9 Manfaat Kacang Hijau yang Luar Biasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
manfaat kacang hijau

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tidak suka kacang hijau? Enggak hanya enak dijadikan minuman, kacang hijau juga sering menjadi isian berbagai macam kudapan seperti bakpia, bakpao, mocha, dan lain-lain. Ada kabar gembira buat kamu penggemar kacang hijau. Sering mengonsumsi kacang hijau ternyata dapat memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, lho.

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang menyehatkan. Hal ini karena kacang hijau mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap, mulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin, mineral, asam folat, kalsium sampai zat besi. Itulah sebabnya mengonsumsi kacang hijau bisa memberi manfaat berikut untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kacang hijau mengandung fitonutrien yang berperan sebagai anti-pembengkakan serta dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menetralkan zat-zat berbahaya seperti bakteri, virus, iritasi, dan sebagainya.

2. Melancarkan Pencernaan

Kacang hijau juga dikenal sebagai makanan yang kaya akan serat, sehingga mengonsumsi kacang ini secara rutin dapat memperlancar pencernaan dan membantu pembersihan racun dalam tubuh atau detoks. Baca juga: Makanan untuk Detoksifikasi Tubuh

3. Membersihkan Tubuh dari Racun

Kandungan protein, tanin dan flavonoid dalam kacang hijau bermanfaat untuk membersihkan racun-racun seperti merkuri dan besi dari dalam tubuh.

4. Mencegah Kanker

Dalam sebuah penelitian medis ditemukan bahwa kacang hijau dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya dalam tubuh. Hal ini karena kacang hijau kaya akan kandungan polyphenol dan oligosakarida yang mampu menghambat perkembangan kanker.

5. Baik untuk Kesehatan Jantung

Kamu juga bisa menjaga kesehatan jantung dengan banyak mengonsumsi kacang hijau. Pasalnya, jenis kacang ini mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Baca juga: 5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol

6. Mengurangi Gejala PMS

Kacang hijau juga baik dikonsumsi oleh para wanita karena bermanfaat membantu mengendalikan hormon yang dapat memicu gejala-gejala PMS. Jadi, dengan memperbanyak minum atau menyantap kacang hijau, kamu bisa menjalani aktivitas dengan baik tanpa terganggu masalah PMS. Hal ini berkat kandungan vitamin B6, vitamin B, magnesium dan folat yang terdapat dalam kacang hijau.  

7. Menurunkan Berat Badan

Serat yang terdapat dalam kacang hijau tidak hanya bagus untuk memperlancar pencernaan dan menjaga kesehatan jantung, tapi juga dapat membuat kamu kenyang lebih cepat dan lebih lama, sehingga dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Selain itu, kacang hijau juga bisa menjadi pilihan makanan untuk kamu yang sedang diet, karena kandungan lemaknya rendah. Baca juga: Kacang untuk Diet Harian yang Mudah

8. Baik untuk Wanita Hamil

Kandungan lainnya dalam kacang hijau yang juga cukup tinggi adalah asam folat, sehingga kacang hijau sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil maupun wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Ibu hamil perlu mendapatkan asam folat yang cukup agar bayi dapat terhindar dari kelahiran prematur, lahir dengan berat badan rendah, bahkan keguguran. Asam folat juga dapat mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat sistem saraf sampai 50 persen.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 53% magnesium. Nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang, berperan dalam pembentukan sel-sel tulang, serta menurunkan risiko osteoporosis pada wanita setelah masa menopause.

Itulah berbagai manfaat kacang hijau. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.