• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung

7 Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sebenarnya, ada banyak cara untuk bisa menjaga kesehatan jantung. Rutin berolahraga dan menjalani pola hidup sehat adalah beberapa di antaranya. Salah satu cara menjalani pola hidup sehat adalah mengonsumsi makanan sehat setiap harinya, terutama yang baik untuk jantung.

Bicara soal makanan sehat yang baik untuk jantung, fitonutrien jawabannya. Senyawa ini secara alami terkandung dalam sayur dan buah, yang bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan membantunya bekerja dengan optimal. Bagi tumbuhan, fitonutrien bermanfaat untuk melindunginya dari kuman, jamur, dan hama pengganggu. Sementara bagi manusia, senyawa ini dapat membantu tubuh bekerja dengan baik. 

Baca juga: 5 Makanan untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

Berikut beberapa jenis makanan dengan kandungan fitonutrien, yang baik untuk kesehatan jantung:

1. Kacang

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan dengan kandungan fitonutrien yang tinggi. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan kandungan serat dan air, sehingga membuat kamu cepat kenyang. Hal ini dapat mencegah kamu mengonsumsi banyak kalori. Makanan ini juga mengandung antioksidan, yang dapat mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas.

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, beras merah, dan jagung yang dikonsumsi sebagai sumber utama karbohidrat, dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Hal ini karena biji-bijian memiliki kandungan protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral seperti zat besi, zinc, dan magnesium.

3. Anggur

Buah anggur dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Hal ini karena buah anggur memiliki kandungan serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

Baca juga: Makanan Kaya Serat Ampuh Cegah Penyakit Jantung Koroner

4. Buah Beri

Aneka buah beri seperti blueberry, strawberry, raspberry, dan blackberry, dapat menjadi camilan sehat yang baik bagi jantung. Manfaat ini didapat karena buah beri memiliki kandungan serat dan antioksidan, yang mampu menurunkan risiko serangan jantung. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang efek buah beri terhadap kesehatan jantung.

5. Apel

Buah apel dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu pengaturan gula darah, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain mengandung fitonutrien, buah apel juga mengandung senyawa lain yang baik untuk jantung, yaitu epicatechin. Senyawa ini merupakan zat antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

6. Bawang Putih

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung adalah memelihara tekanan darah agar tidak terlampau tinggi. Hal ini berarti kamu perlu membatasi asupan garam, karena dapat meningkatkan tekanan darah. Nah, bawang putih mungkin dapat menjadi solusinya, karena bisa dijadikan sebagai pengganti garam alami yang dapat menambah rasa gurih pada makanan, tanpa memengaruhi tekanan darah.

Baca juga: Hindari Makanan untuk Cegah Penyakit Jantung

Jika kamu ingin tahu bahan atau makanan apa lagi yang bisa dijadikan pengganti garam alami, yang tidak memengaruhi kesehatan jantung, kamu bisa tanyakan pada dokter gizi di aplikasi Halodoc. Jangan lupa juga untuk selalu memantau tekanan darah dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, yang juga bisa dipesan dengan mudah lewat aplikasi Halodoc.

7. Teh Hijau

Rutin mengonsumsi teh hijau setiap hari disebut-sebut bisa menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Namun, jangan konsumsi teh hijau secara berlebihan juga, karena dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Mengonsumsi teh hijau setiap hari itu baik, tetapi kamu juga perlu memperbanyak konsumsi air putih, agar terhindar dari risiko dehidrasi dan sistem kemih tetap lancar.

Itulah beberapa makanan sehat yang baik untuk jantung. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi banyak makanan sehat tersebut tidak menjamin kamu terbebas dari risiko penyakit jantung, lho. Apalagi jika kamu tidak mengimbanginya dengan olahraga teratur, tidur yang cukup, dan mengelola stres. Selain itu, penting juga untuk menghindari kebiasaan merokok, agar jantung dan tubuh secara keseluruhan tetap sehat.

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2019. 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet.

WebMD. Diakses pada 2019. Top 11 Heart-Healthy Foods.