6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   12 Juli 2021
6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan6 Cara Mencegah Penyakit Ginjal pada Kucing Peliharaan

“Penyakit ginjal pada kucing bisa berakibat serius. Oleh karena itu, penting melakukan upaya pencegahan sedini mungkin. Beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah membatasi asupan makanan kering, menambah pemberian makanan basah, memastikan kucing minum air yang cukup, dan menjaga kebersihan kandangnya.”

Halodoc, Jakarta - Banyak orang yang menyayangi kucing layaknya anggota keluarganya sendiri. Namun, meski sudah maksimal menjaga kesehatan kucing peliharaan, risiko penyakit tetap ada. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah penyakit ginjal pada kucing.

Sama seperti manusia, kucing juga memiliki ginjal. Organ ini berfungsi penting untuk mengatur tekanan darah serta membuang kotoran dan racun dari darah. Lantas, adakah yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal pada kucing peliharaan? Berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Pencegahan Penyakit Ginjal pada Kucing

Penyakit ginjal pada kucing dapat menimbulkan beberapa masalah serius seiring dengan memburuknya kondisi organ tersebut. Penyebab dari penyakit ini beragam, mulai dari infeksi hingga trauma. 

Berikut ini upaya pencegahan yang bisa dilakukan:

1.Batasi Konsumsi Makanan Kering

Salah satu yang dapat menjadi penyebab penyakit ginjal pada kucing adalah diet makanan kering. Semua hewan harus tetap terhidrasi termasuk juga kucing yang membutuhkan banyak kelembapan agar tetap sehat. 

Namun, jika kucing terlalu banyak mengonsumsi makanan kering, kelembapan yang ada di dalam tubuh akan terserap. Akhirnya, ginjal harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk memproses limbah dan racun di dalam tubuh.

2.Memperbanyak Makanan Basah

Cara pencegahan lainnya adalah memperbanyak konsumsi makanan basah pada asupan hariannya. Selain itu, jenis makanan ini dapat menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan makanan kering, meskipun harganya lebih mahal. 

Dengan mengonsumsi makanan basah, perutnya lebih kenyang dan terhidrasi. Kamu harus memastikan paling tidak dua dari tiga makanan yang disajikan adalah makanan basah.

Bila kamu membutuhkan makanan untuk kucing peliharaan kamu, tenang saja, karena Halodoc siap membantu. Cukup download aplikasi Halodoc di ponselmu, maka kamu bisa beli makanan kucing yang berkualitas, kapan dan di mana saja.

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Bahaya Bulu Kucing

3.Berikan Suplemen Milk Thistle

Dengan menambahkan milk thistle ke makanan kucing adalah salah satu cara yang dapat menjaga kesehatan ginjalnya agar terhindar dari gangguan. Suplemen tersebut mengandung Silymarin, yaitu bahan aktif yang membantu ginjal yang menyaring racun dengan lebih efisien.

Kamu dapat membeli suplemen milk thistle di sebagian besar toko hewan atau langsung bertanya pada dokter hewan tempat periksa yang rutin dilakukan.

4.Jaga Berat Badannya

Obesitas adalah penyebab dari banyak masalah kesehatan dan dapat menyebabkan kucing mengalami masalah ginjal. Hal tersebut karena obesitas berhubungan erat dengan diabetes yang berkembang menimbulkan gagal ginjal. Pastikan agar hewan peliharaanmu tidak terlalu gemuk, ya.

5.Pastikan Kucing Minum Air yang Cukup

Cara pencegahan penyakit ginjal lainnya adalah dengan memastikan kucing peliharaan minum yang cukup. Cobalah untuk meletakkan sejumlah air di dekat makanannya dan pastikan air tersebut tetap bersih. Kamu juga dapat menggunakan tempat minum yang banyak ditemukan di toko hewan peliharaan agar kebutuhan cairan kucing terpenuhi.

6.Jaga Kotak Pasir Tetap Bersih

Kucing sangat menyukai kebersihan. Terkadang, ia tidak ingin buang air kecil atau besar jika kotak pasirnya tidak bersih. Maka dari itu, kamu harus rajin membersihkan tempat tersebut sehingga kucing tidak menahan keinginan untuk buang air kecil yang dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal pada kucing. Jangan sampai hewan peliharaanmu terserang penyakit tersebut karena terkadang tidak mudah untuk mendiagnosisnya. Mungkin saja gangguan tersebut diketahui saat sudah menimbulkan masalah yang besar.

Referensi:
Murrayville Vet. Diakses pada 2021. How to Prevent Kidney Disease in Cats.
Blue Pearl Vet. Diakses pada 2021. Kidney Disease in Cats: Diagnosis and Advice for Pet Owners.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan