5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sebabkan Bruntusan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Februari 2023

“Bruntusan adalah salah satu gangguan pada wajah yang ternyata dapat disebabkan oleh beberapa kebiasaan. Maka dari itu, perlu tahu kebiasaan tersebut agar tidak mengulanginya lagi.”

5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sebabkan Bruntusan5 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Sebabkan Bruntusan

Halodoc, Jakarta – Bruntusan termasuk masalah yang dapat mengganggu penampilan seseorang. Kondisi ini ditandai dengan wajah yang kemerahan disertai kulit yang menjadi kasar. Ternyata, ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat seseorang mengalami masalah pada wajah ini. Berikut ulasan lengkapnya!

Kebiasaan Penyebab Bruntusan

Beberapa kebiasaan yang perlu dihindari agar wajah tidak mengalami bruntusan, yaitu:

1. Mencuci wajah terlalu sering

Beberapa orang yang kerap berkegiatan di luar rumah merasa perlu lebih sering mencuci muka. Tujuannya untuk menghilangkan penumpukan bakteri atau debu yang menempel di wajah.

Namun, saat terlalu sering mencuci wajah, minyak pelindung alami pada wajah akan berkurang, serta mendorong lebih banyak produksi minyak sebagai responnya.

Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit sensitif, bahkan lebih rentan menyebabkan jerawat tumbuh lebih banyak.

Maka dari itu, sebaiknya cuci wajah hanya dua kali sehari pada pagi dan malam. Dengan begitu, wajah tidak mudah terkena bruntusan yang mengganggu penampilan.

2. Menggosok wajah terlalu keras

Beberapa orang ingin mendapatkan wajah yang benar-benar bersih, sehingga berusaha menggosok kulit dengan lebih keras.

Padahal, cara ini dapat merusak lapisan atas kulit, sehingga penumpukan minyak bisa terjadi sebagai respons terhadap iritasi.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, jerawat yang terjadi semakin buruk dan rentan menyebabkan bruntusan.

Cara penerapan untuk membersihkan wajah yang benar adalah dengan mengoleskan pembersih jerawat ke tangan, lalu gunakan ujung jari untuk menggosok dengan lembut.

3. Membiarkan ponsel kotor

Layar ponsel rentan menempel kotoran, minyak, hingga keringat saat digunakan untuk menelpon.

Jika tidak rutin dibersihkan, saat kamu menempelkan layar ponsel ke wajah berikutnya, tingkat risiko untuk mengalami pertumbuhan bakteri pada wajah meningkat.

Maka dari itu, pastikan untuk rutin membersihkan layar ponsel setelah dipakai. Jika perlu gunakan earphone agar layar tidak menempel ke wajah.

Selain itu, tekanan dari memegang ponsel di pipi juga dapat menyebabkan iritasi pada wajah.

4. Menggunakan handuk kotor

Handuk rentan lembap dan dapat menjadi tempat kotoran menempel. Jika terus digunakan setiap hari tanpa dicuci setelah beberapa hari, tentu kotoran tersebut dapat menempel ke wajah.

Terlebih lagi jika kamu menggosok handuk tersebut hingga kering, bakteri dan kotoran bisa kembali ke tubuh. Cara paling baik untuk menggunakannya adalah dengan menepuk-nepuk kulit, terutama pada wajah.

5. Kebiasaan memencet jerawat

Beberapa orang merasakan keinginan kuat untuk memencet jerawat, sehingga cairan yang ada di dalamnya bisa keluar. Padahal, tindakan ini dapat memaksa minyak dan kotoran masuk ke pori-pori lebih dalam, sehingga bruntusan jadi lebih parah.

Untuk mengatasi jerawat yang tumbuh dengan benar, sebaiknya dilakukan oleh profesional saja. Dengan begitu, tindakan penanganan yang tepat bisa dilakukan, disertai dengan pemberian obat agar peradangan berkurang.

Sekarang kamu tahu beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan bruntusan. Jika kamu memiliki salah satu kebiasaan yang disebutkan, sebaiknya berhenti melakukannya agar wajah mulus bisa didapatkan.

Jika kamu memiliki pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan bruntusan, ahli medis dari Halodoc bisa membantu kapan dan di mana saja melalui fitur tanya dokter dan janji rumah sakit.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan segala kemudahan dalam akses kesehatan.

Tunggu apa lagi? Ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
West Lake Dermatology. Diakses pada 2023. 12 Daily Habits That are Making Your Acne Worse.
Web MD. Diakses pada 2023. 8 Ways You May Be Making Your Acne Worse.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan