• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bingung Mengatasi Sinusitis di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Bingung Mengatasi Sinusitis di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Sedang berhadapan dengan hidung tersumbat, demam, sakit kepala, dan timbulnya rasa nyeri pada bagian wajah? Awas, bisa jadi itu tanda sinusitis. Akibat infeksi virus maupun alergi, sinusitis menyebabkan pembengkakan dinding dalam hidung. Tepatnya dinding tulang pipi dan dahi yang fungsinya mengatur suhu dan kelembapan udara sebelum masuk ke paru.

Nah, rongga ini biasa dikenal dengan rongga sinus. Sinusitis sering membuat pengidapnya kewalahan, bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu, bagaimana cara mengatasi sinusitis di rumah?

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Sinusitis

Tips Atasi Sinusitis di Rumah

Jangan bingung, ada upaya yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan gejala sinusitis di rumah, yaitu:

1. Manfaatkan Jahe

Jahe bukan hanya menjadi bumbu dapur saja. Sejak berabad-abad lamanya, tanaman ini dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lantas, apa hubungannya jahe dengan sinusitis?

Menurut studi dalam National Institutes of Health, tanaman ini memiliki kandungan antimikroba, antiseptik, antioksidatif, dan antiinflamasi. Ingat, sinusitis merupakan inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan jahe untuk meredakan sinusitis?

Mudah kok, buatlah teh hangat yang dicampur dengan jahe untuk membantu melegakan saluran pernapasan. Ramuan ini mampu meredakan hidung mampet karena flu dan sinusitis. Hal yang perlu ditegaskan, manfaat jahe sebagai obat herbal untuk mengatasi sinusitis masih belum terbukti secara ilmiah.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Salah satu cara untuk mengatasi sinusitis dengan mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. Minumlah cairan seperti jus dan air mineral untuk membantu mengencerkan lendir. Hindari untuk mengonsumsi minuman beralkohol dan kafein, karena menyebabkan dehidrasi dan sinusitis menjadi semakin parah.

3. Nanas

Nanas juga bisa menjadi pilihan sebagai cara mengatasi sinusitis di rumah. Buah nanas mengandung bromelain, protein yang bisa meredakan pembengkakan pada saluran pernapasan. Di samping itu, bromelain dipercaya membantu meredakan batuk, dan mengencerkan lendir di tenggorokan.  

Menurut studi dari National Institutes of Health, penelitian in vitro dan in vivo menunjukkan bromelain menunjukkan berbagai aktivitas, contohnya antiinflamasi. Di samping itu, bromelain menyumbang banyak manfaat terapi kesehatan, salah satunya sinusitis.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Sinusitis

4. Menghirup Uap

Selain hal di atas, cara mengatasi sinusitis di rumah juga bisa dengan menghirup uap. Caranya simpel, siapkan air panas di mangkuk besar, lalu hiruplah uap yang keluar dari air panas tersebut. Cara mengatasi sinusitis dengan uap bisa memberikan sedikit kelegaan untuk jalan napas.

5. Obat Tetes Hidung Steroid

Cara lain untuk mengatasi sinusitis yaitu dengan menggunakan obat tetes hidung steroid. Namun, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dari dokter setelah pemeriksaan. Obat ini mampu mengurangi peradangan di bagian rongga sinus dan membuat infeksi tidak menyebar ke tempat lain. Cara memakai obat ini dengan disemprotkan langsung ke hidung.

Selain itu, ada pula obat semprot dekongestan. Namun, penggunaan dalam waktu lebih dari satu minggu, obat ini bisa menimbulkan efek samping. Misalnya, menyebabkan penyumbatan pada sinus bertambah buruk. Oleh sebab itu, tanyakan pada dokter sebelum menggunakan obat ini. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc.

6. Tinggikan Posisi Kepala Saat Tidur

Gunakan beberapa bantal untuk menopang kepala, agar posisi tidur lebih tinggi dari biasanya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah tekanan di sekitar sinus. Bisa juga untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat sinusitis.

7. Kompres dengan Air Hangat

Cara mengatasi sinusitis bisa dengan mengompres bagian di sekitar hidung dengan air hangat. Cara ini bisa meringankan beberapa gejala sinus yang membuat tidak nyaman.

Baca juga: Mungkinkah Sinusitis Terjadi Pada Anak?

8. Madu

Madu memiliki banyak keistimewaan bagi tubuh, salah satunya bisa meredakan sakit tenggorokan yang umumnya juga dialami pengidap sinusitis. Madu dianggap lebih efektif daripada obat-obatan yang mengandung dextromethorphan (DMP).

Selain cara-cara di atas, kamu bisa menjaga kelembapan hidung atau rongga sinus untuk mengatasi sinusitis. Menjaga kelembapan rongga sinus dapat meredakan nyeri dan mengurangi lendir. Caranya mudah, salah satunya dengan berendam di air hangat atau meminum air hangat. Bisa juga dengan mengompres wajah dengan kain yang telah direndam oleh air hangat.

Tidak kalah pentingnya, miliki istirahat yang cukup. Sinusitis diharapkan mereda atau bahkan kembali normal. Ingat, istirahat yang cukup dapat mempercepat pemulihan tubuh dari sakit.

Referensi:
US National Library of Medicine - National Institutes of Health. Diakses pada 2019. Anti-Oxidative and Anti-Inflammatory Effects of Ginger in Health and Physical Activity: Review of Current Evidence
US National Library of Medicine - National Institutes of Health. Diakses pada 2019. Properties and Therapeutic Application of Bromelain: A Review.  
WebMD. Diakses pada 2019. Natural Remedies to Relieve Sinus Problems.
WebMD. Diakses pada 2019. Sinus Problems: Home Remedies and Tips.