• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Menghilangkan Stretch Mark
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Cara Menghilangkan Stretch Mark

8 Cara Menghilangkan Stretch Mark

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Januari 2022
8 Cara Menghilangkan Stretch Mark

“Siapa wanita yang tidak risih dengan kemunculan stretch mark. Nyatanya masalah kulit ini menghantui hampir semua wanita hamil. Ada beberapa perawatan kulit yang dapat mengurangi atau menghilangkan tampilan stretch mark. Contohnya laser, gel lidah buaya, minyak zaitun, hingga minyak vitamin E.”

Halodoc, Jakarta - Salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu banyak wanita hamil adalah munculnya guratan-guratan merah seperti nadi yang panjangnya hingga beberapa sentimeter, yakni stretch mark. Kondisi ini terjadi saat kulit mengalami peregangan yang berlebihan. 

Kemunculan stretch mark pada bagian tubuh tertentu memang menyebalkan dan mengganggu kepercayaan diri, entah itu bagi ibu pasca melahirkan atau mereka yang sedang menjalani diet ketat. Namun, ibu tak perlu khawatir, ada beberapa perawatan kulit yang bisa dicoba untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stretch mark, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami maupun perawatan tertentu. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa kamu coba:

1.Laser

Ini adalah cara menghilangkan stretch mark yang paling mudah, karena dapat dilakukan hanya dalam hitungan menit. Perawatan laser yang dilakukan secara berkala terbukti ampuh untuk menghilangkannya. Sayangnya, kamu harus mengeluarkan biaya ekstra untuk melakukan perawatan ini. Selain itu, jika kamu tidak melakukannya secara tuntas, bisa saja stretch mark tersebut akan muncul kembali.

2.Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya adalah produk kecantikan yang sedang populer belakangan ini. Gel lidah buaya akan membuat kulit tetap kenyal dan elastis, sehingga secara perlahan stretch mark tersebut akan hilang. Kamu cukup mengoleskan gel tersebut secara merata, diamkan selama 15 menit, dan bilaslah dengan bersih.

3.Minyak Zaitun

Hal yang membuat minyak zaitun cocok dijadikan sebagai bahan alami penghilang stretch mark adalah kandungan zat linoleic acid-nya. Zat ini ampuh untuk menjaga kandungan air pada kulit, sehingga stretch mark pasti akan pudar perlahan. Selain itu, minyak zaitun juga banyak mengandung polifenol yang bersifat antioksidan, sehingga akan membantu meregenerasi kulit yang mengalami kerusakan. Kamu cukup mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan sedikit madu, kemudian oleskan secara merata pada stretch mark.

4.Putih Telur

Sama seperti gel lidah buaya, putih telur juga ampuh untuk mengenyalkan wajah sekaligus mencerahkannya. Hal ini lantaran putih telur merupakan sumber protein dan mikronutrien yang baik. Jika kamu ingin mengurangi bau amisnya, kamu dapat menambahkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis atau lemon.

5.Gula

Dengan menggunakan gula sebagai scrub alami, maka kulit yang terasa kasar akan menjadi lebih lembut. Kamu dapat mencampurkan gula dengan madu, kemudian gosokkan perlahan pada area stretch mark sehabis mandi.

6.Minyak Vitamin E

Vitamin E memang sudah dikenal luas mampu mengatasi beragam masalah kulit. Kamu dapat menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7.Losion

Dengan menggunakan losion yang sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki juga akan menghilangkan stretch mark perlahan. Gunakanlah setiap hari, agar stretch mark hilang dan kulit semakin kenyal dan sehat.

8.Bubuk Cokelat

Apabila kamu sering membuat kue di rumah, bubuk cokelat yang biasa jadi bahan pembuat kue ini dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan stretch mark. Buatlah pasta dari bubuk cokelat yang hanya diberi sedikit air, lalu oleskan pada stretch mark sebanyak dua kali sehari.

Stretch Mark Tak Hanya Dimiliki Ibu Hamil

Fakta stretch mark selanjutnya adalah, ternyata hampir semua orang bisa memilikinya. Stretch mark memang identik dengan ibu hamil. Ini karena ibu hamil umumnya mengalami kenaikan berat badan yang cukup drastis dan mengalami perubahan ukuran perut. Namun sebetulnya, hampir semua orang berpotensi memiliki stretch mark, baik wanita atau pria, hingga anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Kenaikan berat badan yang disertai dengan penumpukan lemak di area tubuh tertentu sangat umum terjadi. Karena itulah, stretch mark menjadi kondisi yang umum dimiliki beragam kalangan, tak hanya wanita dan ibu hamil.

Pada pemilik kulit cerah, awalnya stretch mark cenderung terlihat berwarna merah muda, lalu lama-kelamaan akan berubah menjadi lebih gelap kecokelatan. Sedangkan stretch mark pada kulit yang lebih gelap, cenderung berwarna lebih terang.

Ingin tahu tips kesehatan dan perawatan kulit lainnya? Tak usah repot pergi ke rumah sakit, segera tanya dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Yuk, segera download aplikasi Halodoc untuk saat-saat darurat. 


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Stretch marks.
NHS. Diakses pada 2021. Stretch marks.