Alami Hernia Inguinalis, Ketahui Komplikasi yang Bisa Terjadi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
komplikasi hernia inguinalis, gangguan usus

Halodoc, Jakarta - Mungkin saja istilah hernia inguinalis masih asing di telingamu. Kondisi ini merupakan gangguan kesehatan pada usus yang enggak berbahaya, tetapi dapat menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan nyawa. Jika hernia inguinalis terasa sakit dan membesar, operasi harus segera dilakukan untuk mengembalikan posisi usus dan menutup celah yang menyebabkan kondisi ini. Yuk, kenalan dengan hernia inguinalis dan kenali gejala-gejalanya juga!

Baca juga: Cari Tahu 4 Gejala Hernia Berdasarkan Jenisnya

Hernia Inguinalis? Penonjolan Jaringan Lunak

Hernia inguinalis merupakan suatu kondisi medis yang ditandai dengan penonjolan jaringan lunak, melalui bagian yang lemah atau robek pada bagian bawah dinding perut. Biasanya, usus merupakan organ yang sering mengalami benjolan ini. Meskipun bukan termasuk dalam penyakit yang berbahaya, kondisi ini enggak bisa sembuh dengan sendirinya. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi penyakit yang serius dan dapat membahayakan nyawa.

Ini Gejala yang Muncul pada Pengidap Hernia Inguinalis

Biasanya seseorang tidak akan menyadari mengidap hernia inguinalis sampai timbulnya benjolan. Selain benjolan, beberapa gejala yang menandai seseorang mengidap hernia inguinalis, antara lain:

  • Rasa nyeri dan perih pada benjolan.
  • Rasa tertarik, tertekan, dan terasa lemah pada bagian selangkangan.
  • Pembengkakan pada area sekitar testis, karena sebagian usus menembus dan masuk dalam kantung skrotum.
  • Rasanya nyeri dan mual yang terjadi secara mendadak ketika bagian usus keluar dan terjepit pada celah hernia, dan tidak bisa kembali ke posisi semula.

Gejala yang muncul akan membuat usus kekurangan asupan oksigen dan juga darah. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini akhirnya akan berujung pada kematian sel usus.

Baca juga: Turun Berok (Hernia), Penyakit Apa itu?

Penyebab Terjadinya Hernia Inguinalis

Butuh waktu cukup lama bagi hernia inguinalis untuk berkembang. Namun, penyakit ini juga memungkinkan berkembang secara tiba-tiba. Hernia inguinalis disebabkan oleh kombinasi antara kelemahan otot dan ketegangan. Penyakit ini lebih banyak menyerang laki-laki daripada perempuan, dan dapat memengaruhi seseorang pada usia berapa pun. Meskipun gangguan kesehatan pada usus ini bukan suatu kondisi yang berbahaya, kondisi ini berisiko mengarah pada komplikasi yang bisa membahayakan nyawa.

Komplikasi yang Bisa Terjadi pada Pengidap Hernia Inguinalis

Meski hernia inguinalis sendiri tidak berbahaya, kondisi ini berisiko mengarah pada komplikasi yang bisa membahayakan nyawa. Komplikasi yang mungkin terjadi adalah hernia inguinalis obstruksi, yaitu ketika bagian dari usus terjepit di dalam saluran inguinalis. Kondisi ini akan menyebabkan mual, muntah, sakit perut yang disertai dengan benjolan yang terasa sakit pada bagian selangkangan.

Selain itu, komplikasi lainnya yaitu hernia inguinalis inkarserata, yaitu kondisi ketika usus yang keluar terjepit dan pasokan darahnya terhenti. Kondisi ini membutuhkan prosedur operasi secepatnya untuk melepaskan jaringan yang terperangkap dan mengembalikan pasokan darah agar tidak terjadi kematian pada jaringan.

Operasi hernia bertujuan untuk mengatasi hernia yang muncul, mencegah munculnya kembali hernia, serta mencegah komplikasi yang lebih berbahaya. Walaupun terkadang hernia bisa saja muncul kembali setelah prosedur operasi dilakukan.

Baca juga: Angkat Beban Berat Sebabkan Hernia, Mitos atau Fakta?

Jika kamu butuh penjelasan lebih tentang penyakit ini, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!