23 March 2019

Alami Nyeri Sendi Setelah Melahirkan, Apakah Berbahaya?

alami-nyeri-sendi-setelah-melahirkan-apakah-berbahaya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Ada banyak kondisi yang bisa dialami ibu setelah melahirkan. Itu sebenarnya cukup wajar, karena setelah melakukan persalinan yang membutuhkan tenaga maksimal, daya tahan dan kekuatan tubuh ibu akan menurun. Itulah sebabnya ibu akan mengalami sejumlah kondisi yang kurang menyenangkan. Salah satunya adalah nyeri sendi.

Rasa nyeri tersebut biasanya akan muncul pada area sendi, seperti pada bagian lutut, pinggang, pergelangan, tangan dan sebagainya. Selain bikin tidak nyaman, nyeri sendi tentu akan membuat ibu khawatir. Pasalnya, kemunculan nyeri sendi setelah melahirkan sering dianggap pertanda dari kondisi yang berbahaya. Enggak usah panik dulu, simak penjelasannya di sini.

Nyatanya, nyeri sendi yang muncul setelah melahirkan, termasuk kondisi yang wajar. Ini karena saat melahirkan, ibu harus bertahan dalam suatu posisi dalam waktu yang lama, sehingga menyebabkan nyeri otot dan kekakuan pada sendi. Selain itu, perubahan hormon juga sedikit banyak berperan dalam munculnya rasa nyeri pada persendian. Tapi di luar proses melahirkan, ada berbagai kondisi yang bisa memicu terjadinya nyeri pada sendi, antara lain:

  • Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis merupakan peradangan pada sendi yang diakibatkan oleh kondisi autoimun.

  • Lupus Arthritis

Ini juga merupakan kondisi autoimun yang bisa berpengaruh pada banyak sistem, salah satunya sendi.

  • Infeksi Virus atau Bakteri

Nyeri sendi yang muncul karena adanya infeksi virus maupun bakteri bisa menyebabkan tulang ekor sakit. Kondisi ini seringkali diabaikan oleh beberapa ibu. Padahal, bila tidak segera diobati, infeksi virus ini bisa berkembang menjadi kondisi yang serius.

  • Pengapuran

Meskipun jarang terjadi, namun bisa saja nyeri sendi yang ibu alami diakibatkan oleh pengapuran pada sendi dan tulang. Kondisi ini perlu diwaspadai, karena pengapuran bisa perlahan-lahan mengikis tulang dalam tubuh.

Baca juga: Pengapuran Tulang Bisa Diatasi dengan 5 Cara Ini

  • Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi di mana jaringan di dalam atau sekitar sendi mengalami pembengkakan akibat adanya kerusakan permukaan pelindung tulang, sehingga menyebabkan munculnya nyeri pada sendi. Penyakit ini sebenarnya lebih sering dialami oleh orang tua atau orang yang mengalami obesitas. Tapi, wanita yang baru saja melahirkan juga berisiko mengalami pembengkakan sendi akibat proses mendorong bayi saat melahirkan normal.

Baca juga: Obesitas Dapat Memicu Terserang Nyeri Sendi

Nyeri sendi setelah melahirkan bisa diredakan untuk sementara dengan mengonsumsi obat pereda rasa nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau paracetamol. Tapi, pastikan ibu mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk pemakaian. Selain obat-obatan, ibu juga bisa meredakan nyeri sendi dengan cara-cara alami berikut:

  • Minum air hangat dengan campuran satu sendok teh kayu manis.
  • Minum cuka apel yang dilarutkan dalam segelas air hangat dan ditambahkan madu.
  • Pijat bagian tubuh yang terasa nyeri dengan minyak mustard.
  • Mengompres bagian sendi yang sakit dengan kantong es selama 15-20 menit.
  • Mengonsumsi suplemen minyak ikan.
  • Beristirahat yang cukup.

Jadi, nyeri sendi setelah melahirkan sebenarnya adalah kondisi yang wajar dan tidak berbahaya. Tapi, bila nyeri sendi kerap kali muncul atau tidak kunjung sembuh dan bahkan bertambah parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mengevaluasi lebih lanjut penyebab nyeri sendi yang ibu alami.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Setelah Melahirkan Normal

Untuk mengurangi nyeri sendi, ibu juga bisa membeli obat-obatan yang ibu perlukan di Halodoc lho. Enggak usah repot-repot keluar rumah, tinggal order melalui aplikasi dan obat pesanan kamu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga ya di App Store dan Google Play.