9 Makanan dan Minuman Ini Bisa Dipilih untuk Bantu Obati Radang Tenggorokan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
9 Makanan dan Minuman Ini Bisa Dipilih untuk Bantu Obati Radang Tenggorokan

Halodoc, Jakarta - Faringitis atau radang tenggorokan adalah kondisi peradangan pada faring, yaitu bagian belakang tenggorokan. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman ketika makan. Sakit tenggorokan juga dapat menjadi gejala umum dari berbagai penyakit, seperti flu dan demam mononukleosis. Pada kasus yang ringan, radang tenggorokan biasanya akan pulih dalam waktu 1 hingga 2 minggu.

Namun, rasa sakit dan tidak nyaman ketika menelan kadang membuat pengidap faringitis sulit bahkan enggan untuk makan dan minum. Padahal, tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi untuk mendukung kesembuhan. Bagi kamu yang sedang mengalami faringitis, beberapa makanan dan minuman berikut perlu dikonsumsi, untuk mempercepat proses penyembuhan:

Baca juga: Mudah Menular, Ini 5 Penyebab Radang Tenggorokan

1. Air Putih

Minum air yang cukup selama radang tenggorokan adalah salah satu cara termudah untuk meredakan sakit. Selain dapat menjaga kelembapan dan kebersihan tenggorokan, minum air yang cukup juga dapat mencegah dehidrasi dan komplikasi lainnya.

2. Sup Ayam

Nutrisi dalam sup ayam mengurangi peradangan dan dapat membantu menghilangkan saluran udara, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

3. Sayur- sayuran

Nilai gizi yang baik dalam sayur-sayuran seperti wortel, kubis, dan kentang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Masak sayuran dengan baik agar nutrisi dan serat yang diperlukan tubuh tetap terjaga.

Baca juga: Minum Es dan Makan Gorengan Bisa Bikin Radang Tenggorokan?

4. Pisang

Selain mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, tekstur pisang yang lembut membuatnya lebih mudah ditelan, ketimbang buah-buahan lain yang bertekstur keras.

5. Madu

Cairan kental nan manis yang berasal dari lebah ini tak hanya cocok dikreasikan menjadi berbagai menu, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Madu memiliki antioksidan yang cukup tinggi, memiliki sifat antibakteri, dan antiinflamasi, yang diyakini efektif melawan infeksi dan membantu penyembuhan luka. Itulah sebabnya madu dapat menjadi salah satu asupan baik untuk mempercepat penyembuhan faringitis.

6. Peppermint

Selain menyegarkan pernapasan, kandungan mentol pada peppermint juga bisa membantu meredakan gejala radang tenggorokan dan batuk. Peppermint memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendukung penyembuhan.

7. Teh Chamomile, Teh Fenugreek, dan Jenis Teh Lainnya

Zat anti-peradangan, antioksidan dan astringen dalam teh chamomile sangat baik untuk meredakan gejala sakit tenggorokan dan flu. Kandungan teh ini dapat merangsang sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan. Selain teh chamomile dan teh fenugreek, minuman teh panas lainnya juga bisa dikonsumsi untuk mengobati dan memberikan perasaan nyaman di tenggorokan.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

8. Kunyit dan Jahe

Tanaman herbal multifungsi ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang berguna untuk menghilangkan gejala mirip flu, seperti sakit tenggorokan. Kamu bisa mengolah kunyit dan jahe menjadi minuman hangat atau campuran untuk membuat teh panas.

9. Bawang Putih

Antibakteri, fungisida, dan sifat antivirus dalam bawang putih sangat baik untuk mengobati gejala faringitis atau radang tenggorokan. Penggunaan bawang putih dalam makanan untuk sakit tenggorokan sangat sederhana, misalnya dengan mengunyah atau menghisap aroma selama 15 menit.

Untuk menutupi kepahitan di mulut, campur bawang putih dengan madu atau minyak zaitun. Bisa juga digunakan sebagai campuran untuk jus sayuran. Memakan bawang putih mentah dan sesegera mungkin setelah dihancurkan, dipercaya memiliki efek yang lebih efektif.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan dan minuman yang dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!