20 September 2018

Suami, Dukung Ibu Menyusui dengan 6 Hal Ini

ibu menyusui, dukungan suami pada ibu menyusui

Halodoc, Jakarta – Keterlibatan ayah sangat penting dalam proses ibu menyusui karena menyusui adalah kerja sama antara ibu dan ayah dalam hal pola asuh anak. Menurut lembaga konsultan laktasi yang berpusat di California, International Board Certified Lactation Consultant (IBCLC) mengatakan ibu menyusui yang mendapat dukungan ayah dapat lebih produktif dalam menghasilkan ASI dan percaya diri sebagai ibu baru.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Maternal Child Nutrition, sebenarnya ayah sangat ingin terlibat dalam proses menyusui, kurangnya informasi dan arahan mengenai bentuk dukungan yang bisa dilakukan seorang ayah membuat para ayah berhenti sampai pada gagasan saja.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan ayah sebagai bentuk dukungan suami pada ibu menyusui:

  1. Menanyakan dan menjadi Pendengar yang Baik

Ayah bisa memberikan bentuk dukungan yang berarti kepada ibu menyusui dengan secara aktif menanyakan mengenai apa yang dirasakan atau adakah sesuatu yang membutuhkan bantuan atau tidak. Menjadi pendengar yang baik untuk setiap keluhan dan kendala yang dihadapi oleh ibu dalam proses menyusui adalah bentuk dukungan suami pada ibu menyusui yang sangat berarti.

  1. Memahami Cara Kerja Menyusui

Akan sangat membantu bila ayah memahami cara kerja menyusui. Caranya? Tentu saja dengan banyak menggali informasi mengenai hal ini. Karenanya yang paling ideal adalah seorang ayah juga turut mendapatkan edukasi serta informasi mengenai proses menyusui. Ketika ayah juga punya pengetahuan mengenai fase menyusui, maka ibu tidak akan merasa ditinggal sendiri dan menjadi single fighter.

  1. Ada saat Dibutuhkan

Kehadiran seorang ayah ketika sang ibu menyusui adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh seorang ibu. Ketika ibu membutuhkan kain, botol susu, mengganti popok atau sekadar bantuan mengikatkan rambut, ayah ada di samping ibu untuk membantu saat dibutuhkan.

  1. Menjaga Bayi

Hal yang paling dibutuhkan seorang ibu menyusui adalah beristirahat yang cukup di sela-sela kesibukannya mengurus buah hati. Peran ayah sangat penting untuk membuat ibu punya waktu istirahat yang ideal, makanya ayah jangan malas untuk menggantikan peran menjaga anak sebab hal ini tentu menjadi dukungan suami pada ibu menyusui yang tak kalah penting. Ketika ibu istirahat menyusui anak, ayah menggendong anak dan membiarkan ibu menikmati waktu istirahatnya.

  1. Membantu Membersihkan Rumah

Membantu membersihkan rumah adalah salah satu cara yang bisa dilakukan seorang ayah sebagai bentuk dukungan terhadap ibu menyusui. Jangan malah meminta ibu ikut mengurusi ayah, seperti menyiapkan makan, baju, dan hal-hal klasik yang biasa diminta suami kepada istrinya. Intinya sih jangan merepotkan karena ibu sudah sibuk mengurusi anak. Malahan, mengurus rumah seharusnya menjadi bagian dari tanggung jawab ayah juga sebagai kepala keluarga.

  1. Membangun Ikatan dengan Bayi

Sebenarnya membangun ikatan dengan bayi tidak hanya memberikan manfaat emosional saja yang mendekatkan hubungan ayah dan anak, tetapi juga sebagai bentuk dukungan kepada ibu. Ketika ayah memiliki ikatan dengan anak akan membuat anak tidak selalu bergantung dengan ibu.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai bentuk dukungan suami pada ibu menyusui yang semestinya dilakukan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Orangtua juga bisa menanyakan mengenai informasi kesehatan lainnya di sini. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor pasangan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Baca juga: