12 Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Juli 2023
12 Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami12 Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

“Rambut rontok perlahan-lahan dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan. Kabar baiknya, cara mengatasi rambut rontok bisa menggunakan bahan alami, seperti minyak zaitun, santan, lidah buaya, hingga yoghurt.”

Halodoc, Jakarta - Rambut rontok atau alopecia dapat memengaruhi kulit kepala dan seluruh tubuh. Sifatnya permanen atau sementara dan umumnya dialami oleh rambut di area kepala.

Rambut rontok adalah gangguan yang dipicu oleh keturunan, perubahan hormon, kondisi medis, atau bagian normal dari penuaan. Risiko masalah ini lebih rentan terjadi pada pria ketimbang wanita.

Jika bukan dipicu oleh penyakit, cara mengatasi rambut rontok dapat menggunakan beberapa bahan alami. Di antaranya lidah buaya, minyak zaitun, santan, yoghurt, bawang dan madu, alpukat, serta jambu biji. 

Lantas, bagaimana sih cara merawat rambut rontok secara alami?



Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Rambut rontok dapat terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dan bertambah parah seiring waktu. Di bawah ini adalah bahan alami yang dapat dipakai sebagai cara mengatasi rambut rontok:



1. Lidah buaya

Lidah buaya terkenal akan khasiatnya untuk menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Manfaat itu didukung oleh kandungan vitamin A, D, serta zat besi dan protein di dalamnya.

Caranya, oleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat sampai bersih. Lakukan cara ini setiap hari secara teratur untuk hasil yang maksimal.



2. Minyak zaitun

Cara merawat rambut rontok juga bisa memanfaatkan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.



3. Santan

Santan mengandung zink, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan fosfor yang membuat rambut lebih halus dan tidak mudah rontok. Caranya, oleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan sampo serta air bersih.



4. Yoghurt

Kandungan kalsium, vitamin D, kalium dan protein yang terdapat pada yoghurt dapat memberi nutrisi dan membantu menguatkan akar rambut. Caranya, oleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.



5. Bawang dan madu

Cara merawat rambut rontok juga bisa menggunakan bawang dan madu. Bawang mengandung tinggi sulfur yang efektif mengurangi kerontokan rambut. Caranya, campurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 2 jam. Lalu dibilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.



6. Alpukat

Alpukat adalah makanan sehat yang mengandung protein alami. Nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala. Caranya, hancurkan satu buah alpukat dan aplikasikan pada rambut serta kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.



7. Jambu biji

Untuk membuat masker jambu biji, kamu bisa menyiapkan satu buah jambu dan hancurkan dagingnya sampai bertekstur pasta. Tambahkan satu putih telur dan aplikasikan campuran itu pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 40 menit dan bilas hingga bersih.



8. Teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya, seduh 2 kantong teh hijau dalam secangkir air. Biarkan sampai dingin dan aplikasikan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Diamkan selama 60 menit dan bilas dengan air bersih.



9. Putih Telur

Selain bahan-bahan di atas, cara mengatasi rambut rontok juga bisa memanfaatkan telur.

Putih telur mengandung protein, kalsium, dan magnesium yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya, aplikasikan putih telur ke seluruh kulit kepala dan rambut. Diamkan 10 sampai 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Untuk mengetahui serba-serbi mengenai rambut rontok lainnya, kamu bisa mengunjungi halaman ini “Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui



10. Pisang

Pisang mengandung asam folat yang dapat mengatasi rambut rontok. Caranya, hancurkan satu buah pisang dan campurkan dengan minyak zaitun, madu, serta susu atau santan. Aplikasikan pada kulit kepala dan rambut, diamkan 15 sampai 30 menit. Lalu bilas dengan air bersih.



11. Daun buah bit

Daun buah bit mengandung vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, daun buah ini juga bertindak sebagai agen detoksifikasi dengan menjaga kebersihan kulit kepala.

Cara, rebus 7 sampai 8 lembar daun bit dan haluskan bersama 5 sampai 6 lembar daun henna sampai bertekstur pasta. Aplikasikan campuran ini di kulit kepala dan biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.



12. Akar licorice

Akar licorice juga bisa digunakan sebagai cara merawat rambut rontok. Bahan ini mengandung zat antiinflamasi yang efektif meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala. Caranya, campurkan 1 sendok makan akar licorice bubuk, ¼ sendok teh kunyit, dan 1 cangkir susu. Oleskan campuran itu ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan semalaman dan bilas pada pagi hari.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami di atas?



Tips Mengurangi Rambut Rontok

Selain dengan mengikuti cara merawat rambut rontok di atas, kamu juga perlu melakukan beberapa langkah agar rambut tidak semakin rontok, yaitu:

  • Jangan mengikat rambut terlalu kencang.
  • Hentikan kebiasaan menarik dan memelintir rambut.
  • Jangan menggosok rambut terlalu kencang saat keramas.
  • Jangan menggaruk kulit kepala menggunakan kuku.
  • Gunakan sisir bergigi jarang.
  • Mengonsumsi makanan sehat tinggi protein, seperti ikan, telur, kacang-kacangan, susu, ubi, bayam, dan brokoli.

Lihat artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang tips mengurangi rambut rontok 5 Cara Alami agar Rambut Tidak Mudah Rontok



Apa Penyebab Rambut Rontok Terus Menerus?

Ada beberapa pemicu rambut rontok yang perlu kamu waspadai, contohnya: 



1. Kurang asupan gizi

Asupan gizi yang kurang baik menyebabkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh, sehingga rambut lebih mudah rontok. Risikonya lebih tinggi dialami oleh orang yang menjalani diet ketat.



2. Perubahan hormon

Perubahan hormonal yang disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menopause, dan gangguan tiroid bisa menyebabkan kerontokan rambut.



3. Efek samping obat-obatan

Ada berbagai obat yang dapat meningkatkan risiko rambut rontok. Contohnya obat-obatan untuk menangani depresi, gangguan jantung, dan tekanan darah tinggi.



4. Pengaruh psikologis

Kondisi psikologis, seperti stres, depresi, atau tekanan fisik yang berat, misalnya setelah menjalani operasi besar atau sehabis melahirkan akan menyebabkan rambut rontok.



5. Gonta-ganti produk sampo

Sering berganti sampo bisa membuat rambut mudah rontok dan terlihat semakin menipis. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai bahan kimia yang terkandung di dalam sampo dan terserap ke dalam rambut.



6. Kurang darah atau anemia

Anemia membuat pengidapnya kekurangan zat besi. Nutrisi ini punya peranan penting dalam memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin ini yang bertugas mengantar oksigen untuk merangsang pertumbuhan rambut.



7. Menjalani kemoterapi

Alasannya, kemoterapi menargetkan sel-sel yang membelah dengan cepat. Dalam hal ini, sel di kulit kepala yang menjadi salah satu targetnya. Karena proses tersebut seseorang yang menjalani prosedur medis ini cenderung mengalami rambut rontok berkepanjangan. 

Cari tahu pemicu rambut rontok lainnya dengan klik artikel ini “Ini 8 Alasan Rambut Tak Berhenti Rontok”.

Jika membutuhkan informasi lain mengenai cara merawat rambut rontok atau seputar kesehatan lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Alasan Kebotakan Pria Dimulai dari Atas Kepala



Referensi:
Journal of Chemical and Pharmaceutical Research. Diakses pada 2023. Aloe vera: A Potential Herb and its Medicinal Importance.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Hair Loss.
Reader Digest Canada. Diakses pada 2023. 11 Natural Remedies to Treat Hair Loss You Should Try.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. HAIR LOSS: WHO GETS AND CAUSES.





Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan