03 January 2019

Ajak Anak Wisata Alam? Ini 5 yang Harus Diperhatikan

Ajak Anak Wisata Alam? Ini 5 yang Harus Diperhatikan

Halodoc, Jakarta - Berwisata ke suatu tempat memang selalu menjadi hal yang menyenangkan, pun bagi anak-anak. Alih-alih berdiam diri di rumah ketika liburan, mengapa tidak coba mengajak Si Kecil berwisata alam saja? Selain seru, ada banyak manfaat yang dapat dipetik lho, dari kegiatan ini. Apa saja ya? Berikut berbagai manfaat dari wisata alam bagi anak yang perlu diketahui orangtua.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Paparan sinar matahari memang dapat membuat kulit terbakar dan meningkatkan risiko kanker kulit. Namun, tetap saja tubuh kita membutuhkan sinar matahari. Terutama untuk membuat vitamin D, yang penting bagi perkembangan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Mengajak anak berwisata alam di siang hari dapat menjadi hal yang baik untuk dilakukan, terlebih jika selama ini Si Kecil lebih sering menghabiskan waktu di dalam rumah.

Baca juga: 4 Alasan Lebih Pilih Wisata Alam untuk Liburan

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Jika mungkin mengajak Si Kecil berolahraga cukup sulit, cobalah untuk mengajaknya berwisata alam. Sebab, momen ini dapat dijadikan waktu yang tepat untuk berolahraga juga. Ajak mereka ke tempat wisata alam yang menuntut mereka untuk banyak bergerak, sehingga kekuatan otot mereka pun dapat terlatih.

3. Melatih Keberanian untuk Mengambil Risiko

Jika selama ini mungkin Si Kecil selalu merasa aman di rumah, alam mungkin saja menjadi hal yang menakutkan baginya. Oleh karena itu, orangtua dapat melatih keberanian Si Kecil dengan mengajaknya ke tempat wisata alam yang bernuansa petualangan misalnya. Ajak ia untuk mencoba berbagai hal dan katakan bahwa bermain di alam itu menyenangkan, sehingga ia tidak perlu takut akan jatuh atau kotor.

Baca juga: 6 Tips Mudah Sebelum Ajak Anak Liburan

Orangtua Perlu Perhatikan Hal-Hal Ini

Meski bermain di alam adalah hal yang baik bagi anak, orangtua tetap tidak boleh lengah. Rasa keingintahuan tinggi yang belum diimbangi dengan kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan buruk dengan benar, sangat memungkinkan anak untuk terjebak dalam situasi berbahaya dan risiko cedera. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan orangtua, ketika mengajak anak berwisata alam.

1. Pastikan Anak Memakai Perlengkapan yang Tepat

Sebelum berangkat ke tempat wisata alam, orangtua perlu memperhatikan medan dan jenis kegiatan yang akan dilakukan anak di tempat wisata. Jika tempat yang akan dikunjungi bersuhu dingin, pastikan untuk membawa pakaian hangat dan sarung tangan untuk Si Kecil. Jangan pernah lupa juga untuk memakaikannya kaus kaki, terutama ketika ingin berwisata ke alam bebas atau hutan. Orangtua juga perlu membawa perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan seperti baju renang dan pelampung jika ingin berwisata air, atau pelindung lutut jika ada rencana untuk bersepeda.

2. Bimbing Anak untuk Lakukan Pemanasan

Sebelum memulai aktivitas luar ruang, jangan lupa untuk selalu mengajari anak tentang pentingnya melakukan pemanasan. Jika belum pernah melakukannya, orangtua perlu membimbing dan mengajari anak untuk melakukan pemanasan dengan benar. Pun ketika selesai melakukan aktivitas, ajari juga anak untuk melakukan pendinginan.

3. Wanti Anak untuk Tidak Makan dan Minum Sembarangan

Anak-anak, terutama balita, mungkin saja masih memiliki kecenderungan memasukkan hal-hal yang ia temui ke dalam mulut. Untuk itu, sebelum berwisata alam, orangtua perlu mewanti anak bahwa ketika ia berada di luar rumah, ia tidak boleh asal memakan atau meminum hal yang ia temui. Beritahu tentang jenis-jenis buah atau tanaman yang beracun dan tidak boleh dimakan, dan pastikan Si Kecil untuk tidak mengotori alam ketika sedang memakan bekal makanan yang ia bawa.

4. Ajari Cara Bersikap Ketika Terjadi Situasi Darurat

Situasi darurat dapat terjadi kapan dan di mana saja. Selain tidak boleh lengah dalam mengawasi, orangtua juga perlu mengajarkan anak untuk menghadapi situasi darurat yang mungkin terjadi ketika berwisata alam, seperti tersesat misalnya. Bantu anak untuk memahami pentingnya tetap berada di jalan setapak, memperhatikan hal-hal di sekelilingnya yang bisa dijadikan penanda, dan ajari bagaimana harus bereaksi jika tersesat. Beritahu mereka untuk tetap tenang dan berusaha memberikan sinyal keras untuk meminta bantuan. Sebagai jaga-jaga, orangtua bisa membekali anak peluit dan senter untuk mereka gunakan di situasi darurat.

Baca juga: 5 Benda Wajib Dibawa saat Liburan bareng Anak

5. Selalu Sedia Kotak P3K dan Obat-Obatan

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pepatah itu betul sekali, apalagi jika ingin bepergian ke suatu tempat. Salah satu hal yang perlu dipersiapkan orangtua sebelum berwisata alam selain bekal makanan adalah kotak P3K dan obat-obatan. Hal ini dapat sangat berguna ketika Si Kecil terluka atau tiba-tiba tidak enak badan.

Itulah sedikit penjelasan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengajak anak berwisata alam. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!