadi hijau kecokelatan hingga kuning dengan tekstur yang lebih padat seiring perkembangannya.

Itulah fakta tentang bayi baru lahir yang perlu diketahui. Kalau ibu punya pertanyaan seputar bayi baru lahir, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: