15 February 2019

Anak Sering Memuntahkan Makanan, Ibu Waspada Bulimia?

 bulimia

Halodoc, Jakarta - Ibu sebagai orangtua wajib mewaspadai tanda-tanda bulimia pada anak yang ditandai dengan gejala sering memuntahkan makanan. Pasalnya, gangguan makan yang kita kenal sebagai masalah kesehatan pada orang dewasa ini, ternyata bisa juga terjadi pada anak-anak. Kondisi ini bisa memberikan dampak yang negatif bagi anak yang sedang dalam masa emas pertumbuhan.

Baca juga: Saat Wanita Hamil Mengalami Bulimia

Ibu, Yuk Kenali Bulimia yang Sering Dialami Anak

Bulimia merupakan suatu gangguan pola makan yang sering ditemui pada anak remaja berusia 18-21 tahun. Secara psikologis, gangguan ini ditandai dengan kebiasaan makan yang berlebihan dan tidak dapat berhenti dalam jangka waktu yang pendek. Sementara itu, anak dengan bulimia juga akan mempunyai ketakutan berlebihan akan kegemukan. Pada akhirnya, anak dengan kondisi ini akan memuntahkan makanan yang telah mereka makan.

Selain memuntahkan makanan yang dikonsumsi, anak dengan bulimia juga akan melakukan pengendalian berat badan yang tidak seharusnya. Biasanya, mereka akan melakukan berbagai macam cara untuk mencegah kenaikan berat badan, misalnya dengan berolahraga sangat keras atau berpuasa.

Gangguan makan ini bisa disebabkan oleh rasa rendah diri tingkat ekstrem, depresi, serta kecenderungan menyakiti diri sendiri. Anak dengan bulimia akan selalu merasa tidak puas dengan bentuk tubuh mereka. Meski begitu, biasanya pengidap bulimia memiliki berat badan yang normal untuk usia dan tinggi badan mereka.

Ketakutan yang berlebihan akan kenaikan berat badan membuat mereka melakukan hal-hal tersebut. Bulimia merupakan salah satu jenis gangguan pola makan yang serius, dan bahkan berpotensi mengancam jiwa.

Ibu, Ini Gejala Bulimia pada Anak

Memuntahkan kembali makanan setelah mereka makan merupakan tanda umum anak mengidap bulimia. Di samping itu, beberapa gejala yang akan ditimbulkan seseorang dengan bulimia adalah selalu merasa kegemukan, berolahraga secara berlebihan, terpaku dengan berat badan dan bentuk tubuh, menstruasi yang tidak teratur, selalu beranggapan negatif terhadap bentuk tubuhnya sendiri. Setelah makan, anak pengidap bulimia pun akan langsung pergi ke kamar mandi untuk memuntahkannya. Biasanya juga, anak dengan bulimia akan menolak makan di tempat umum atau di depan orang lain.

Baca juga: Awas, Bulimia Gangguan Makan yang Mengancam Jiwa

Penyebab Bulimia yang Sering Dialami oleh Anak

Belum diketahui penyebab pasti bulimia yang dialami oleh anak. Namun, ada beberapa faktor yang dapat memicu anak mengalami kelainan pola makan ini, antara lain:

  • Bulimia lebih sering dialami oleh perempuan remaja di usia 18-19 tahun.

  • Adanya gangguan psikologis, seperti selalu merasa depresi atau rendah diri.

  • Tuntutan sosial karena terpengaruh oleh lingkungan, teman-teman, dan media sosial.

  • Tuntutan profesi, seperti model yang harus menjaga tubuh agar tetap langsing.

Baca juga: Bagaimana Mengenali Tanda dan Gejala Bulimia?

Biasanya, upaya-upaya berulang akan terus dilakukan untuk mengurangi berat badan dengan langkah-langkah yang berlebihan. Untuk itu, ibu sebagai orangtua disarankan untuk segera mencari pertolongan medis apabila menyadari adanya gejala-gejala bulimia pada anak. Jika memang anak mengidap kondisi ini, ibu sebaiknya kenali lebih dalam apa yang menyebabkan anak mengalami gangguan pola makan. Dengarkan anak bercerita dan berikan pendekatan emosional.

Ibu mau bertanya seputar masalah kesehatan anak? Ibu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli, psikolog, atau psikiater di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, ibu juga bisa membeli obat yang sedang dibutuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!