• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Urat

6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Makanan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Urat

Halodoc, Jakarta - Ketika menyerang seseorang, penyakit asam urat dapat membuat aktivitas pengidapnya terhambat, akibat rasa rasa sakit di sekitar sendi. Penyakit asam urat adalah kondisi ketika kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal. 

Pada kondisi normal, asam urat akan larut dan dikeluarkan tubuh melalui urine. Namun, pada pengidap asam urat, zat tersebut menumpuk dan menyebabkan peradangan pada sendi. Kemudian, tumpukan asam urat tersebut membentuk kristal tajam, yang menjadi pemicu rasa nyeri dan pembengkakan.

Lalu, bagaimana penyakit asam urat bisa terjadi dan menimbulkan gejala? Salah satu hal yang menjadi pemicunya, yaitu pola makan yang salah. Pengidap asam urat harus menghindari atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi, jika tidak ingin gejalanya kambuh. 

Baca juga: Ini Batas Kadar Asam Urat yang Normal Bagi Pria

Kandungan purin dalam makanan sangat berperan memicu kelebihan dan penumpukan asam urat dalam tubuh. Asam urat terbentuk ketika tubuh memecah purin yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Hasil pemecahan purin dari makanan itu akan bertemu dengan zat purin yang dihasilkan secara alami oleh tubuh, sehingga kadar asam urat menjadi meningkat.

Oleh karena itu, pengidap asam urat perlu menghindari atau setidaknya membatasi masuknya makanan dengan kandungan tinggi purin ke dalam tubuh. Contoh jenis makanan tinggi purin yang dimaksud adalah jeroan, daging merah, makanan laut, serta makanan dan minuman manis.

Berbagai makanan tersebut sebenarnya masih boleh dikonsumsi, asal dalam jumlah sedikit. 

Makanan yang Dianjurkan untuk Pengidap Asam Urat

Bagaimana dengan makanan untuk pengidap asam urat yang baik dikonsumsi? Nah, berikut ulasan selengkapnya.

1. Sayur-sayuran

Dalam menu harian, mengonsumsi sayur-sayuran sangat disarankan. Hal ini karena sayur-sayuran memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, bagi pengidap asam urat, mengonsumsi sayur-sayuran masih dibolehkan, hanya saja perlu cermat memilih sayuran yang tepat. Pilihlah jenis sayuran yang memiliki kandungan purin rendah.

Baca juga: Waspadai Bahaya Asam Urat Jika Tidak Diobati

Jenis sayuran dengan kandungan purin rendah yang aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat adalah kol merah, paprika, wortel, kale, mentimun, selada, dan kentang.

Selain itu, perlu diingat juga untuk memastikan sayur-sayuran yang akan dikonsumsi diolah dengan baik, sehingga nilai gizi di dalamnya yang bermanfaat bagi tubuh tidak hilang.

Bagi kamu yang mau tahu lebih banyak mengenai makanan untuk pengidap asam urat jenis sayuran, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

2. Buah-buahan

Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga menjadi makanan untuk pengidap asam urat yang baik untuk dikonsumsi. Jenis buah yang disarankan adalah buah yang mengandung tinggi vitamin C, seperti jeruk, kiwi, ceri, lemon, dan tomat.

Buah-buahan tinggi vitamin C itu bisa bantu kurangi kadar asam urat dalam tubuh, dengan cara menghancurkan asam urat dan mengeluarkannya bersama urine.

Namun, tak hanya buah tinggi vitamin C, jenis buah lain yang juga disarankan bagi pengidap asam urat adalah pisang, pir, apel, dan anggur. Buah-buahan tersebut tidak hanya kaya serat, tetapi juga mengandung purin yang rendah.

3. Teh Hijau

Teh hijau terbilang ampuh untuk menurunkan kadar asam urat. Mau bukti? Ada studi US National Library of Medicine - National Institutes of Health, mengenai khasiat teh hijau terhadap kadar asam urat tubuh.

Studi ini mengatakan teh hijau kaya akan antioksidan bernama katekin. Nah, senyawa ini yang mampu menghambat produksi asam urat dalam tubuh. Di samping itu, teh hijau juga bisa mengeluarkan kristal asam urat dan meluruhkan batu dalam ginjal.

Baca juga: 5 Fakta Mengenai Asam Urat

4. Yoghurt

Selain tiga hal di atas, makanan untuk pengidap asam urat lainnya adalah produk olahan susu seperti yoghurt. Selain aman untuk pengidap penyakit asam urat, yoghurt rendah lemak juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit asam urat.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon juga masuk ke dalam makanan yang bisa menurunkan asam urat dalam tubuh. Ingat, ikat salmon bukan ikan lainnya. Beberapa ikan cenderung mengandung tinggi purin. Lain lagi ceritanya dengan ikan salmon.

Kandungan omega-3 dalam salmon mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Menariknya lagi, jenis ikan rendah asam lemak jenuh, seperti salmon bisa menurunkan asam urat maupun kolesterol dalam tubuh.

6. Karbohidrat Kompleks

Alih-alih nasi putih, ganti makanan pokok harianmu menjadi sumber karbohidrat kompleks. Sebab, mengonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks mencegah kekambuhan asam urat, karena meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urine.

Makanan sumber karbohidrat kompleks juga biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Jenis-jenis makanan sumber karbohidrat kompleks yang baik dan aman dikonsumsi oleh pengidap asam urat adalah kentang, jagung, beras merah, dan ubi. 

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba makanan makanan untuk pengidap asam urat di atas? Hati-hati, bila penyakit asam urat tidak kunjung membaik, atau gejalanya semakin parah, segera periksakan diri ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.



Referensi:

US National Library of Medicine - National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Effects of Green Tea Extract on Serum Uric Acid and Urate Clearance in Healthy Individuals.
Healthline. Diakses pada 2019. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Gout diet: What's allowed, what's not.