• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Sakit Gigi, Ini Cara Alami Mengobatinya

Anak Sakit Gigi, Ini Cara Alami Mengobatinya

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Ada banyak alasan yang sebabkan orang dewasa sakit gigi dan mudah menemukan bantuan. Namun, jika sakit gigi terjadi pada anak-anak, mereka bisa jadi rewel sepanjang hari. Sakit gigi terjadi ketika erosi atau pembusukan menembus ruang pulpa gigi, yang berisi saraf dan pembuluh darah yang kecil dan sensitif. Memilih obat sakit gigi untuk anak-anak dapat menjadi hal yang harus diperhatikan.

Untuk anak-anak, alasan paling umum untuk sakit gigi berhubungan dengan pola makan anak. Ini bisa karena minum terlalu banyak soda, atau mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi, seperti permen. Tidak hanya itu, terdapat beberapa penyakit yang sebabkan sakit gigi seperti kapitis, peradangan, erosi enamel gigi, bruxism, periodontitis, dan tekanan akibat sinus. 

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat Bawa Anak ke Dokter Gigi

Obat Sakit Gigi Alami untuk Anak

Anak-anak sering mengalami gigi tanggal akibat pertumbuhan gigi baru, namun bukan berarti nyeri yang terjadi bisa diabaikan. Jangan tunda untuk memeriksakan anak ke rumah sakit untuk menemui dokter gigi. Supaya lebih mudah, kamu bisa buat janji dengan dokter di Halodoc. Jika gejalanya masih ringan, terdapat obat alami sakit gigi untuk anak, seperti:

  • Kumur Air Garam. Salah satu obat sakit gigi mudah dan murah untuk anak adalah meminta mereka berkumur air garam. Berkumurlah beberapa jam sekali dengan air hangat yang telah dicampurkan dengan garam meja. Garam telah digunakan sebagai pembersih antibakteri selama ribuan tahun, dan ia bekerja dengan baik saat untuk melawan bakteri di mulut yang dapat menyebabkan infeksi dan iritasi.

  • Gunakan Peppermint. Peppermint juga menjadi obat pereda sakit tradisional dan cukup mudah untuk diberikan pada anak-anak. Kantong teh peppermint murni yang baru digunakan bisa dibiarkan dingin secara alami atau selama beberapa menit dalam freezer. Setelah itu, tempelkan di antara pipi dan gusi untuk memberikan kompres penghilang rasa sakit. Beberapa tetes minyak peppermint pada bola kapas juga sama khasiatnya. Namun, hindari ekstrak peppermint karena kandungan alkoholnya yang tinggi dapat menyebabkan iritasi. 

  • Bawang Putih. Meski kebanyakan anak tidak akan menyukai obat ini, tetapi ini adalah obat sakit gigi yang efektif. Bawang putih dikenal karena manfaat kesehatannya secara umum, termasuk sifat antibakterinya. Itu membuatnya cocok untuk atasi iritasi akibat infeksi. Cukup tumbuk satu atau dua siung bawang putih dan tambahkan sedikit garam jika diinginkan, lalu haluskan hingga teksturnya seperti pasta. Nah, gunakan kapas untuk menyebarkan pasta ini pada gigi yang sakit.

  • Cengkeh. Tanaman ini populer sebagai obat sakit gigi untuk orang dewasa, dan mereka juga bisa efektif untuk anak-anak. Tetapi berhati-hatilah, bahan aktif yang membuat mereka menghilangkan rasa sakit, eugenol, bisa menyebabkan sakit bertambah parah atau kerusakan saraf jika digunakan terlalu sering atau dalam konsentrasi tinggi. Cukup teteskan beberapa minyak cengkeh pada kapas. 

Baca juga: Mencegah Gigi Berlubang pada Anak

Tindakan Tambahan Untuk Atasi Sakit Gigi Anak

Selain obat sakit gigi buatan sendiri, obat antiinflamasi yang sesuai usia, tanpa resep, seperti ibuprofen anak-anak, dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Selain itu, kompres hangat atau dingin dengan handuk lembab di pipi dapat membantu meringankan nyeri rahang.

Itulah langkah mengatasi sakit gigi pada anak. Terpenting adalah melakukan tindakan pencegahan, seperti menyikat gigi dua kali sehari dan hindari terlalu sering mengonsumsi makanan manis.

Referensi:
Kids Care Dental. Diakses pada 2020. What Should I Do If My Child Has a Toothache?
American Dental Association. Diakses pada 2020. 4 Homemade Toothache Remedies That Are Safe For Kids.