13 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 Mei 2023
13 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung13 Buah yang Berkhasiat untuk Pengidap Penyakit Jantung

“Penyakit jantung memicu penurunan fungsi organ jantung. Beberapa jenis buah-buahan untuk meningkatkan kesehatan organ itu, yakni alpukat, mengkudu, aprikot, dan pepaya.”

Halodoc, Jakarta - Penyakit jantung adalah gangguan ketika organ tidak mampu bekerja sebagaimana fungsinya. Masalahnya dapat berupa kendala pada katup, otot, maupun pembuluh darah.

Berbagai macam gangguan itu bisa disebabkan oleh kelainan saat lahir, infeksi, maupun pola hidup tak sehat seiring dengan bertambahnya usia. Jumlah pengidapnya semakin meningkatkan setiap tahun.

Nah, kabar baiknya ada berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan ini. Salah satunya melalui asupan makanan sehat, seperti buah-buahan. Lantas, apa saja sih buah-buahan yang baik untuk pengidap jantung? 


Pilihan Buah untuk Pengidap Penyakit Jantung

Kamu membutuhkan banyak nutrisi yang guna menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini bisa diperoleh dari buah-buahan. Beberapa jenisnya, antara lain:


1. Alpukat

Alpukat adalah makanan sehat yang kaya lemak tak jenuh tunggal. Kandungan tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh bisa memicu sederet masalah pada jantung.

Selain lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga mengandung kalium, yakni nutrisi penting yang dibutuhkan jantung. Nutrisi ini bermanfaat menurunkan tekanan darah dan meminimalisir risiko stroke.


2. Mengkudu

Mengkudu termasuk jenis buah-buahan yang aman bagi pengidap sakit jantung. Cara kerjanya dengan menjaga tekanan darah tetap stabil. Kondisi ini tak hanya meningkatkan kesehatan jantung, tapi juga meminimalisir stroke.

Mengkudu juga mengandung xeronin, vitamin, dan mineral penting yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Selain itu, mengkudu juga kaya antioksidan. Nutrisi tersebut membantu melebarkan saluran pembuluh sempit. Jadi, jantung tak perlu bekerja keras dalam memompa darah.


3. Aprikot

Aprikot mengandung vitamin A, C, E, dan K, serta kaya kalium, serat, dan karotenoid. Semua nutrisi tersebut berkontribusi meningkatkan fungsi jantung. Salah satu manfaatnya, yakni melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas.


4. Anggur

Anggur mengandung antioksidan penting, yakni polifenol dan resveratrol. Dalam meningkatkan kesehatan jantung, keduanya berperan dalam mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.


5.Tomat

Tomat merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung tinggi kalium dan senyawa antioksidan bernama likopen. Nutrisi tersebut efektif menghilangkan lemak jahat, mengurangi risiko serangan jantung, dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.


6. Keluarga berries

Stroberi, bluberi, atau raspberry, memainkan peran penting dalam kesehatan jantung. Di dalamnya mengandung tinggi antioksidan bernama anthocyanin. Nutrisi tersebut mampu melindungi jantung dari stres oksidatif dan peradangan.

Manfaat ini tercatat dalam jurnal Dietary Strawberries Improve Cardiometabolic Risks in Adults with Obesity and Elevated Serum LDL Cholesterol in a Randomized Controlled Crossover Trial, yang dipublikasikan pada Nutrients Journal.

Jurnal tersebut menyebutkan, kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik jika mengonsumsi 2.5 porsi stroberi dalam jangka waktu 4 minggu. Hasilnya, secara signifikan mampu meningkatkan resistensi insulin dan menurunkan kadar kolesterol jahat.


7. Buah manggis

Kulit manggis (bukan dagingnya) memiliki manfaat yang baik bagi jantung. Di dalamnya mengandung zat xanthones. Antioksidan super itu mampu mengurangi penumpukan lemak dan melebarkan pembuluh darah.


8. Pisang

Buah-buahan lain yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, yakni pisang. Di dalamnya mengandung kalium yang efektif menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, risiko hipertensi yang menjadi penyebab sakit jantung bisa diminimalisir.


