• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Menyiasati Makanan Sehat Tetap Enak dan Menggoda

4 Tips Menyiasati Makanan Sehat Tetap Enak dan Menggoda

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Makanan sehat sering dianggap tidak enak, sehingga banyak orang yang enggan mengonsumsinya. Padahal, mengonsumsi makanan sehat sangat dianjurkan dan memiliki banyak manfaat. Rutin mengonsumsi jenis makanan ini bisa menjaga tubuh tetap bugar dan terlindung dari risiko penyakit kronis. 

Sebenarnya, bukan tidak enak. Salah satu penyebab banyak orang tidak menyukai makanan sehat adalah faktor “kebiasaan”. Makanan yang memiliki banyak rasa serta bumbu tambahan- yang kebanyakan bersifat tidak sehat yang cenderung lebih sering dikonsumsi dan terasa familiar di lidah. Hal itu yang kemudian membuat lidah mendeteksi makanan sehat sebagai rasa yang asing, bahkan tidak enak. 

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Agar Makanan Sehat Terasa Lebih Enak  

Tak dapat dimungkiri, faktor kebiasaan menjadi hal yang sangat berpengaruh. Namun jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar makanan sehat tetap terasa enak dan menggoda untuk dikonsumsi. Mengonsumsi makanan sehat sebenarnya tidak harus dibatasi pada satu atau beberapa jenis makanan saja. 

Jika rasa satu makanan tidak cocok, kamu bisa mencoba konsumsi jenis makanan sehat lainnya. Semakin banyak jenis makanan yang dikonsumsi malah bisa memberi asupan nutrisi yang berbeda-beda. Hal itu bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh. Ada berbagai cara untuk menyiasati makanan sehat, di antaranya: 

1. Lakukan Perlahan 

Salah satu penghalang lidah untuk menikmati makanan sehat adalah rasa dari makanan yang biasa dikonsumsi. Mengubah pola makan secara drastis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Maka dari itu, cobalah untuk melakukannya secara perlahan. Mulai kurangi asupan “makanan tidak sehat” yang biasa dikonsumsi dan ganti dengan asupan makanan sehat. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengurangi porsi atau intensitas konsumsi makanan tertentu. 

Baca juga: 5 Buah-buahan untuk Redakan Kolesterol Tinggi

2. Campurkan dengan Makanan Lain 

Tips lain yang bisa dilakukan adalah mencampur makanan sehat dengan jenis makanan lain, misalnya hidangan favorit. Jika kamu merasa konsumsi sayuran hijau tidak enak atau hambar, coba campurkan dengan saus kacang untuk meningkatkan rasanya. Cara memasak makanan sehat juga bisa membantu membuat asupan ini terasa lebih nikmat. Daripada direbus, kamu bisa mencoba membuat tumis atau cah sayur. Cabai dan bawang bisa membuat sayur terasa lebih gurih dan nikmat.

3. Pilih Warna 

Meningkatkan selera makanan juga bisa membuat konsumsi makanan sehat menjadi lebih menyenangkan. Cobalah untuk memilih sayuran dan makanan sehat yang memiliki warna-warna cerah, seperti wortel, kacang merah, dan tomat. Siapa yang tidak akan tergoda dengan penampilan makanan sehat yang cantik ini? 

4. Bahan yang Berkualitas

Tak dapat dimungkiri, bahan makanan yang segar dan berkualitas akan menghasilkan cita rasa yang lebih nikmat. Maka dari itu, agar makan sehat terasa lebih menyenangkan, pastikan untuk memilih bahan makanan yang terbaik. Bahan makanan yang segar mungkin akan sedikit lebih mahal, tetapi hal itu berbanding lurus dengan manfaat sehat yang bisa didapatkan. Biar tubuh tetap bugar, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat dan vitamin, seperti sayuran hijau dan buah-buahan segar. 

Baca juga: 4 Makanan Sehat sebelum Berolahraga Pagi

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi 
Eating Well. DIakses pada 2019. Retrain your cravings: 5 ways to learn to love healthier foods.  
Women’s Health. DIakses pada 2019. 6 Tricks for Training Your Taste Buds to Crave Healthy Foods.