• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa yang Terjadi Setelah Melakukan Nasal Endoskopi?

Apa yang Terjadi Setelah Melakukan Nasal Endoskopi?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti rutin berolahraga atau lakukan pemeriksaan sejak dini terhadap tubuh. Menjaga kesehatan hidung, telinga, dan tenggorokan tidak kalah penting dengan bagian tubuh yang lain untuk menghindari gangguan kesehatan yang dapat menyerang.

Baca juga: Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Lakukan Nasal Endoskopi

Salah satu pemeriksaan yang umumnya dilakukan dengan nasal endoskopi. Nasal endoskopi adalah prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan pada hidung, telinga maupun tenggorokan. Nasal endoskopi atau rhinoskopi umumnya dilakukan oleh otolaringologi atau dokter THT.

Adakah Efek Samping dari Pemeriksaan Endoskopi?

Tidak ada salahnya mengetahui prosedur yang baik untuk menjalankan pemeriksaan nasal endoskopi. Nasal endoskopi dilakukan dengan bantuan alat menyerupai tabung tipis dan kaku. Alat ini memiliki kamera di ujungnya yang terhubung pada monitor. Bagian tubuh yang melalui proses pemeriksaan ini akan terlihat dan tergambar pada layar monitor. 

Sebelum alat ini dimasukan melalui salah satu sisi hidung, pasien diberikan anestesi atau cairan dekongestan topical. Perasaan tidak nyaman mungkin dirasakan oleh pasien pada saat pertama kali alat nasal endoskopi masuk melalui hidung. Setelah proses ini berjalan lancar, dokter THT akan mendorong alat lebih dalam untuk memeriksa kondisi rongga hidung.

Pemeriksaan endoskopi merupakan salah satu pemeriksaan THT yang terbilang aman dan tanpa risiko. Namun, setelah prosedur dilakukan tidak jarang pasien mengalami mimisan. Tidak ada salahnya rutin lakukan pemeriksaan setelah melakukan nasal endoskopi untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi.

Komplikasi yang biasanya muncul di antaranya mimisan, penurunan kesadaran, reaksi yang berkaitan dengan dekongestan. Risiko perdarahan akan kemungkinan terjadi jika sebelumnya pasien mengonsumsi obat pengencer darah.

Baca juga: Pergi ke Dokter THT, Begini Nasal Endoskopi Dilakukan

Kondisi yang Memerlukan Pemeriksaan Nasal Endoskopi

Banyak permasalahan telinga, hidung, dan tenggorokan yang kerap dirasakan dan diabaikan. Padahal, penyumbatan yang terjadi pada bagian hidung, mimisan, polip hidung, mimisan dan kehilangan indera penciuman perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan lokasi gangguan tersebut berada.

Segera periksakan kondisi THT ke rumah sakit terdekat ketika mengalami gangguan kesehatan agar bisa dilakukan pemeriksaan melalui nasal endoskopi. Gejala yang ditangani lebih awal memudahkan proses pengobatan sehingga pengobatan akan lebih mudah.

Jika kamu mengalami penyumbatan pada hidung, hidung mengeluarkan cairan berwarna hijau atau kuning, dan wajah mengalami rasa nyeri, sebaiknya jangan abaikan kondisi. Gejala tersebut dapat menjadi tanda dari rhinosinusitis. Kondisi rhinosinusitis dapat menjadi salah satu kondisi yang perlu dilakukan pemeriksaan dengan nasal endoskopi.

Baca juga: Kenali 3 Gangguan Hidung yang Bisa Ditangani Dokter THT

Ya, kondisi rhinosinusitis yang tidak segera diatasi bisa mengakibatkan komplikasi, seperti gangguan penglihatan dan juga infeksi pada tulang dan kulit. Tidak hanya itu, rhinosinusitis yang tidak segera diatasi dapat sebabkan peradangan pada selaput otak. Jadi, tidak ada salahnya segera lakukan pemeriksaan ketika alami gangguan pada telinga, hidung maupun tenggorokan.

Pemeriksaan melalui nasal endoskopi juga mampu mendeteksi sel-sel kanker pada bagian THT. Tidak hanya itu, nasal endoskopi dapat dilakukan untuk mengatasi kecelakaan kecil yang umum terjadi pada anak-anak, misalnya ketika anak memasukan benda asing pada lubang hidung. Nasal endoskopi dapat dilakukan untuk mengambil penyumbatan yang diakibatkan benda asing. Untuk itu, selalu jaga kesehatan telinga, hidung, maupun tenggorokan dan amati setiap ada gejala aneh yang terjadi.

Referensi:
Medscape. Diakses pada 2019. Nasal Endoscopy
Raleigh Capitol. Diakses apda 2019. What Happens During A Nasal Endoscopy
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2019. Nasal Endoscopy