30 May 2018

7 Gejala Awal Penyakit Ginjal Ini Perlu Diwaspadai

7 Gejala Awal Penyakit Ginjal Ini Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Salah satu organ vital bagi manusia adalah ginjal. Letak ginjal berada di bawah tulang rusuk dengan bentuk yang menyerupai sepasang kacang di kedua sisi tubuh. Fungsinya adalah untuk menyaring limbah tubuh (berupa zat kimia, obat-obatan, dan makanan), memastikan kadar garam, mineral, cairan, dan asam darah dalam tubuh agar tetap seimbang, serta menghasilkan hormon pembentuk sel darah merah.

Ketika ginjal mengalami gangguan, hal ini secara otomatis akan berdampak pada kesehatan tubuh. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui ciri-ciri penyakit ginjal. Hal ini juga akan membantu kamu untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan akibat ginjal yang bermasalah. Berikut ini tujuh gejala awal penyakit ginjal yang perlu kamu waspadai:

  1. Perubahan Suhu Tubuh

Hal yang paling sering terjadi ketika seseorang mengalami masalah pada ginjal adalah meningkatnya suhu tubuh menjadi lebih panas. Ini terjadi akibat adanya respon infeksi atau iritasi yang terjadi pada salah satu ginjal dari tubuh.

  1. Rasa Nyeri di Area Pinggul

Perubahan suhu tubuh tidak bisa dijadikan satu-satunya indikator. Pasalnya, gejala demam adalah sesuatu yang umum terjadi. Nah, ciri lain dari gejala awal penyakit ginjal adalah munculnya rasa nyeri di area pinggul ketika disentuh atau ditekan oleh jari-jari tangan.

  1. Nyeri Ketika Buang Air Kecil

Munculnya rasa nyeri ketika buang air kecil merupakan salah satu tanda penyakit ginjal. Sebab, ginjal yang sedang tidak sehat umumnya akan menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil.

  1. Warna Urin Menjadi Lebih Pekat

Gejala awal penyakit ginjal lainnya adalah warna urin yang lebih pekat dari biasanya. Keadaan ini diduga terjadi akibat adanya gangguan pada ginjal berupa infeksi atau luka.

  1. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Selain warna urin yang lebih pekat, frekuensi buang air kecil juga akan meningkat. Hal ini merupakan gejala awal bagi pengidap penyakit ginjal, termasuk batu ginjal atau gangguan saluran kandung kemih.

  1. Berkurangnya Nafsu Makan

Penurunan fungsi ginjal juga berpengaruh terhadap penurunan nafsu makan seseorang. Dampaknya, seseorang akan mudah merasa lemas dan lelah.

  1. Timbul Rasa Mual dan Muntah

Apabila timbul rasa mual dan muntah dalam waktu yang bersamaan, kamu perlu waspada. Sebab gejala ini bisa menjadi tanda awal ginjal yang bermasalah.

Jika kamu mengalami satu atau lebih gejala di atas, jangan ragu untuk segera bicara pada dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call melalui layanan Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.

Baca juga: Rasa Sakit Apa Saja yang Tidak Boleh Diabaikan Bagi Wanita? Berikut Ulasannya