05 June 2017

7 Manfaat Yoga Bagi Wanita

7 Manfaat Yoga Bagi Wanita

Halodoc, Jakarta – Mencari olahraga yang lebih menenangkan? Yoga bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu. Beberapa tahun belakangan, yoga kian diminati banyak orang karena pada dasarnya olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan fisik yang berlebih seperti berlari, melompat, atau menendang. Jadi, sepeti apa olahraga tersebut? Pada dasarnya, yoga lebih berfokus pada kekuatan, fleksibilitas, dan pernapasan. Gerakan dalam yoga juga banyak yang terinspirasi dari alam. Olahraga yang berasal dari Negara India ini diartikan sebagai keadaan bebas dari suatu kesedihan. Maka dari itu, yoga kerap dilakukan untuk menenangkan jiwa seseorang.

Khusus wanita, yoga memiliki banyak manfaat yang lebih dari sekedar menurunkan berat badan. Seperti apa manfaat yoga bagi wanita? Berikut ulasannya:

1.  Melatih Kesabaran
Manfaat yoga bagi wanita yang pertama adalah untuk melatih kesabaran. Hal ini dikarenakan setiap gerakan yoga dilakukan dalam hitungan nafas, dimana jumlah nafas yang terhitung biasanya 3 sampai 7 kali (inhale dan exhale). Jadi sebisa mungkin, tahan gerakan tersebut hingga hitungan nafas selesai. Dengan melewatinya, disitulah letak kesabaran kamu dilatih saat beryoga.

2.  Sarana Relaksasi
Selama yoga berlangsung, kamu akan diiringi musik bertempo lambat yang sangat merelaksasi. Gerakan-gerakannya pun bersifat meregangkan otot-otot yang kaku. Sejumlah riset telah membuktikan bahwa yoga dapat mengurangi tingkat stres seseorang. Berlatih yoga juga mampu memperbaiki mood, terlebih di beberapa hari menjelang menstruasi yang terkadang membuat wanita lebih sensitif dari biasanya.

3.  Fleksibilitas dan Kekuatan Tubuh
Manfaat yoga bagi wanita yang lain adalah meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Contohnya saat melakukan pigeon pose (kapotasana). Pigeon pose akan membuat tulang punggung, lengan serta kaki lebih lentur. Saat harus menahan gerakan-gerakan yoga, kekuatan tubuh pun terbentuk. Saat harus duduk berjam-jam di kantor, gerakan ini juga bisa meredakan rasa nyeri yang terasa pada punggung.

4.  Memperbaiki Postur Tubuh
Sebagian besar gerakan yoga melibatkan kekuatan otot yang membuatnya jauh lebih produktif. Jika rutin berlatih, otomatis postur tubuh akan terbentuk lebih ideal dengan sendirinya. Yoga juga membantu tubuh menjadi lebih peka, misalnya ketika tanpa sengaja postur duduk kita membungkuk, tubuh akan segera merubah ke posisi yang benar.

5.  Menurunkan Berat Badan
Ya, menurunkan berat badan menjadi salah satu manfaat yoga bagi wanita yang pastinya sangat diidam-idamkan. Dengan berlatih satu jam saja, yoga dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan berjalan kaki santai dengan durasi yang sama. Namun, seimbangkan dengan pola makan yang sehat juga ya!

6.  Kualitas Tidur Membaik
Pasca berlatih yoga, semua bagian otot yang tadinya kaku akan perlahan meregang. Peregangan inilah yang membuat tubuh kamu menjadi lebih rileks untuk beristirahat. Tak hanya itu, pikiran yang tenang setelah melakukan olahraga yoga juga akan memperbaiki kualitas tidur kamu di malam hari. Manfaat yoga bagi wanita yang ini tentu sangat penting, terlebih jika segudang pekerjaan kamu sering kali menimbulkan kesulitan untuk tidur.

7.  Tingkatkan Gairah Hubungan Intim
Bagi yang sudah menikah, yoga juga mampu meningkatkan performa berhubungan intim kamu dengan pasangan. Hal ini dikemukakan oleh Rak Sahelian, M.D. dalam buku Natural Sex Boosters, Ia menjelaskan bahwa peningkatan peredaran darah di berbagai bagian tubuh setelah rutin beryoga, termasuk daerah pinggang ke bawah, merupakan alasan utama di balik meningkatnya gairah berhubungan intim.

Melihat banyaknya manfaat yoga bagi wanita di atas, olahraga ini tentu sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin selalu hidup sehat, bahkan tampak cantik dengan berat badan ideal. Untuk tips kesehatan lainnya, yuk tanyakan langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Cepat, aman, nyaman, percayakan Halodoc sebagai aplikasi yang menghubungkan kamu langsung dengan ribuan dokter terbaik di Indonesia. Download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Perut Buncit