Anak Alami Batuk, Ini 5 Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
anak-alami-batuk-ini-5-cara-mengatasinya-halodoc

Halodoc, Jakarta – Batuk adalah penyakit umum yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Bila anak mengalami batuk, hal ini tentu saja membuat orangtua khawatir. Pasalnya, batuk membuat Si Kecil menjadi tidak nyaman dan sulit untuk beristirahat. Karena itu, yuk ketahui cara mengatasi batuk pada anak di sini.

Penyebab Batuk pada Anak

Batuk sebenarnya merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari saluran pernapasan di dalam tubuh. Namun, bila anak batuk terus-menerus, maka bisa jadi anak mengalami infeksi saluran pernapasan akibat virus, asap rokok, debu, ataupun zat kimia lainnya. Selain itu, batuk pada anak juga bisa disebabkan oleh refluks asam lambung, sinusitis, atau bahkan alergi.

Baca juga: Si Kecil Alami Batuk Darah, Berbahayakah?

Cara Mengatasi Batuk pada Anak

Bila anak batuk, ibu enggak perlu khawatir. Berikut ini cara-cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi batuk pada anak:

1. Berikan Obat Batuk Khusus Anak

Salah satu cara mengatasi batuk pada anak yang paling efektif adalah dengan memberi obat batuk khusus anak. Namun, pemberian obat batuk sebaiknya dibicarakan terlebih dahulu pada dokter. Bila batuk yang dialami anak disebabkan oleh virus, biasanya batuk bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus ditangani dengan memberikan obat.

Ibu bisa memberikan obat batuk pada anak yang bisa dibeli di apotek, tapi ingat, pilihlah obat batuk yang diformulasikan khusus untuk anak. Selain itu, obat batuk juga harus disesuaikan dengan jenis batuk yang dialami anak, yaitu batuk kering atau batuk berdahak.

Pemberian obat batuk pada anak pun harus sesuai dosis yang dianjurkan. Biasanya, dokter akan memberikan dosis obat batuk sesuai dengan usia anak. Namun, bila ibu membeli obat batuk yang dijual bebas dipasaran, ibu harus mengikuti aturan pakai yang tertera pada label kemasan.

Bila Si Kecil sudah minum obat dan batuk tidak kunjung sembuh juga dalam 1–2 minggu, segera bawa anak ke dokter.

2. Beri Anak Minum yang Banyak

Untuk merawat Si Kecil yang sedang batuk, ibu bisa memastikan ia meminum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi. Bagi anak yang masih berusia di bawah 6 bulan, ibu bisa memberikan ASI yang cukup. Namun, bila Si Kecil sudah berusia di atas 6 bulan, berilah ia minum air hangat sedikit demi sedikit, tapi sering. Cara ini cukup membantu untuk mengeluarkan lendir yang mengganggu di dalam tubuh Si Kecil.

3. Anak Harus Beristirahat yang Cukup

Anak yang sedang batuk perlu beristirahat yang cukup biar cepat sembuh. Lama istirahatnya tergantung dari tingkat keparahan batuknya dan seberapa berat gejala lainnya, seperti demam atau pilek. Anak yang sedang batuk biasanya perlu beristirahat selama 2–3 hari.

Jadi, pastikan Si Kecil beristirahat di rumah dengan tidur yang cukup ya dan kurangi dulu bermain di luar rumah. Bila batuk yang dialami Si Kecil cukup parah, ada baiknya ia absen dulu dari sekolah sampai gejala batuk membaik.

4. Jauhkan Anak dari Makanan dan Minuman Penyebab Batuk

Saat anak batuk, pastikan anak tidak mengonsumsi makanan dan minuman penyebab batuk, seperti minuman manis, minuman dingin, dan gorengan. Sebaliknya, ibu bisa memberikan Si Kecil makanan berkuah yang hangat yang bisa meringankan rasa gatal di tenggorokan.

Baca juga: Ini Alasan Gorengan Bikin Batuk

5. Hindari Pemicu Alergi

Bila batuk yang dialami anak disebabkan oleh alergi, sebisa mungkin hindari alergen (pemicu alergi) dari anak. Jagalah kebersihan kasur dan lingkungan rumah. Pemicu alergi anak pada umumnya, seperti debu, jamur, dan bulu hewan peliharaan mudah menempel di sofa dan kasur, sehingga menyebabkan anak batuk akibat alerginya kumat.

Baca juga: Lakukan Beberapa Hal Ini untuk Mengatasi Batuk Pada Bayi

Nah, itulah 5 cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi batuk pada anak. Untuk beli obat batuk khusus anak, gunakan aplikasi Halodoc saja. Enggak perlu repot-repot keluar rumah, ibu tinggal pesan lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan ibu akan diantarkan dalam waktu satu jam. Bila batuk anak tidak kunjung sembuh, ibu bisa membuat janji dengan dokter pilihan di rumah sakit sesuai domisili ibu di sini. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.