• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini 6 Cara Simpel Mengatasi Sakit saat Menelan

Begini 6 Cara Simpel Mengatasi Sakit saat Menelan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Meski bersifat umum dan bisa sembuh dalam waktu singkat, sakit tenggorokan adalah kondisi yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Kondisi ini bisa mengganggu karena menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gatal, nyeri, dan sakit saat menelan makanan atau minuman. Sakit tenggorokan bisa terjadi karena peradangan yang menyerang daerah laring, faring, dan kelenjar amandel.

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena beberapa faktor, termasuk infeksi bakteri dan virus, seperti virus flu, campak, atau cacar. Selain itu, sakit tenggorokan juga bisa terjadi sebagai reaksi alergi, udara kering, dan polusi udara. Sakit tenggorokan juga bisa terjadi karena trauma atau cedera pada area tenggorokan. Ada beberapa cara simpel yang bisa dilakukan untuk mengobati kondisi ini, sehingga sakit menelan pun bisa diatasi. 

Baca juga: 6 Penyakit Ini Sebabkan Tenggorokan Sakit saat Menelan

Tips Mengatasi Sakit Menelan 

Kesulitan menelan tidak hanya terjadi karena penyakit atau infeksi virus, tetapi juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan berteriak, terlalu banyak bicara, hingga merokok. Jika mengalami kondisi ini, coba atasi dengan melakukan beberapa cara simpel, seperti:

  • Banyak Minum Air Putih 

Saat sakit menelan terjadi, cobalah untuk minum banyak air putih untuk membantu melembapkan tenggorokan. Asupan air putih bisa mencegah iritasi dan membuat tenggorokan lebih baik serta meredakan gejala radang. Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam satu hari. 

  • Teh Lemon dan Madu

Melegakan sakit tenggorokan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh lemon dan madu. Kamu juga bisa mengonsumsi minuman hangat lain, seperti teh bunga chamomile, minuman jahe, atau akar manis. Minuman ini bisa melegakan nyeri tenggorokan, sehingga sakit menelan pun bisa diatasi. 

Baca juga: Tiba-Tiba Susah Menelan Bisa Jadi Kena Akalasia

  • Konsumsi Sup Ayam

Mengonsumsi sup ayam juga bisa membantu meredakan sakit tenggorokan dan kesulitan menelan. Semangkuk sup ayam hangat bisa melegakan tenggorokan, mengencerkan lendir, serta meredakan rasa sakit saat menelan. 

  • Berkumur Air Garam 

Selain untuk meredakan sakit gigi, berkumur air garam ternyata juga bisa membantu meredakan gangguan pada tenggorokan. Berkumur air garam bisa membantu membersihkan tenggorokan, mengencerkan dahak, mengurangi pembengkakan, serta mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas. Jangan terlalu lama berkumur dan pastikan melakukannya dengan kepala menengadah, hal ini penting untuk menghindari larutan air garam tertelan. 

  • Kompres Hangat di Leher

Kesulitan menelan makanan maupun minuman bisa sangat mengganggu dan menyiksa. Untuk meredakannya, cobalah kompres air hangat di bagian leher. Kamu bisa menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke air hangat dan diperas, kemudian tempatkan di leher atau di tempat yang terasa tidak nyaman. Selain dengan kain, kamu juga bisa mengompres leher dengan menempelkan botol berisi air hangat. 

  • Hindari Asap Rokok dan Polusi 

Paparan asap rokok dan polusi udara bisa memperparah kondisi tenggorokan. Alhasil, sakit menelan bisa berkepanjangan dan sulit diobati. Maka dari itu, sebaiknya hindari paparan asap rokok atau udara yang tercemar saat mengalami sakit tenggorokan. Cobalah untuk selalu mengenakan masker wajah jika harus beraktivitas di luar ruangan. 

Baca juga: Bukan Radang, Ini Penyebab Tenggorokan Sakit Saat Menelan

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Sore Throat.
MedicineNet. Diakses pada 2019. Natural and Home Remedies That Soothe and Get Rid of A Sore Throat.