25 September 2018

Adakah Cara untuk Mempercepat Datang Bulan?

datang bulan

Halodoc, Jakarta – Semua wanita yang sudah memasuki masa pubertas pasti akan mengalami menstruasi atau yang dikenal juga dengan sebutan datang bulan. Siklus datang bulan pada tiap wanita bisa berbeda-beda, tetapi biasanya berlangsung sekitar 21–35 hari. Normalnya, pendarahan saat menstruasi berlangsung kira-kira 2 hari sampai satu minggu.

Namun, tidak sedikit juga wanita yang memiliki siklus datang bulan yang tidak normal. Beberapa wanita sering telat datang bulan dan ada juga yang datang bulannya berlangsung cukup lama hingga lebih dari seminggu. Kondisi ini tentunya menjadi hal yang merepotkan bagi wanita. Apalagi bagi kamu yang punya acara spesial yang menuntut untuk tampil maksimal tanpa harus tersiksa oleh gangguan datang bulan. Untungnya, ada beberapa cara mempercepat datangnya haid. Mau tahu apa saja? Yuk, cari tahu di sini.

1. Meminum Obat

Lamanya waktu datang bulan ternyata bisa dipercepat dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, lho. Salah satunya adalah obat tablet asam traneksamat yang dapat menginduksi pembekuan darah di rahim, sehingga mengurangi pendarahan dan tentunya menjadi cara mempercepat datangnya haid. Kamu juga bisa meminum obat anti-inflamasi non steroid, seperti asam mefenamat, ibuprofen, atau naproxen. Obat-obatan tersebut merupakan obat pereda rasa nyeri yang sekaligus bermanfaat untuk mempercepat datang bulan. Agar lebih aman, sebaiknya bicarakan dulu ke dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut. Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan.

2. Menstrual Cup

Buat kamu yang punya acara khusus, ingin berpergian atau ingin berenang, kamu bisa menggunakan menstrual cup untuk mencegah datang bulan. Cara menggunakan alat yang berbentuk seperti corong minyak ini hampir mirip dengan cara menggunakan tampon.  Menstrual cup dapat mencegah darah mengalir keluar dari Miss V dengan cara menampung darah haid di dalam corong. Alat ini bisa dipakai hingga 12 jam.

3. Hindari Menggunakan Tampon

Namun, kamu disarankan untuk tidak menggunakan tampon saat datang bulan. Pasalnya, tampon dapat memperpanjang masa datang bulanmu. Jadi, gunakan pembalut saja ya.

4. Kontrasepsi

Cara mempercepat datangnya haid lainnya yang juga cukup efektif adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi. Jenis alat kontrasepsi mulai dari suntik, spiral, sampai yang diminum dapat mempercepat masa datang bulanmu. Namun, cara ini sebaiknya juga dibicarakan dulu ke dokter sebelum dilakukan.

5. Cuka Apel

Bahan alami ini memang tidak bisa seefektif mempercepat datang bulan seperti cara-cara di atas. Namun, cuka apel dipercaya bermanfaat untuk mengurangi volume pendarahan dan mempercepat masa datang bulan. Caranya, campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air, aduk sampai rata, lalu minumlah.

6. Lemon

Khasiat lemon juga sama seperti khasiat cuka apel, yaitu mengurangi pendarahan dan mempercepat datang bulan. Minumlah air perasan satu buah lemon agar datang bulan berlangsung singkat.

7. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Buat kamu yang sering terlambat datang bulan, ada beberapa jenis makanan yang bisa mempercepat datang bulan, lho. Kamu disarankan untuk makan buah pepaya, wortel, dan labu yang mengandung karoten, karena nutrisi ini bisa merangsang terjadinya menstruasi. Mengonsumsi daging dalam jumlah banyak juga bisa meningkatkan suhu tubuhmu, sehingga siklus menstruasi akan datang lebih cepat. Selain itu, seledri juga berkhasiat untuk merangsang aliran darah di dalam rahim lho. Batang dan daun seledri mengandung apiol yaitu zat alami yang dapat memicu rahim untuk berkontraksi, sehingga menstruasi bisa datang lebih cepat.

Itulah beberapa cara untuk mempercepat datang bulan. Kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat dengan banyak mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup agar siklus datang bulanmu berlangsung dengan normal. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: