• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Pantangan Makanan untuk Pengidap Radang Amandel?

Adakah Pantangan Makanan untuk Pengidap Radang Amandel?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Rasa tidak nyaman pada tenggorokan tentu membuat kamu sulit untuk menikmati setiap makanan yang masuk ke tubuh. Salah satu gangguan yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah radang amandel. Selain itu, rasa sakit yang timbul terkadang dapat menjalar ke seluruh area leher. Maka dari itu, setiap orang yang mengalami gangguan ini harus tahu beberapa makanan yang perlu dihindari untuk cepat sembuh. Berikut beberapa makanan tersebut!

Makanan yang Harus Dihindari saat Mengalami Radang Amandel

Amandel adalah kelenjar getah bening yang berada di bagian belakang tenggorokan. Bagian ini berguna untuk melawan infeksi dan mencegah bakteri atau virus agar tidak masuk ke dalam sistem pernapasan. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada amandel adalah peradangan, disebut juga dengan tonsilitis. Meski bisa disebabkan oleh bakteri, tetapi kebanyakan kasus terjadi akibat infeksi dari virus.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Bedanya Radang Amandel dan Radang Tenggorokan

Gangguan radang amandel lebih sering menyerang anak-anak, meskipun juga dapat terjadi pada orang dewasa. Tonsilitis terbilang sangat menular dan jenis bakteri yang paling sering menyebabkan penyakit tersebut adalah Streptokokus. Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan agar cepat sembuh, seperti menghindari beberapa makanan yang dapat menyebabkan masalah bertambah parah.

Berikut ini beberapa makanan yang menjadi pantangan seseorang dengan radang amandel:

1. Produk Susu

Salah satu makanan yang harus dihindari saat mengalami radang amandel adalah segala produk yang terbuat dari susu, seperti yoghurt. Saat alami tonsilitis, penumpukan lendir terjadi di tenggorokan yang merupakan penyebab utama gangguan amandel. Jika kamu mengonsumsi produk susu, kandungannya dapat memudahkan bakteri untuk membuat lendir menjadi lebih padat dan kental. Maka dari itu, pastikan untuk menghindari produk kalsium selama gangguan tersebut masih terjadi.

2. Makanan Pedas

Jenis makanan lainnya yang harus dihindari saat radang amandel adalah sesuatu yang pedas. Makanan yang pedas dapat meningkatkan pertumbuhan batu amandel disebabkan penumpukan lendir. Saat mengonsumsi sesuatu yang pedas dengan campuran tomat asam dapat memperburuk gangguan tonsilitis yang bisa memicu batuk. Sama seperti tomat, ada baiknya juga untuk menghindari makanan yang bersifat asam selama pengobatan.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait gangguan radang amandel atau penyakit lainnya yang menyerang tenggorokan, dokter dari Halodoc siap memberikan saran secara profesional. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan jawaban terkait kesehatan tanpa perlu ke luar rumah. Nikmati kemudahan tersebut hanya dari smartphone-mu!

Baca juga: Ketahui 13 Gejala Umum Peradangan Amandel

3. Kacang atau Biji-bijian

Beberapa makanan seperti popcorn dan biji wijen dapat menyisakan potongan-potongan kecil yang mungkin tersangkut di tenggorokan. Hal tersebut dapat menimbulkan endapan di atas amandel yang akhirnya membentuk batu serta iritasi pada tenggorokan. Biasanya, mengurangi asupannya saja sudah cukup, tetapi pada seseorang dengan radang amandel yang kronis kemungkinan harus benar-benar menghindarinya.

4. Makanan Padat

Setiap orang yang mengidap radang amandel harus menghindari konsumsi makanan padat, seperti pizza, biskuit, dan keripik kentang. Makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada amandel dan harus dihindari selama melakukan pengobatan pada tenggorokan. Pastikan untuk memilih makanan yang lebih lembut, seperti kentang tumbuk atau sup. Lebih banyak mengonsumsi makanan berkuah dan banyak mengonsumsi cairan dapat menghindari iritasi pada amandel lebih parah.

Baca juga: Ketahui 6 Obat Alami yang Efektif Mengatasi Radang Amandel

Itulah beberapa makanan yang benar-benar harus dihindari seseorang dengan radang amandel. Dengan melakukan hal tersebut, diharapkan gangguan yang terjadi dapat lebih cepat untuk sembuh. Dengan begitu, aktivitas yang selama ini terganggu dapat kembali normal tanpa adanya gangguan.

Referensi:
Oladoc. Diakses pada 2020. Foods to Avoid for Tonsillitis and Tonsil Stone Prevention.
Pristyn Care. Diakses pada 2020. 10 Food To Avoid During Tonsils.