02 August 2018

7 Tanda Kehamilan yang Terjadi Secara Alami

tanda kehamilan alami,tanda kehamilan,tanda hamil

Halodoc, Jakarta – Kehamilan pertama bagi pasangan yang baru menikah mungkin menjadi hal yang sangat dinantikan. Walau hanya telat datang bulan sehari, kamu dan pasangan pasti sudah merasa kalau sudah hamil dan segera melakukan tes kehamilan untuk memastikan hasilnya. Namun, untuk mengetahui kamu hamil atau tidak, ada juga beberapa tanda kehamilan alami yang muncul. Tanda-tanda yang ditunjukkan kepada tubuh pun tidak sedikit, tanda tersebut antara lain:

  1. Nafsu Makan Melonjak

Saat hamil, tubuh seorang wanita akan mengalami perubahan hormon dan akan semakin memuncak. Dampak dari kondisi semacam ini adalah meningkatnya nafsu makan. Kamu pasti akan merasa sangat lapar dan rasanya ingin mengonsumsi makanan yang tersedia. Pastinya juga kamu akan mulai mengalami ngidam makanan tertentu.

  1. Nyeri pada Payudara

Nyeri pada payudara tidak hanya wanita rasakan saat menstruasi, tetapi juga dapat terjadi saat hamil. Hal itu tidak dapat dibandingkan dengan rasa nyeri yang terjadi saat sedang hamil. Payudara terasa sangat perih, bengkak, kesemutan, penuh, bahkan nyeri saat disentuh merupakan tanda awal yang banyak dialami setelah terjadinya pembuahan antara sel sperma dengan sel telur. Rasa nyeri ini akan muncul beberapa pekan setelah kehamilan dan rasa sakitnya akan semakin memuncak.

  1. Kelelahan

Saat menjelang hamil, badan pasti akan terasa semakin lelah seperti habis melakukan pekerjaan berat. Saat seseorang sudah hamil, wajar saja ia merasa lelah berlebihan. Sebab pada saat tersebut, wanita akan mulai mengalami kenaikan berat badan. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang kaya kandungan zat besi.

  1. Mual dan Muntah (Morning Sickness)

Tanda kehamilan alami yang paling terlihat adalah mual dan muntah sehabis bangun tidur. Namun ternyata, tidak semua wanita hamil mengalami gejala seperti ini. Perubahan hormon-hormon kehamilan di dalam tubuh mungkin bisa menjadi pemicu gejala ini.

Mual selama kehamilan dapat terjadi kapan pun. Umumnya mual terjadi pada pagi hari ketika baru bangun tidur. Untuk mengantisipasinya, kamu dapat menyediakan pewangi beraroma lavender atau aroma lain favoritmu, agar perasaan mual tersebut hilang.

Baca juga: Makanan untuk Mengatasi Morning Sickness

 

  1. Penciuman Menjadi Lebih Peka

Perubahan saat hamil yang biasanya tidak disadari adalah indra penciuman yang menjadi lebih peka. Awalnya penciuman tidak terbiasa merasakan hal-hal aneh, kemudian penciuman akan tiba-tiba peka terhadap bau apa pun. Ini merupakan tanda kehamilan bulan pertama dan saat hamil kemungkinan kamu akan merasakannya.

  1. Muncul Bercak Darah

Bercak darah kemungkinan akan muncul karena embrio sudah mulai melekat di dalam rahim. Hal ini adalah hal yang normal, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir. Perdarahan ini dapat terjadi sekitar 5 hingga 10 hari setelah kamu hamil. Berbeda dengan darah saat menstruasi yang warnanya lebih tua, bercak darah yang muncul saat hamil akan berwarna merah muda.

Baca juga: Penyebab Keluar Flek Saat Hamil 6 Bulan

  1. Meningkatnya Frekuensi Buang Air Kecil

Saat hamil, tubuh akan memompa lebih banyak darah, sehingga menyebabkan ginjal harus mengolah lebih banyak cairan. Akibatnya, jumlah urine yang dihasilkan akan bertambah dan frekuensi buang air kecil pun meningkat.

Itulah beberapa tanda kehamilan alami yang akan dirasakan oleh ibu hamil. Kalau ibu hamil masih punya pertanyaan seputar kehamilan usia muda, gunakan saja aplikasi Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, ibu hamil bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja dengan fitur Chat, dan Voice/Video Call. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!