• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi

7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi

Halodoc, Jakarta – Banyak yang perlu ibu perhatikan tentang keperluan si buah hati. Tidak hanya pemenuhan nutrisi serta gizi, anak yang sehat juga memerlukan stimulasi sesuai dengan perkembangannya. Banyak cara stimulasi yang bisa ibu berikan pada anak, salah satunya melalui cara bermain yang tepat untuk anak. Ibu harus memilih jenis mainan yang sesuai dengan fase tumbuh kembang anak.

Baca juga: Tips Memilih Mainan Aman untuk Anak di Bawah 1 Tahun

Bermain dengan mainan yang tepat dapat menjadi tahap awal perkembangan anak dalam kehidupan. Memilih jenis mainan yang tepat untuk anak dapat membantu ibu untuk merangsang motorik anak sehingga ia dapat tumbuh lebih cerdas. Ketahui jenis mainan yang membantu ibu untuk melatih kemampuan perkembangan bayi.

Mainan yang Bisa Ibu Berikan pada Anak

Memberikan mainan pada anak terkadang menjadi hal yang menyenangkan bagi anak maupun orangtua. Namun, sebaiknya orangtua jangan sampai salah membelikan mainan untuk anak. Ketahui beberapa mainan untuk melatih kemampuan bayi serta anak dalam perkembangannya.

1. Blocks atau Building Sets

Dilansir dari Harvard Medical School, memberikan bayi mainan block atau building sets dapat dilakukan untuk memberikan daya imajinasi yang baik pada bayi dalam perkembangannya. Anak dalam pertumbuhan membutuhkan stimulasi untuk berpikir yang dapat mengembangkan konsep, ide, dan tingkat kreativitas anak.

2. Baby Safe Mirror

Centers for Disease Control and Prevention mengungkapkan, baby safe mirror baik diberikan untuk bayi yang berusia 0-2 bulan. Mainan ini dapat diberikan ketika anak melakukan tummy time sehingga menstimulasi anak dengan kaca bayi yang ada di hadapannya. Hal ini membuat bayi tertarik dengan bayangannya yang ada pada kaca dan menstimulasi motorik bayi.

3. Buku Cerita Berwarna

Jika anak ibu memasuki usia 4 bulan, ibu dapat memberikan buku cerita yang memiliki gambar dan warna yang cukup jelas. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, di usia ini bayi sudah terlihat akan menyukai atau tidak mainan yang ibu berikan.

Tidak ada salahnya untuk membacakan cerita yang terdapat dalam buku dan lihat reaksinya. Warna dan gambar yang cerah dalam buku akan menstimulasi penglihatan anak serta gerakan anak untuk meraih sesuatu. Selain warna dan gambar yang cerah, ibu dapat memilih buku cerita yang memiliki tekstur agar bayi dapat dilatih indra perabanya.

Baca juga: Bagaimana Tahap Tumbuh Kembang Anak yang Ideal?

  1. Ride On Toys

Dilansir dari Baby Centre, mainan ride on toys baik diberikan saat bayi sudah mulai belajar untuk berdiri atau berjalan. Mainan ini baik untuk stimulasi anak agar mereka dapat mempelajari keseimbangan. Jangan lupa untuk selalu dampingi anak ketika akan bermain mainan jenis ini.

5. Stacking Rings

Mainan menyusun ring berwarna-warni mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil ini cocok untuk dimainkan bayi berusia enam bulan ke atas. Si Kecil bisa belajar membedakan benda yang besar dan kecil, belajar mengenali berbagai macam warna, belajar memegang serta menaruh benda di tempat yang benar.  

6. Shape Sorting

Tahu mainan memasukkan benda-benda sesuai dengan bentuknya? Manfaat memberikan anak mainan shape sorting ini adalah untuk melatih koordinasi mata dan tangannya. Ketika bermain shape sorting, anak jadi belajar mengenal beberapa macam bentuk dan dirangsang mencari bentuk yang sesuai untuk dicocokkan.

7. Bola

Di usia 6 bulan, bayi sudah dapat merangkak. Jadi, ibu bisa memberikan bola untuk merangsang kemampuannya merangkak. Si Kecil tertarik mencoba menyentuh bola, dan ketika bola menggelinding, ia akan mengikuti bola dengan cara merangkak.

Baca juga: Ketahui Tahapan Perkembangan Bayi Usia 4-6 Bulan

Itulah beberapa mainan yang bisa ibu berikan untuk anak sesuai dengan tahap usianya. Jika Si Kecil sakit, langsung saja hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami si kecil dan minta saran kesehatan kepada dokter kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga!

 

Referensi:
Baby Centre. Diakses pada 2020. Toys That Boost Physical Development
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Milestone Moments
Harvard Medical School. Diakses pada 2020. The 3 Kinds of Toys That Really Help Your Child