05 December 2018

7 Makanan Sehat Bagi Pengidap Asam Lambung

7 makanan sehat bagi pengidap asam lambung

Halodoc, Jakarta – Pengidap asam lambung atau GERD dianjurkan untuk memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, mengonsumsi makanan yang salah bisa membuat asam lambung meningkat, sehingga akhirnya GERD pun kambuh. Oleh karena itu, simak makanan sehat yang cocok dikonsumsi pengidap asam lambung berikut ini.

Beberapa makanan tertentu, seperti buah-buahan yang rasanya asam, makanan berlemak, makanan pedas, cokelat, dan bawang Bombay memang bisa memicu munculnya gejala GERD. Gejala penyakit asam lambung umumnya berupa mual, muntah, perut kembung, dan sensasi panas di perut atau makanan naik kembali ke kerongkongan (reflux). Memang setiap makanan menimbulkan efek yang berbeda-beda bagi setiap pengidap. Namun guna mencegah gejala kambuh kembali, maka ada baiknya pengidap lebih memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebaliknya, pengidap dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang aman bagi lambung.

1. Jahe

Bahan makanan yang satu ini ternyata enggak hanya bisa memberi kehangatan lho, tapi juga bisa mengurangi risiko terjadinya gejala asam lambung. Hal ini berkat kandungan anti -inflamasi yang terdapat dalam jahe yang mampu mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk penyakit asam lambung atau mag. Kamu bisa mengonsumsi jahe dengan cara dipotong atau diparut, kemudian diolah menjadi minuman hangat untuk meredakan gejala penyakit asam lambung yang muncul.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya juga enggak hanya punya manfaat kecantikan, tapi juga berkhasiat sebagai penyembuh alami, salah satunya bagi penyakit asam lambung. Lidah buaya bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman maupun dijadikan sebagai cairan penggumpal atau pengental.

3. Oatmeal

Jenis makanan lainnya yang juga dianjurkan bagi pengidap asam lambung adalah makanan yang kaya akan serat, misalnya oatmeal. Makanan tersebut dapat mengatasi gejala penyakit GERD dengan cara menyerap asam lambung, sehingga gejala reflux pun mereda. Selain itu, oatmeal juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

4. Pisang

Kamu yang punya penyakit asam lambung juga dianjurkan untuk mengonsumsi pisang secara rutin. Hal ini karena pisang memiliki kandungan pH sekitar 5,6 sehingga buah ini baik untuk menetralisir asam lambung. Selain pisang, buah-buahan lainnya yang juga dapat dikonsumsi, antara lain buah pir, apel, dan melon.

5. Sayuran Hijau

Pengidap asam lambung juga perlu mengonsumsi sayur-sayuran hijau yang banyak mengandung serat, contohnya kembang kol, brokoli, kentang, selada, timun, buncis dan asparagus. Sayur-sayuran tersebut memiliki kandungan yang dipercaya dapat menurunkan asam lambung.

6. Daging tanpa Lemak

Daging-dagingan dan ikan memang bisa dicerna dengan baik oleh lambung. Namun, pengidap asam lambung disarankan untuk memilih daging yang kaya akan protein dan rendah lemak. Contohnya, kamu bisa mengonsumsi daging rendah lemak tanpa kulit atau daging-dagingan yang diolah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, ataupun dibakar.

7. Roti

Pengidap asam lambung juga masih boleh mengonsumsi roti. Namun, jenis roti yang disarankan adalah roti yang terbuat dari gandung atau mengandung beragam biji-bijian didalamnya. Hal ini karena jenis roti tersebut kaya akan kandungan vitamin, serat, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan lambung.

Selain mengonsumsi makanan sehat, pengidap asam lambung juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa memicu asam lambung, misalnya merokok, makan-makanan dalam porsi banyak sekaligus, tiduran setelah makan, dan minum-minuman beralkohol.

Kamu juga bisa membicarakan masalah kesehatan yang kamu alami dengan menggunakan aplikasi Halodoc, lho. Caranya gampang, cukup hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat, dan dokter Halodoc siap membantumu kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: