• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Munculnya Bisul di Ketiak

4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Munculnya Bisul di Ketiak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Pada beberapa orang, bisul bukan hanya muncul di bagian tubuh saja, tetapi juga dapat muncul pada lipatan ketiak. Meski bukan kondisi yang berbahaya karena dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi rasa nyeri yang dialami dapat bertambah parah. Apalagi jika kamu melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan tangan. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal. Lantas, apa saja yang menjadi penyebab bisul di ketiak? Ketahui selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Benarkah Kista Pilonidal Bisa Berkembang Menjadi Bisul?

Hal-Hal yang Menjadi Penyebab Bisul di Ketiak

Sama seperti jerawat, bisul disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut atau kelenjar minyak pada kulit. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus, yang menumpuk di folikel rambut, dalam bentuk nanah dan sel kulit mati. Lama-kelamaan, penumpukan nanah dan sel kulit mati tersebut membengkak dan berubah warna menjadi kemerahan. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab bisul di ketiak:

1.Terganggunya Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh akan lebih sulit melawan infeksi bakteri jika sistem kekebalannya sedang menurun. Oleh karena itu, bisul di ketiak rentan terjadi pada pengidap kanker, diabetes melitus, atau alergi.

2.Sering Mencukur Rambut Ketiak

Ketiak merupakan daerah lipatan, di mana sel kulit mati dapat menumpuk jika tidak dibersihkan setiap hari. Jika kamu sering mencukur, aktivitas tersebut dapat memicu munculnya luka terbuka pada kulit, sehingga bakteri lebih mudah masuk ke bawah permukaan kulit yang menyebabkan infeksi.

3.Sering Berkeringat Berlebih

Ada beberapa orang yang kulitnya sering mengeluarkan keringat. Orang dengan karakteristik tersebut lebih rentan mengidap bisul di ketiak. Penyebab bisul di ketiak yang satu ini bisa diatasi, bahkan dihindari dengan selalu membersihkan diri setelah melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat.

4.Tidak Menjaga Kebersihan Ketiak dengan Baik

Seperti pada penjelasan-penjelasan sebelumnya, tidak menjaga kebersihan ketiak dengan baik menjadi penyebab bisul di ketiak yang utama. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membersihkan area ketiak secara teratur untuk mencegah penumpukan sel kulit mati.

Selain beberapa penyebab bisul di ketiak yang telah disebutkan, kamu juga disarankan untuk memenuhi asupan gizi dan nutrisi tubuh. Pasalnya, kerusakan kulit bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya bisul di ketiak. Logikanya begini, jika kamu tidak memenuhi asupan yang baik untuk tubuh, sistem kekebalan di dalamnya bisa saja terganggu. Nah, hal tersebut membuat bakteri penyebab bisul di ketiak lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menyebabkan Munculnya Bisul

Jika Sudah Terkena, Begini Mengatasinya

Munculnya bisul di ketiak akan membuat pengidapnya tidak tahan untuk memecahkannya. Hal yang perlu diketahui adalah, memencet bisul tidak dapat meredakan, justru membuat bakteri masuk lebih dalam ke bawah lapisan kulit. Jika dibiarkan, bisul dapat sembuh dengan sendirinya dalam 2 minggu. Jika tidak sabar dengan rasa sakitnya, silahkan lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Jangan mencukur rambut ketiak. Jika risih dengan adanya rambut di ketiak, kamu bisa melakukan prosedur waxing di salon kecantikan.
  • Kompres air hangat. Lakukan langkah ini selama 20 menit, sebanyak 3–4 kali sehari.
  • Bersihkan bisul menggunakan sabun antibakteri.

Baca juga: Terlalu Banyak Makan Telur Sebabkan Bisul, Mitos atau Fakta?

Jika sudah melakukan beberapa langkah tersebut, tetapi bisul tidak kunjung membaik, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya. Apalagi jika sejumlah gejala bisul disertai dengan demam serta pembengkakan kelenjar getah bening di area sekitar ketiak. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Why Do I Get Boils Under My Arm?
Better Health. Diakses pada 2020. Boils.
Medicine Net. Diakses pada 2020. Boils (Skin Abscesses).