• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 5)

Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 5)

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Orang-orang sering berpikir seledri dan air adalah formula yang tidak bisa ditawar untuk menurunkan berat badan, tetapi itu tidak benar. Tentu saja, bila ingin menurunkan berat badan, kamu perlu sayuran hijau, tetapi ada banyak makanan lain yang dapat bermanfaat untuk mengecilkan ukuran pinggang. 

Ada banyak cara menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, kebanyakan dari upaya tersebut akan membuat kamu tetap lapar, belum lagi pilihan makanan yang terbatas. Selengkapnya, berikut pilihan makanan yang disarankan untuk menurunkan berat badan!

Baca juga: Suka Lari? Perlu 5 Makanan Sehat Ini

Rekomendasi Makanan Sehat

Beberapa orang percaya bahwa sarapan adalah prosesi makanan terpenting dan dapat membantu menurunkan berat badan. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu supaya berat badan tetap stabil:

  1. Kol Parut

Makanan fermentasi, seperti asinan kubis, kefir, ataupun acar sayuran dapat sangat meningkatkan mikrobioma usus. sejatinya usus yang sehat dapat membuat pencernaan dan penyerapan makanan menjadi lebih baik yang dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Mie Shirataki

Campuran mie shirataki yang adalah edamame, mentimun, wortel, zukini, dan wijen membuat mie shirataki menjadi sajian lezat yang tidak secara signifikan memberikan penambahan berat badan. 

  1. Udang

Udang adalah jenis makanan laut lain yang rendah kalori dan tinggi protein dengan kurang dari 100 kalori dan 22 gram protein dalam porsi 4 onsnya. Kamu bisa mengolah udang dengan cara-cara kreatif seperti salad udang Udang yang ditambah dengan alpukat serta udang cincang campur telur. 

  1. Labu Parut

Daging bagian dalam labu bisa kamu serut ataupun parut, sehingga menyerupai mie panjang, kemudian kukus supaya lembut dan bisa dijadikan santapan berat. Untuk sajian yang lebih ringan, kamu bisa menggunakan labu parut sebagai bahan untuk minuman dingin. 

  1. Bayam

Sayuran hijau dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan. Salah satunya adalah bayam yang mengandung serat probiotik yang baik untuk meningkatkan metabolisme. Konsumsi bayam bisa dimakan mentah dalam sajian salad atau ditumis. 

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber serat dan berbagai vitamin dan mineral termasuk Vitamin C, zat besi, dan Vitamin B. Pada ubi jalar juga terdapat beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan mata. Tidak seperti kentang putih, porsi 80 gram ubi jalar diperhitungkan sebagai salah satu porsi sayuran harian. 

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Turunkan Berat Badan

  1. Air Lemon

Jika kamu mengganti semua kebutuhan minuman dengan air putih, maka secara langsung akan memangkas kalori. Tidak hanya itu, kamu juga membuat tubuh terhidrasi secara optimal tanpa tambahan bahan kimia dan gula. Minum segelas air sebelum makan juga membantu diri kenyang, sehingga konsumsi makanan lebih sedikit. 

  1. Gandum Utuh

Karbohidrat kompleks memberikan energi yang melepaskan secara lambat untuk membantu metabolisme tetap berjalan. Jenis makanan ini bisa kamu dapatkan dari gandum utuh alias quinoa. Selain meningkatkan metabolisme, quinoa juga mengandung serat yang meningkatkan kesehatan usus dan membantu membuat merasa lebih kenyang lebih lama.

  1. Salmon

Salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3, yang merupakan bentuk lemak yang menyehatkan jantung yang dapat meningkatkan metabolisme untuk menaikkan jumlah kalori tubuh yang bakar sepanjang hari. 

Selain memasok asam lemak omega-3 dosis tinggi, salmon juga sarat dengan nutrisi penting lainnya yang memainkan peran sentral dalam penurunan berat badan seperti protein.

  1. Timun Jepang

Timun Jepang adalah sayuran yang serba guna yang dapat diolah dalam banyak cara. Timun Jepang mengandung sedikit kalori (17 kalori per 100 gram) dan juga nutrisi penting termasuk kalium, vitamin C, dan serat. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai pola makan sehat untuk menurunkan berat badan, tanyakan langsung ke HalodocDokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa kapan dan di mana saja memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Prevention.com. Diakses pada 2019. 50 Best Foods for Weight Loss, According to Dietitians and Doctors.
Medical News Today. Diakses pada 2019. What are the best breakfasts for losing weight?