24 August 2018

8 Urutan Penggunaan Skincare yang Benar

skincare

Halodoc, Jakarta – Untuk menjaga kulit wajah agar tetap cerah, halus dan lembab, para wanita biasanya rutin menggunakan skincare setiap hari. Namun, selain memilih produk yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit wajah, kamu juga disarankan untuk menggunakan skincare sesuai dengan urutan yang benar.

Hal ini bertujuan agar masing-masing produk bisa bekerja dengan optimal pada kulit wajah. Nah, kalau dulu produk skincare hanya terdiri dari pembersih wajah, toner dan pelembab. Kini, mulai bermunculan berbagai variasi produk mulai dari serum, booster, losion hingga ampoule yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Enggak heran bila banyak wanita yang jadi kebingungan tentang urutan pemakaiannya. Yuk, cari tahu di sini urutan penggunaan skincare yang benar.

1. Cleanser

Sebelum mulai mengaplikasikan berbagai macam produk skincare pada kulit wajah. Pertama-tama kamu perlu membersihkan dulu wajah agar minyak, debu dan kotoran yang menempel bisa hilang. Dengan demikian, skincare yang kamu pakai juga dapat terserap dengan baik oleh kulit wajah. Ingat, untuk selalu membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit.

Baca juga: Ketahui Urutan Membersihkan Wajah yang Benar

2. Exfoliating Toner

Setelah wajah sudah bersih, gunakanlah exfoliating toner untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori dan memperjelas garis halus pada kulit. Tahukah kamu bahwa menumpuknya sel kulit mati bisa membuat wajah terlihat kusam dan menyebabkan jerawat. Nah, dua kandungan yang terdapat dalam exfoliating toner, yaitu lactic acid dan salicyc acid mampu menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada pada wajah. Hasilnya, wajah akan terlihat bersih dan cerah. Kamu bisa menggunakan toner ini setiap hari. Namun, bagi kamu yang punya kulit wajah sensitif, gunakan cukup dua hari sekali saja.

3. Hydrating Toner

Langkah selanjutnya, gunakanlah hydrating toner. Skincare yang satu ini berguna untuk mengembalikan kelembaban dan keseimbangan pH kulit, karena biasanya kulit jadi cenderung kering setelah menggunakan exfoliating toner. Cara menggunakan toner ini cukup dituangkan langsung di telapak tangan, lalu tepuk-tepuk perlahan dan ratakan pada kulit wajah sampai meresap. Hasilnya, wajah jadi segar dan siap menerima produk skincare berikutnya.

Baca juga: Tips Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

4. Booster

Booster juga berguna untuk mempersiapkan kulit menerima produk skincare lainnya, sekaligus memberi nutrisi tambahan pada kulit. Teksturnya pun ada berbagai jenis, ada yang cair, agak kental, dan gel. Cara pakainya juga sama seperti hydrating toner, tinggal tepuk-tepuk di kulit wajah secara perlahan sampai meresap.

5. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab berperan penting untuk membuat kulit wajah tetap halus dan lembab. Bagi kamu yang jenis kulitnya berminyak, pilihlah moisturizer dengan tekstur gel, sedangkan bagi pemilik kulit kering, pilih yang teksturnya krim.

6. Sunscreen

Sunscreen juga penting digunakan untuk menangkal efek buruk sinar matahari, apalagi bagi kamu yang sering beraktivitas di ruangan terbuka. Biasanya produk pelembab tertentu sudah terdapat kandungan sunscreen di dalamnya. Namun, bila belum ada, gunakan sunscreen setelah menggunakan pelembab.

Baca juga: Sudah Tahu? Ini Cara Pakai Sunscreen yang Benar

Nah, itulah urutan penggunakan skincare di pagi hari. Perawatan di malam hari juga enggak jauh berbeda. Setelah membersihkan makeup dengan menggunakan makeup remover, bersihkan wajah dengan air dan sabun, lalu lanjutkan dengan langkah di bawah ini:

7. Spot Treatment

Bagi kamu yang memiliki noda hitam atau bekas jerawat di wajah, gunakan spot treatment sehabis menggunakan toner.

8. Serum

Setelah menggunakan spot treatment, aplikasikan serum pada wajah. Serum memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain. Kamu disarankan untuk memilih serum sesuai dengan kebutuhan kulit, karena tiap serum memiliki kandungan yang ditargetkan untuk masalah kulit secara spesifik. Ada serum yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit, ada juga serum yang mengandung snail extract yang dapat memperbaiki struktur kulit dan mengecilkan pori-pori.

Kalau kamu punya masalah seputar kulit wajah, langsung tanyakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.