7 Tips Mengembalikan Produktivitas Bekerja setelah Libur Lebaran

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Mei 2022

“Tidur lebih cepat, membuat to do list, merapikan ruang kerja, dan aktif berolahraga adalah beberapa tips untuk mengembalikan produktivitas bekerja setelah libur Lebaran.”

7 Tips Mengembalikan Produktivitas Bekerja setelah Libur Lebaran7 Tips Mengembalikan Produktivitas Bekerja setelah Libur Lebaran

Halodoc, Jakarta – Tak terasa libur Lebaran telah selesai, saatnya kembali ke aktivitas biasa.  Masa-masa setelah libur, biasanya membuat kamu merasa sulit kembali fokus pada aktivitas yang biasanya dijalankan, sehingga produktivitas dapat menurun. 

Terkadang untuk mengembalikan produktivitas bekerja, kamu perlu merencanakan hal-hal baru untuk diaplikasikan setelah libur Lebaran usai. Yuk, simak tipsnya di sini!

Buat ‘To Do List’ dan Ciptakan Suasana Kerja Nyaman

Melansir dari Psychology Today, orang yang menghabiskan liburan bersama keluarga–seperti yang kerap dilakukan saat Lebaran–dapat memberikan dampak positif pada kesehatan. 

Beberapa manfaat menghabiskan liburan bersama keluarga antara lain seperti mengurangi kondisi stres, memperpanjang usia, mengurangi gangguan pada otak, hingga memiliki kesehatan tubuh yang optimal.

Momen libur hari Lebaran juga dapat digunakan untuk bersantai dan melupakan sejenak pekerjaan sehari-hari yang tentunya membuat kamu merasa lelah atau stres. 

Namun, seperti sudah disinggung sebelumnya, jangan lupa untuk mengembalikan produktivitas kerja setelah liburan usai. Beberapa orang terkadang merasakan kondisi stres saat masa liburan telah berakhir, karena belum siap untuk kembali bekerja.

Nah, tak jarang hal ini yang bikin produktivitas menurun. Jika merasa sedih, muram, stres, saat libur Lebaran telah berakhir, sebaiknya segera lakukan beberapa cara untuk mengembalikan produktivitas bekerja kembali optimal. Apa saja?

1. Istirahat Sebelum Mulai Hari Kerja

Sebaiknya penuhi kebutuhan istirahat jelang kembali untuk bekerja. Biasanya, saat libur Lebaran akan menghabiskan waktu seharian untuk jalan, berkunjung ke tempat keluarga atau ke tempat wisata. Ketika waktu masuk kerja hampir tiba, kamu perlu meluangkan waktu satu hari untuk istirahat biar fit saat kerja. 

2. Buatlah Jadwal ‘ To Do List’ 

Bingung harus mengerjakan apa di kantor setelah liburan? Tidak ada salahnya membuat jadwal pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari pertama kembali bekerja. 

Hari pertama bekerja setelah menjalankan masa libur memang cukup berat, namun dengan membuat jadwal pekerjaan, kamu kembali terbiasa dengan rutinitas harian yang harus dikerjakan sehingga produktivitas bisa kembali normal. 

3. Mendengarkan Musik Favorit 

Melansir studi dari Atlanta Institute of Music & Media College, mendengarkan musik favorit bisa menjadi salah satu cara mengembalikan produktivitas kerja sehabis liburan. Mood bisa lebih positif sehingga bekerja jadi lebih semangat. 

Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai hari kerja dengan mendengarkan musik menyenangkan agar produktivitas kerja dapat kembali normal.

4. Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman 

Hari pertama masuk kerja, ada baiknya untuk membersihkan atau membereskan meja kerja yang selama ini ditinggal untuk berlibur. Meja kerja yang rapi akan memengaruhi produktivitas kerja seseorang. 

Jadi, pastikan meja kerja rapi dan terasa nyaman, ya! Jika masih WFH, tidak ada salahnya juga membuat ambiance di ruang kamar lebih positif dan produktif. Jauhkan hal-hal yang bikin konsentrasi terganggu.

5. Tidur Lebih Cepat

Biasanya kalau liburan tidur malam jadi berantakan. Malam lebih sering dihabiskan dengan mengobrol, menonton, atau malah masih mengunjungi keluarga dan teman-teman dekat. Menjelang waktu masuk kerja, hal-hal demikian sudah harus mulai ditinggalkan. Kamu harus tidur lebih cepat supaya bangun pagi dan kembali bekerja seperti biasa.

6. Kembali Aktif Berolahraga

Jika liburan membuatmu mengabaikan jadwal olahraga, saatnya kembali aktif secara fisik. Tubuh yang bugar karena olahraga juga dapat mengembalikan produktivitas bekerja setelah liburan. Ini menjadi bagian penting dilakukan supaya tetap bisa fit dan tidak terhalang saat melakukan aktivitas.

7. Mulailah Bekerja

Rasa malas dan bosan bisa dihindari dengan memulai pekerjaan. Mulailah pekerjaan dari yang paling mudah untuk dikerjakan. Setelah produktivitas kembali normal, kamu bisa memulai mengerjakan pekerjaan yang lain. 

Hindari melakukan berbagai pekerjaan dalam waktu yang bersamaan karena dianggap menurunkan kualitas pekerjaan.

Itulah hal yang dapat dilakukan untuk mengembalikan produktivitas saat kembali bekerja setelah libur hari Lebaran. Jika kondisi stres atau sedih yang dirasakan setelah berlibur menjadi berlarut-larut, tidak ada salahnya gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung mengenai kondisi kesehatanmu. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga

Referensi:
Life  Hack. Diakses pada 2022. 50 Ways to Increase Productivity and Achieve More in Time Less
Forbes. Diakses pada 2022. 10 Incredibly Easy Ways to Improve Your Productivity
Atlanta Institute of Music & Media College. Diakses pada 2022. How Does Music Affect Your Mood?
Bustle. Diakses pada 2022. 11 Ways to Successfully Get Back to Work After Your Vacation
Traveller. Diakses pada 2022. How to Beat The Post Holidays Blues
Psychology Today. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Socializing

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan