• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pekerjaan Rumah Ini Setara dengan Olahraga Ringan

5 Pekerjaan Rumah Ini Setara dengan Olahraga Ringan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Kamu pasti pusing kan ketika pulang ke rumah dan melihat keadaannya seperti kapal pecah? Berarti, itu saatnya kamu harus melakukan pekerjaan rumah agar semuanya kembali tertata rapi dan bersih. Dengan merapikan dan membersihkan semua barang akan membuatnya sedap dipandang dan menjadi lebih betah di rumah.

Namun, tahukah kamu pekerjaan rumah yang kamu lakukan juga termasuk olahraga ringan? Saat kamu menyapu atau mengepel rumah, kalori yang berada di dalam tubuh juga akan terbakar. Maka dari itu, jika ingin menurunkan berat badan sekaligus membuat rumah menjadi bersih, lakukanlah pekerjaan rumah. Berikut bahasan lengkapnya!

Baca juga: Jadi Bapak Rumah Tangga? Kenapa Tidak

Pekerjaan Rumah yang Setara dengan Olahraga

Pekerjaan rumah adalah suatu hal yang harus dilakukan rutin, paling tidak satu minggu sekali agar rumah tetap bersih. Selain itu, kamu juga akan merasakan efek samping yang positif ketika melakukan hal tersebut secara rutin. Salah satunya adalah membakar kalori sama seperti berolahraga ringan.

Kamu tidak perlu menghabiskan waktu di luar rumah untuk joging hanya agar lemak terbakar. Dengan membersihkan semua yang terlihat kotor di rumah, hampir sama dengan berlari mengitari komplek sekitar. Maka dari itu, kamu harus tahu berapa banyak kalori yang terbakar setelah melakukan pekerjaan rumah.

  1. Membersihkan Rumah dengan Vacuum Cleaner

Salah satu pekerjaan rumah yang membakar kalori sama seperti olahraga ringan adalah membersihkan rumah dengan menggunakan vacuum cleaner. Dengan membersihkan debu yang di rumah, aktivitas ini sama dengan hiking atau menggunakan mesin dayung di gym. Ternyata, pekerjaan rumah ini dapat meregangkan otot-otot yang membuatnya menjadi lebih sehat.

  1. Mencuci Piring

Pekerjaan rumah lainnya yang dapat kamu lakukan dan setara berolahraga adalah mencuci piring. Kamu pasti setiap hari membersihkan piring, terutama setelah memasak. Asal kamu tahu, hal tersebut dapat membakar kalori kamu hingga 160 kalori jika dilakukan 30 menit. Dengan rutin mencuci piring 15 menit setiap harinya, kamu seperti berenang dengan jarak 2.500 meter.

Baca juga: 7 Tips agar Lebih Maksimal saat Membantu Anak Mengerjakan PR

  1. Mencuci Baju

Mencuci baju juga termasuk pekerjaan rumah yang setara dengan berolahraga ringan. Walaupun kamu menggunakan mesin, tetap saja saat mengangkat cucian dan menjemur akan membakar kalori tubuh. Paling tidak, kamu akan mencuci baju dua kali dalam satu minggu. Coba bayangkan kalori yang terbakar mungkin saja setara melakukan olahraga ringan.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait pekerjaan rumah yang efektif untuk membakar kalori, tanyakan saja pada dokter di Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc pada Apps Store atau Play Store. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pembelian obat di apotek terdekat hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Berkebun

Meskipun bukan termasuk pekerjaan rumah, tidak sedikit orang yang gemar berkebun. Ketika kamu menggali atau mengubah kompos pada tanaman, otot pada perut, lengan, dan kaki akan bergerak, sehingga bisa membakar banyak kalori. Dengan berkebun, kamu sama seperti melakukan aerobik atau bersepeda.

  1. Menyetrika Pakaian

Baju-baju kantoran umumnya harus disetrika terlebih dahulu sebelum dipakai. Maka dari itu, rutinitas ini harus dilakukan setiap minggu agar semua pakaian sudah siap saat berangkat kerja. Menyetrika baju selama satu jam akan membakar 100-140 kalori. Selain itu, jika kamu melakukannya dengan berdiri, otot tangan dan kaki kamu akan menjadi lebih kuat.

Baca juga: Aktivitas Fisik Sederhana yang Lebih Sehat dari Olahraga di Gym

Itulah beberapa pekerjaan rumah yang dapat kamu lakukan dan sama seperti saat melakukan olahraga. Dengan rajin melakukan pekerjaan rumah, kamu akan mendapatkan efek ganda. Selain rumah menjadi lebih bersih, tubuh kamu juga menjadi lebih sehat. Maka dari itu, jangan bermalas-malasan ya untuk melakukan pekerjaan yang ada di rumah.

Referensi:
Best Health. Diakses pada 2019. 4 ways to get a workout doing housework.
Very Well Fit. Diakses pada 2019. Calories Burned Cleaning House.