18 September 2018

Selulit Ganggu Penampilan, Ini 9 Tips Menghilangkannya

Cara menghilangkan selulit, selulit

Halodoc, Jakarta - Berpenampilan cantik dan menarik pastinya merupakan keinginan sebagian besar wanita. Sebab, pada dasarnya wanita memang menyukai keindahan, seperti memakai baju, dress, tas, dan sepatu yang sedang tren.

Namun, keinginan untuk tampil cantik dan menarik bisa terganggu karena kehadiran selulit. Walaupun selulit terdapat di daerah yang tertutupi oleh pakaian, tetapi tetap saja kehadirannya bisa membuat kamu merasa tidak nyaman. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya? Berikut ini 9 tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan selulit.

1. Berhenti Merokok

Jika kamu wanita dan kamu adalah perokok, kamu harus segera menghentikan kebiasaan ini. Sebab, kebiasaan merokok dapat memengaruhi suplai darah ke kulit kamu, sehingga membuatnya lebih tipis dan kendur. Hal ini membuat selulit di lengan, paha, dan bokong lebih terlihat.

2. Menurunkan Berat Badan

Berat badan kurang atau berlebih, tidak membuat kamu bebas dari risiko munculnya selulit. Namun, berat badan berlebih dapat membuat selulit menjadi lebih terlihat. Jika kamu kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu menghilangkannya.

Sebaiknya turunkan berat badan secara perlahan. Diet yang menurunkan berat tubuh secara drastis tanpa olahraga dapat membuat selulit tampak lebih buruk. Jika kamu menurunkan berat badan secara drastis tanpa olahraga, kulit kamu akan mengendur dan tampak seperti keriput.

3. Ampas Kopi

    Siapa sangka, ternyata ampas kopi memiliki kegunaan, salah satunya untuk menghilangkan selulit. Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan ampas kopi pada permukaan kulit yang mengalami selulit. Kemudian, gosokkan secara perlahan. Ampas kopi yang digosokkan tersebut dapat membantu menghilangkan racun di dalam kulit yang juga menjadi faktor timbulnya selulit.

4. Minyak Zaitun

    Jenis minyak alami ini menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi selulit. Untuk menggunakannya, kamu cukup mengambil beberapa tetes dan oles langsung ke bagian yang berselulit. Kamu dapat mempraktekkan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Karenanya, kamu bisa memakainya untuk menghilangkan selulit pada kulitmu. Kamu cukup membelah lemon menjadi dua bagian, Kemudian, oleskan bagian dalamnya pada selulit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Tomat

Di dalam tomat terdapat kandungan likopen yang sangat tinggi dan bisa dimanfaatkan sebagai pencegah kerusakan kolagen sekaligus penumpukan lemak di kulit. 2 buah tomat bisa dihancurkan dan ditambah sesendok teh jus lemon, lalu dioleskan pada bagian kulit yang berselulit. Sebelum dibilas, kamu bisa memijatnya selama 15 menit untuk hasil maksimal.

7. Teh Hijau

Karena selulit muncul sebagai akibat dari obesitas, ada baiknya untuk mengonsumsi teh hijau. Tak hanya dapat membakar lemak dalam tubuh, tapi teh hujau juga dapat digunakan sebagai pengusir selulit. Teh hijau akan membantu meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah, serta mendetoksifikasi tubuh secara alami.

8. Minyak Vitamin E

Untuk menghilangkan selulit, memelihara kulit, melembapkan, sekaligus menyehatkannya, kamu bisa menggunakan minyak vitamin E. Caranya adalah dengan mengoleskan minya vitamin E pada bagian yang berselulit secara rutin. Berikan juga pijatan ketika mengaplikasikannya. Bagi kamu yang mengalami kulit kemerahan, radang, atau gatal, minyak vitamin E ini juga mampu untuk menghilangkannya secara alami.

9. Wortel

Wortel dikenal luas sebagai salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin A tinggi. Tak cuma baik untuk mata, ternyata wortel juga bisa menghilangkan selulit. Kamu bisa memblender wortel dan juga tambahkan sedikit madu. Kemudian balurkan secara merata pada area tubuh yang terkena selulit. Lakukan cara ini secara teratur supaya selulit cepat hilang tanpa efek samping.

Kamu juga bisa tanyakan kondisi kesehatan kulitmu pada dokter ahli di Halodoc. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan aplikasi Halodoc untuk berdiskusi dengan dokter terkait masalah kesehatan lain. Selain berdiskusi dengan dokter, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan apotek antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: