23 October 2018

8 Cara Mengatasi Sinusitis di Rumah

8 Cara Mengatasi Sinusitis di Rumah

Halodoc, Jakarta - Jika kamu pernah mengalami pilek yang berkepanjangan, mungkin saja kamu mengalami sinusitis. Biasanya, kondisi ini lebih sering menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sinusitis dapat menyebabkan sinus, yaitu kondisi ketika terdapat lendir pada bagian rongga sinus. Sinusitis pada umumnya terjadi karena bakteri yang membuat radang di sinus.

Kondisi yang dapat membuat seseorang mengalami sinus yaitu pilek, rinitis alergi, terdapat polip di hidung, dan kelainan tulang di rongga-rongga hidung. Sinusitis pada tahap awal biasanya tidak mengharuskan pengobatan, karena mirip dengan flu biasa. Namun, ketika terjadi lebih dari dua minggu dapat menjadi hal yang lebih serius.

Beberapa hal yang mungkin dialami oleh seseorang yang mengidap sinusitis, yaitu sulit bernapas, hidung terasa tidak nyaman, nyeri di wajah, bau mulut, dahak berwarna kuning kehijauan, dan sebagainya. Penyebab sinusitis biasanya dikarenakan infeksi virus, bakteri atau jamur, dan alergi.

Beberapa hal bisa kamu lakukan di rumah untuk mengatasi sinusitis yang kamu alami, seperti dengan mengonsumsi obat herbal, istirahat yang cukup, dan cukupi kebutuhan cairan tubuh. Cara tersebut disebutkan dapat mengatasi sinusitis yaitu:

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu cara untuk mengatasi sinusitis yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Minumlah cairan seperti jus dan air mineral agar dapat membantu mengencerkan lendir. Selalu hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi dan sinusitis menjadi semakin parah.

  1. Istirahat

Dengan mengistirahatkan tubuh, sinusitis kamu dapat mereda dan bahkan kembali normal. Karena dengan beristirahat yang cukup dapat mempercepat pemulihan dan membuat tubuh menguat pada peradangan yang terjadi.

  1. Menjaga Kelembapan Hidung

Menjaga kelembapan hidung atau rongga sinus dapat mengatasi sinusitis. Menjaga kelembapan rongga sinus dapat meredakan nyeri dan mengurangi lendir. Caranya yaitu dengan berendam di air hangat atau meminum air hangat. Selain itu, kamu dapat mengompres wajah kamu dengan kain yang telah direndam oleh air hangat.

  1. Mengonsumsi Jahe

Jahe terkenal dengan rasa pedasnya yang dapat mengatasi sinusitis. Dengan mengonsumsinya ketika hangat lalu dicampur dengan teh, dapat melegakan saluran pernapasan dan hidung yang mampet karena gejala sinusitis. Walau begitu, ternyata hal ini belum terbukti secara ilmiah.

  1. Mengonsumsi Nanas

Nanas mengandung bromelain yang dapat meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan dan mengencerkan lendir di tenggorokan. Konon, kandungan tersebut memiliki khasiat yang dibutuhkan untuk mengobati sinusitis walau belum terbukti secara ilmiah. Jika kamu mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, selalu perhatikan apakah terjadi efek interaksi dari obat yang dikonsumsi.

  1. Meninggikan Kepala

Dengan memposisikan posisi kepala lebih tinggi dari badan dengan bantal juga dapat membantu mengatasi sinusitis. Cara ini dapat membantu untuk memperbaiki sirkulasi dan aliran lendir yang berada di dalam sinus.

  1. Mengonsumsi Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas dipercaya dapat mengatasi sinusitis ketika kambuh. Makanlah makanan yang berkuah dan campur dengan bumbu yang mengandung rempah-rempah, sehingga terasa pedas. Cara ini dapat membuat cairan yang berada di dalam hidung menjadi keluar. Cairan yang telah menumpuk di hidung tersebut telah menyebabkan infeksi, sehingga bisa keluar dengan cara yang alami.

  1. Menggunakan Obat Tetes Hidung Steroid

Cara lain untuk mengatasi sinusitis yaitu dengan menggunakan obat tetes hidung steroid. Namun, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dari dokter setelah pemeriksaan. Obat ini dapat mengurangi peradangan di bagian rongga sinus dan membuat infeksi tidak menyebar ke tempat lain.

Cara memakai obat ini yaitu dengan disemprotkan langsung ke hidung. Walau begitu, obat ini mempunyai efek samping seperti mimisan, hidung terlalu kering, dan tidak nyaman ketika bernapas.

Itulah 8 cara untuk mengatasi sinusitis di rumah. Jika kamu mempunyai pertanyaan lebih lanjut tentang sinusitis, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: