19 March 2018

7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi

7 Jenis Mainan untuk Melatih Kemampuan Bayi

Halodoc, Jakarta – Bermain adalah kebutuhan paling dasar untuk anak-anak. Jangan berpikir karena bayi masih terlalu kecil, jadi ia enggak butuh mainan. Justru mainan bisa dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kemampuannya. Tapi ibu sebaiknya enggak sembarangan dalam memilihkan mainan untuk Si Kecil. Pilihlah mainan yang sesuai dengan usianya, karena setiap fase tumbuh kembang anak berbeda-beda.

Enggak hanya untuk menghibur anak, bermain juga bisa menjadi proses Si Kecil belajar dalam kehidupan awalnya. Bermain bermanfaat untuk merangsang motorik kasar, halus, serta logika sehingga anak dapat tumbuh lebih cerdas. Inilah jenis mainan yang bermanfaat bagi perkembangan Si Kecil:

  1. Gambar Hitam Putih

Mata bayi yang baru lahir belum bisa berfungsi dengan sempurna. Bayi yang baru berusia 0-1 bulan hanya dapat melihat hitam putih dengan jarak pandang sekitar 10-25 sentimeter. Nah, ibu bisa memperlihatkan gambar atau pola hitam putih yang kontras, sehingga Si Kecil akan tertarik dan memperhatikan gambar tersebut.

  1. Gantungan Boneka

Untuk bayi yang sudah berusia 1-4 bulan, ibu bisa memberikannya mainan boneka yang digantung untuk merangsang inderanya. Boneka laba-laba adalah salah satu mainan yang menarik bagi Si Kecil. Ia akan tertarik melihat warnanya serta kaki-kaki yang menggantung dan bisa berbunyi bila diremas.

  1. Buku Bayi

Sejak bayi berusia 5 bulan, ia mulai senang menggosok-gosokkan tangannya ke berbagai permukaan benda. Jadi, ibu bisa memberikan buku bayi yang terbuat dari kain dan memiliki tekstur berbeda-beda di setiap halamannya untuk merangsang indera perasanya. Pilihlah buku cerita yang lebih banyak gambarnya dibanding teksnya, dan bacakan buku tersebut setiap hari sebelum tidur.

  1. Bola

Di usia 6 bulan, bayi sudah dapat merangkak. Jadi, ibu bisa memberikan bola untuk merangsang kemampuannya merangkak. Si Kecil akan tertarik mencoba menyentuh bola, dan ketika bola menggelinding, ia akan mengikuti bola dengan cara merangkak

  1. Stacking Rings

Mainan menyusun ring berwarna-warni mulai dari yang terbesar sampai yang terkecil ini cocok untuk dimainkan bayi berusia enam bulan ke atas. Dengan mainan ini, Si Kecil bisa belajar membedakan benda yang besar dan kecil, belajar mengenali berbagai macam warna, belajar memegang serta menaruh benda di tempat yang benar.   

  1. Shape Sorting

Tahu mainan memasukkan benda-benda sesuai dengan bentuknya? Manfaat memberikan anak mainan shape sorting ini adalah untuk melatih koordinasi mata dan tangannya. Ketika bermain shape sorting, anak jadi belajar mengenal beberapa macam bentuk dan dirangsang mencari bentuk yang sesuai untuk dicocokkan.

  1. Light and Sound Walker

Para pediatrik tidak menyarankan memberikan anak baby walker karena nyatanya baby walker tidak membantu anak untuk bisa berjalan. Nah, untuk melatih anak berjalan, ibu bisa membelikannya mainan light and sound walker. Mainan yang didorong dan punya berbagai macam tombol yang bila dipencet mengeluarkan bunyi dan cahaya ini cocok untuk bayi berusia sembilan bulan hingga satu tahun. Dengan bermain light and sound walker, anak enggak hanya belajar berjalan, tapi juga mendorong, duduk, jongkok dan melatih jari tangan.

Nah, itulah beberapa mainan yang sangat baik untuk diberikan pada Si Kecil (Baca juga: 5 Tips Memilih Mainan untuk Si Kecil). Jika Si Kecil sakit, langsung saja hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Bicarakan masalah kesehatan yang dialami si kecil dan minta saran kesehatan kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jadi, tunggu apa lagi? Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.