07 September 2018

7 Manfaat Rutin Menggunakan Masker Wajah

masker wajah

Halodoc, Jakarta – Sebagian besar wanita tentunya ingin punya kulit wajah yang cantik, mulus, dan cerah. Namun sayangnya, kamu tidak bisa sepenuhnya terhindar dari paparan sinar matahari, polusi, dan asap kendaraan saat beraktivitas setiap hari. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan timbulnya berbagai masalah pada kulit wajah, seperti jerawat, komedo, noda hitam, dan sebagainya. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa mengurangi kecantikan kulit wajahmu. Namun jangan khawatir, ada satu cara yang bisa kamu lakukan agar kulit wajah tetap cantik, sehat, dan segar, yaitu dengan menggunakan masker wajah secara rutin.

Jenis-Jenis Masker Wajah

Belakangan ini masker wajah menjadi salah satu produk skincare yang digemari banyak orang. Kamu pun bisa menemukan berbagai macam jenis masker yang ditawarkan di toko-toko kecantikan mulai dari sheet mask, clay mask, gel mask, dan peel off mask. Selain membeli masker wajah yang ada di toko-toko, kamu juga bisa membuat adonan masker sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Masker alami juga dipercaya lebih aman dan bagus untuk kulit wajah karena tidak mengandung bahan kimia tambahan dan tidak ada efek samping.

Manfaat Menggunakan Masker Wajah

Enggak hanya bisa merelaksasi kulit wajah, masker wajah juga masih punya banyak manfaat lainnya.

1. Memberi Nutrisi ke Kulit

Produk masker wajah yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung vitamin, essential oils, dan bahan-bahan antiaging yang mampu menutrisi dan memperbaiki kulit. Bahan-bahan alami yang biasanya digunakan sebagai masker, seperti tomat, mentimun, madu, dan kiwi juga kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit.

2. Membersihkan Kulit Wajah Secara Menyeluruh

Masker wajah juga bermanfaat untuk menghilangkan produksi minyak berlebih serta membersihkan wajah secara menyeluruh dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang mungkin masih menempel di wajah. Buat kamu yang terbiasa menggunakan make up saat beraktivitas sehari-hari, masker wajah sangat berguna untuk membersihkan sisa-sisa make up di wajah yang berpotensi menutup pori-pori. Dengan demikian, wajahmu pun akan benar-benar bersih dan bisa terhindar dari berbagai macam masalah kulit.

3. Melembabkan Kulit Wajah

Buat kamu yang punya jenis kulit wajah yang kering, masker wajah bermanfaat untuk menghidrasi dan mengembalikan kelembaban kulit kamu. Pilihlah masker yang mengandung bahan-bahan alami, seperti alpukat, minyak zaitun, dan madu, karena ampuh untuk menjaga kulitmu tetap lembab dan bisa membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

4. Detoksifikasi

Enggak hanya membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kandungan vitamin dalam masker juga mampu mengembalikan keremajaan kulit dan membersihkan kulit dari racun-racun radikal bebas.

5. Mengencangkan Kulit Wajah

Rutin menggunakan masker wajah juga bermanfaat untuk mengencangkan dan meningkatkan elastisitas kulit wajah kamu. Dengan begitu, wajahmu akan terasa kenyal dan terlihat awet muda. Selain itu, masker juga dapat membuat kulit wajah lebih lembut dan merona.

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori merupakan salah satu penyebab kulit wajah menjadi kusam. Nah, masker wajah mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan memperkuat kinerja toner dalam membantu mengencangkan pori-pori kulit, sehingga hasilnya kulit wajahmu akan kembali cerah dan berseri.

7. Meredakan Masalah Kulit

Buat kamu yang punya jenis kulit wajah sensitif dan sering mengalami iritasi, kemerahan atau sunburn, penggunaan masker wajah bisa membantu menenangkan kulit yang sensitif.

Jadi, gunakanlah masker wajah secara rutin minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kalau kamu punya masalah seputar kecantikan wajah, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: