13 June 2018

7 Penyebab Sakit Perut Bagian Atas

sakit perut bagian atas

Halodoc, Jakarta – Selain merasakan perih atau sensasi terbakar, sakit perut bagian atas juga disertai dengan gejala lain yang terkait masalah pencernaan. Diantaranya adalah perut kembung, nyeri dada bagian atas, sendawa, mual, hingga sulit buang air besar (BAB). (Baca juga: Sakit Perut Setelah Sarapan, Apa yang Salah?)

Berikut adalah beberapa penyebab sakit perut bagian atas:

1. Gangguan Pencernaan

Penyebab umum dari sakit perut bagian atas adalah gangguan pencernaan akibat kekenyangan, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dan berminyak, serta mengonsumsi minuman beralkohol sambil makan. Selain itu, kebiasaan tidur setelah makan juga bisa menyebabkan sakit perut bagian atas. Alasannya karena saat kamu berbaring setelah makan, gas yang ada di lambung akan terdesak ke atas melalui tenggorokan dan menyebabkan kenaikan asam lambung.

2. Tukak Lambung

Gejala utama tukak lambung adalah sakit perut bagian atas.  Rasa sakit ini muncul akibat adanya luka pada dinding lambung atau usus dua belas jari (duodenum). Jika rasa sakit muncul setelah makan, kemungkinan tukak berasa pada dinding lambung. Namun, jika rasa sakit bisa berkurang setelah makan, kemungkinan tukak berada pada duodenum. Biasanya, rasa sakit akan semakin parah di malam hari dan saat perut dalam keadaan kosong. (Baca juga: Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung)

3. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome (IBS) dalah penyakit pencernaan yang bisa memengaruhi kerja usus besar. Umumnya, kondisi ini ditandai dengan sakit perut bagian atas yang disertai dengan rasa kembung, perubahan frekuensi buang air besar (BAB) dan kepadatan feses (misalnya dari sembelit menjadi diare, atau sebaliknya).

4. Radang Pankreas

Radang pankreas (pankreatitis) biasanya ditandai dengan sakit perut bagian atas. Rasa sakit ini bisa menjalar hingga punggung dan disertai dengan muntah, perut kembung, perubahan warna kulit pada perut di sekitar pusar atau sisi tubuh, hingga sakit kuning.

5. Radang Selaput Perut

Radang selaput perut (peritonitis) adalah peradangan lapisan tipis di peritoneum, yaitu bagian dalam perut yang berfungsi untuk melindungi organ dalam perut. Penyakit ini ditandai dengan munculnya rasa sakit pada perut bagian atas, perut kembung, dan berkurangnya nafsu makan.

6. Kanker Perut

Kanker perut dikenal juga sebagai kanker lambung. Penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dan membentuk tumor. Gejala yang ditimbulkan berupa pembengkakan pada perut, sehingga menimbulkan rasa kembung, mulas, dan nyeri di bagian atas pusar. Gejala lainnya adalah berkurangnya berat badan, feses berdarah, dan kelelahan.

7. Masalah Kandung Empedu

Masalah pada kandung empedu juga bisa memicu sakit perut bagian atas. Diantaranya adalah peradangan pada kandung empedu (kolesistitis dan kolangitis), batu empedu, dan kanker kandung empedu. Selain sakit perut bagian atas, masalah ini juga ditandai dengan demam, mual, muntah, feses berwarna keputihan, hingga sakit kuning.

Itulah tujuh penyebab sakit perut bagian atas. Kalau kamu punya keluhan sakit pada perut bagian atas, gunakan aplikasi Halodoc saja. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.