9. Pepaya

Pepaya merupakan salah satu buah-buahan yang baik untuk pengidap jantung. Buah ini mengandung antioksidan tinggi dari berbagai vitamin, seperti vitamin A, C, dan E. Nutrisi baik tersebut dapat mencegah oksidasi kolesterol yang berpotensi menyumbat pembuluh darah jantung.


10. Buah bit

Buah bit termasuk ke dalam golongan umbi-umbian. Warna ungunya berasal dari senyawa nitrit. Rutin mengonsumsi buah ini bisa memperbesar ukuran pembuluh darah dan melancarkan alirannya. Dengan begitu, risiko kekakuan arteri jantung bisa diminimalisir.


11. Apel

Di dalam apel mengandung quercetin dan pektin yang baik untuk jantung. Keduanya berperan dalam mengurangi kolesterol jahat dan berpotensi merusak kesehatan pembuluh darah.


12. Jeruk

Buah-buahan yang baik untuk pengidap jantung lainnya adalah jeruk. Jeruk mampu mengurangi risiko serangan jantung. Di dalamnya mengandung tinggi air dan serat pektin yang mampu melawan eksistensi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, potasium di dalamnya dapat membantu mengontrol tekanan darah.


13. Delima

Delima atau pomegranate adalah jenis buah-buahan terakhir yang mampu meningkatkan kesehatan jantung. Di dalamnya mengandung tinggi antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh penyebab sakit jantung dan stroke.

Klik artikel ini untuk mengetahui jenis makanan lain untuk meningkatkan kesehatan jantung: Kenali 5 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung.


Buah Paling Sehat untuk Penuhi Asupan Gizi Harian

Beberapa jenis buah-buahan yang dapat memenuhi asupan gizi harian, antara lain:


1. Apel

Apel mengandung tinggi serat yang bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Di dalamnya juga rendah kalori, sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap sakit jantung maupun stroke.

Manfaat lainnya, yakni membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, menjaga fungsi normal jantung, dan mencegah demensia. Kegunaan tersebut terjadi berkat kandungan senyawa berupa flavonoid.

Kandungan flavonoid juga bantu cegah penyakit demensia yang kerap kali menyerang orang yang lanjut usia.


2. Nanas

Nanas mengandung zat antiradang yang dapat menurunkan risiko infeksi. Di dalamnya juga terdapat enzim bromelain yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka.


3. Mangga

Mangga merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung tinggi beta-karoten, yakni zat pembentuk vitamin A. Di dalamnya juga terdapat vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem imun tubuh. Dengan begitu, kamu tidak rentan terkena infeksi dan penyakit berbahaya.


4. Jambu biji

Jambu biji mengandung polisakarida sulfat, flavonoid, quercetin, dan chalcone. Kandungan tersebut mampu merangsang peningkatan trombosit yang dapat mempercepat penyembuhan demam berdarah. Di dalamnya juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.


5. Pisang

Pisang merupakan sumber karbohidrat dan serat. Buah ini bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Selain itu, mineral berupa kalium efektif menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini bekerja dengan membantu mengeluarkan kadar garam berlebihan dalam tubuh melalui urine.

Klik artikel ini untuk mengetahui manfaat buah campolay untuk kesehatan tubuh: Serba-serbi Buah Campolay dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

Nah, itulah buah-buahan yang baik untuk pengidap penyakit jantung dan kesehatan tubuh. Bagaimana, tertarik untuk mengonsumsinya?

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, diskusikan saja dengan dokter tepercaya ✔️ di Halodoc. Dapatkan jawaban dan saran kesehatan yang tepat dari ahlinya melalui fitur chat dengan dokter. Yuk, gunakan sekarang aplikasinya!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 12 Heart-Healthy Foods to Work into Your Diet.
Healthline. Diakses pada 2023. 15 Incredibly Heart-Healthy Foods.
Nutrients Journal. Diakses pada 2023. Dietary Strawberries Improve Cardiometabolic Risks in Adults with Obesity and Elevated Serum LDL Cholesterol in a Randomized Controlled Crossover Trial.




Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan