• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Mencari Pasangan yang Tepat Lewat Aplikasi Kencan Online
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Tips Mencari Pasangan yang Tepat Lewat Aplikasi Kencan Online

7 Tips Mencari Pasangan yang Tepat Lewat Aplikasi Kencan Online

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Juni 2022

“Internet membuat semua hal menjadi lebih mudah, termasuk mencari pasangan. Supaya tidak salah pilih pasangan, pastikan kamu memakai aplikasi dating online yang tepat dan menyeleksi dengan cermat.”

7 Tips Mencari Pasangan yang Tepat Lewat Aplikasi Kencan Online

Halodoc, Jakarta – Data Pew Research Center menemukan bahwa meski jumlah orang yang menggunakan layanan kencan online dan persentase orang yang menganggap itu cara yang baik untuk bertemu pasangan mengalami peningkatan. Meski begitu, lebih dari sepertiga pengguna mengaku mereka tidak sepenuhnya berkencan dengan seseorang yang ditemui secara online.

Memang benar, perkembangan teknologi dan jaringan internet membuat semua hal menjadi jauh lebih mudah. Tak terkecuali dengan mencari teman kencan atau bahkan pasangan. Terlebih dengan banyaknya aplikasi kencan online yang bermunculan sebagai jembatan komunikasi. Cukup lihat foto, baca profil, lanjutkan mengobrol dan bertemu jika memang cocok. 

Tips Menemukan Pasangan Lewat Aplikasi Kencan Online

Namun, ternyata bertemu orang yang tepat melalui aplikasi kencan online bukan hal yang mudah. Bahkan, tak jarang ada beberapa pihak yang hanya iseng atau berniat melakukan tindak pelecehan seksual atau hubungan satu malam. Mungkin kamu bisa ikuti tips berikut saat berniat mencari pasangan lewat aplikasi kencan online:  

  1. Selektif dalam Memilih Aplikasi Kencan

Mulailah dengan mencari di tempat yang tepat. Tidak semua aplikasi kencan ditujukan untuk orang yang menginginkan hubungan jangka panjang. Cobalah untuk menghindari aplikasi yang hanya berfokus untuk berteman atau berpacaran.  Jadi, kamu tidak membuang waktu untuk hal-hal yang memang tidak sedang kamu cari atau ingin lakukan.

2. Jujur dengan Diri Sendiri

Cobalah untuk memastikan bahwa kamu jujur ​​pada diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kamu inginkan.  Apakah kamu memang sedang mencari pasangan, atau hanya sedang merasa kesepian? Apakah kamu siap untuk berkomitmen? Bersikap jujur ​​adalah cara yang baik untuk menetapkan prioritas. Jadi, sebelum memulai, sebaiknya perhatikan dulu apa yang menjadi kebutuhan dan tujuan hidupmu. 

3. Berterus Terang kepada Lawan Jenis

Komunikasi langsung menjadi salah satu masalah terbesar yang banyak terjadi dalam kencan online. Jadi, cobalah untuk memastikan bahwa kamu berterus terang dengan keinginan untuk berhubungan jangka panjang. Mungkinkah ini membuat beberapa orang yang kamu ajak bicara di aplikasi menjadi tidak peduli? Tentu saja!  Meski begitu, ini akan memberiku kesempatan yang jauh lebih baik untuk menemukan seseorang yang turut ingin berhubungan secara serius.

4. Komunikasi 

Komunikasi adalah bagian yang sangat penting dari setiap hubungan yang bermakna. Jika kamu ingin mendapatkan komitmen dari seseorang secara online, komunikasi bahkan menjadi hal yang lebih penting. Bagaimanapun, cara utama seseorang mengenal kamu adalah melalui cara kamu berbicara dengannya.

Jangan bermain-main dengan komunikasi. Kalau kamu memiliki sesuatu untuk dikatakan, jangan takut untuk membicarakannya. Tanpa pernah mengurangi rasa hormat, tapi juga tidak menyembunyikan perasaan. Komunikasi yang terjalin baik akan membantu kamu memulai hubungan dengan baik pula.

5. Tidak Terburu-Buru

Meski kamu ingin segera mendapatkan pasangan, kamu tidak boleh terburu-buru dalam memutuskan atau memilih lawan jenis. Sederhananya, tergesa-gesa justru bisa memicu bahaya bagi kesehatan mental. Sebaliknya, ingatlah untuk memperlakukan hubungan online dengan cara yang sama seperti kamu menjalani hubungan tradisional. Kenali lawan jenis dengan baik sebelum kamu memutuskan untuk berkomitmen. Melakukan hal ini dapat mengarah pada hubungan jangka panjang yang jauh lebih sehat.

6. Jalani Prosesnya

Tidak kalah pentingnya, kamu juga harus menjalani prosesnya. Ingat bahwa kamu hanya menggunakan internet untuk bertemu pasangan. Bagaimana alurnya nanti akan sangat berkaitan dengan chemistry antara kamu dan orang lain. Kamu dapat dan mungkin akan bertemu banyak orang dengan cara ini. Beberapa akan memiliki potensi, sementara yang lain tidak. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah membuka diri terhadap kemungkinan untuk bertemu seseorang.

7. Jangan Putus Asa

Jangan putus asa jika kamu tidak berhasil. Mendapatkan pasangan yang ideal memang membutuhkan waktu. Jadi, jangan pernah berharap untuk langsung berhasil. Kamu mungkin perlu mengubah foto atau tampilan profil. Jangan tutup profil jika kamu tidak segera menemukan orang yang tepat. Teruslah menjadi pribadi yang baik dan positif hingga kamu berhasil mendapatkan seseorang yang didamba. 

Jangan lupa, selalu sediakan waktu untuk diri sendiri. Sebab, kesehatan mentalmu juga tak kalah pentingnya. Apabila kamu butuh bantuan profesional, akses aplikasi Halodoc untuk langsung bertanya pada dokter ahli. Yuk, download Halodoc di Play Store maupun App Store!

Referensi:
Marriage. Diakses pada 2022. 7 Tips for Finding a Spouse Online.
NBC News. Diakses pada 2022. How to be better at online dating, according to psychology.
Pew Research Center. Diakses pada 2022. 15% of American Adults Have Used Online Dating Sites or Mobile Dating Apps.