21 June 2018

Aneka Jenis Kacang yang Baik untuk Kesehatan

kacang untuk kesehatan, camilan sehat, kacang sebagai camilan sehat

Halodoc, Jakarta – Kacang merupakan sumber energi yang baik untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Menurut laporan dari American Journal of Clinical Nutrition, orang dewasa yang memasukkan menu kacang ke dalam camilan mereka akan mengalami dampak positif, seperti penurunan berat badan dan perubahan lingkar pinggang mereka.

Baca juga: 5 Manfaat Vitamin Kacang Macademia untuk Tubuh

Selain itu, kacang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak-anak. Kacang ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan kuku dan rambut anak seperti zat besi, seng, dan biotin.

Berikut adalah jenis kacang yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan.

  • Almond

Almond memiliki kandungan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Almond juga mengandung serat yang mampu membantu proses pencernaan makanan dan memastikan pergerakan usus yang sehat. Kandungan protein tinggi pada almond bagus untuk mengembangkan massa otot tanpa lemak. Sementara lemak tak jenuh tunggalnya mengurangi indeks massa tubuh.

  • Kacang Walnut

Pada setiap 100 gram kacang walnut mengandung sekitar 650 kalori yang membuatnya menjadi salah satu kacang terbaik yang bisa mengembalikan energi pada tubuh kamu. Selain itu kacang walnut juga mengandung protein dan ,lemak terutama lemak tak jenuh. Tidak hanya lemak tak jenuh, banyak kandungan vitamin yang terdapat dalam kacang walnut misalnya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, kalsium, zat besi, magnesium, mangan dan seng. Mengonsumsi kacang walnut ternyata bisa menghindari kita dari penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

  • Kacang Tanah

Banyak mitos yang mengatakan terlalu banyak mengonsumsi kacang tanah akan menyebabkan kamu memiliki banyak jerawat. Padahal, kacang tanah merupakan salah satu sumber nutrisi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kacang tanah mampu mengurangi gula darah pada tubuh. Selain itu, vitamin E dan B yang terkandung pada kacang tanah mampu mencegah risiko penuaan dini serta membuat kulit lebih bersinar dan lebih cerah.

  • Hazelnut

Hazelnut cukup sering dikonsumsi untuk camilan, bahkan diolah menjadi es krim dan juga sebagai tambahan untuk minuman. Hazelnut memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya karena dalam hazelnut terdapat kandungan antioksidan yang dikenal sebagai pelindung tubuh dari stres oksidatif. Selain itu, mengonsumsi hazelnut bisa membuat jantung kamu semakin sehat dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Kacang Mete

Biasanya kacang mete dijadikan camilan dalam bentuk kacang yang sudah dikeringkan. Kacang mete memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi serta beberapa mineral dan vitamin lainnya. Selain itu, kacang mete merupakan salah satu kacang yang menjadi sumber protein dan dapat membuat daya tahan tubuh kamu baik sepanjang hari. Selain itu, kacang mete dapat meningkatkan suasana hati kamu, karena karena mete merupakan salah satu sumber triptofan dan mampu menghasilkan serotonin yang bertanggung jawab untuk meningkatkan mood kamu.

Baca juga: 6 Dampak Kacang-kacangan untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Namun ingat, mengonsumsi makanan dalam porsi berlebihan tentu juga tidak baik untuk kesehatan. Jangan lupa tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk seputar masalah kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga, melalui App Store atau Google Play!