6 Cara Mencegah Batu Ginjal

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Juni 2021
6 Cara Mencegah Batu Ginjal6 Cara Mencegah Batu Ginjal

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara mudah menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari. Ini dilakukan supaya organ tubuh bekerja maksimal. Rutin minum air putih dapat membantu mencegah penyakit ginjal yang biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. 

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis adalah penyakit yang umumnya menyerang orang berusia 30 hingga 60 tahun. Kondisi ini menyebabkan munculnya material keras seperti batu di dalam ginjal. Material yang terbentuk ini pun sebetulnya merupakan zat-zat limbah dari dalam darah yang disaring oleh ginjal, kemudian mengendap dan membentuk kristal. Bagaimana cara mencegah batu ginjal?

Minum Air Putih sampai Konsumsi Makanan Berkalsium

Tadi sudah disebutkan bahwa batu ginjal terbentuk karena adanya pengendapan zat limbah di dalam ginjal. Pengendapan zat limbah ini bisa terbentuk menyerupai kristal-kristal sangat kecil yang bisa keluar melalui saluran kencing.

Namun, saat ukuran kristal tersebut semakin besar, ini akan menjadi bahaya. Karena ukurannya yang besar tersebut membuat dinding ureter mengalami iritasi. Sehingga saat buang air kecil  biasanya akan disertai darah dan rasa nyeri yang hebat pada bagian pinggang, perut bagian samping dan bawah, bahkan disertai rasa mual.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Ketika Muncul Batu Ginjal

Kondisi lain yang menjadi tanda adanya batu ginjal adalah urine yang tampak keruh dengan aroma tidak sedap, demam tinggi, badan lemas, dan menggigil. Jika sampai mengalami gejala seperti ini, ada baiknya kamu untuk memeriksakannya ke dokter. Namun, jika gejalanya masih ringan, kamu dapat mengikuti beberapa cara mengatasi batu ginjal berikut:

1. Minum Air

Minum air dalam jumlah yang banyak atau sesuai anjuran dokter akan mampu meluruhkan batu ginjal. Jumlah yang disarankan adalah 2,8 liter per hari. Untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan cairan tubuh, kamu bisa memastikan bahwa urine yang kamu keluarkan berwarna jernih dan tidak kuning.

Baca juga: Awas, Batu Ginjal Bisa Sebabkan 7 Komplikasi Ini

2.  Konsumsi Makanan Berserat

Serat makanan mengandung asam fitat yang mampu mengurangi kristalisasi garam kalsium, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal. Masukkan makanan berserat seperti jagung, apel, pepaya, dan beragam sayuran hijau lainnya dalam menu makananmu sehari-hari, maka batu ginjalmu akan berkurang.

3.  Mengurangi Asupan Garam dan Protein

Garam dan makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging akan meningkatkan kandungan kalsium dalam urine. Sementara itu, protein juga penyebab meningkatnya oksalat, kalsium, dan asam urat dalam urine.

4. Jus Lemon

Tidak hanya kaya kandungan air, asam sitrat dalam jus lemon juga ampuh untuk memecah batu ginjal. Dengan terpecahnya batu ginjal ini, maka ia akan lebih mudah dikeluarkan melalui urine. Asupan jus lemon yang disarankan adalah 1/2 cangkir per hari.

Baca juga: Kurang Minum Air Bisa Sebabkan Batu Ginjal

5. Cuka Apel

Tidak hanya berasal dari lemon, asam sitrat juga dapat kamu dapatkan melalui cuka apel. Cuka apel diyakini mampu meningkatkan asam pada lambung, sehingga mencegah pembentukan batu baru. Namun, jumlah cuka apel juga tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi. 

6. Konsumsi Makanan Berkalsium

Susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, makanan laut, serta kacang-kacangan adalah jenis makanan yang mengandung kalsium. Makanan berkalsium dapat mencegah terjadinya batu ginjal. Apabila diperlukan, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen kalsium. Tanyakan kepada dokter sebelum mengambil suplemen kalsium, karena ini malah bisa meningkatkan risiko batu ginjal.  

Itulah informasi mengenai pencegahan batu ginjal. Butuh informasi lebih jelas mengenai menjaga kesehatan ginjal, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kalau mau buat janji cek kesehatan dengan dokter di rumah sakit pilihan juga bisa dilakukan lewat Halodoc.


Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Kidney Stones.

Healthline. Diakses pada 2021. Kidney Stones.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan