Alang-Alang Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   05 November 2020
Alang-Alang Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan, Benarkah? Alang-Alang Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Minum-minuman dingin memang terasa lebih segar, apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya. Namun, minuman dingin kerap menjadi biang keladi sakit tenggorokan. Walaupun bukan penyakit yang serius, sakit tenggorokan tetap terasa mengganggu karena dapat menimbulkan mengganjal saat kamu menelan. 

Biasanya sakit tenggorokan bisa hilang dengan sendirinya. Namun, rasa tidak nyaman yang ditimbulkan sakit tenggorokan terkadang membuat kamu ingin cepat-cepat mengatasinya. Nah, daripada memilih obat-obatan, pengobatan alami biasanya lebih sering dipilih untuk atasi sakit tenggorokan. Katanya, tumbuhan alang-alang bisa dijadikan obat alami untuk sakit tenggorokan. Benarkah demikian?

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Sakit Tenggorokan

Benarkah Alang-Alang Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan?

Kamu pasti tidak asing dengan tumbuhan alang-alang. Tumbuhan liar ini memang mudah ditemui karena bisa tumbuh di mana saja, bahkan kerap menjadi gulma pada pertanian. Katanya, alang-alang ini mampu dijadikan obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Untuk bisa dikonsumsi, alang-alang harus dibersihkan terlebih dahulu sampai disisakan batangnya.

Kemudian segenggam batang alang-alang yang sudah dibersihkan ini direbus bersama air sepanci penuh. Rebus hingga air tersisa setengahnya, kemudian minum selagi hangat-hangat. Nah, air rebusan alang-alang ini lah yang dipercaya mampu meredakan sakit tenggorokan. Sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan khasiat utama alang-alang untuk sakit tenggorokan. Jadi, kalau kamu ingin mencobanya, sebaiknya tanyakan kepada dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

Kalau kamu ingin menanyakan perihal ini, kamu bisa kok langsung menghubungi dokter lewat aplikasi Halodoc. Tidak perlu repot ke rumah sakit untuk sekedar bertanya-tanya dengan dokter, melalui aplikasi ini kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.

Baca juga: Sering Sakit Tenggorokan, Apakah Berbahaya?

Obat Alami Sakit Tenggorokan

Daripada mencoba pengobatan yang belum pasti khasiat dan keamanannya, sebaiknya pilih bahan-bahan alami yang sudah lama terbukti ampuh untuk meredakan sakit tenggorokan. Berikut beberapa bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah untuk atasi sakit tenggorokan:

1. Kumur Air Garam

Selain murah, bahan yang satu ini pasti sudah otomatis tersedia di rumah. Sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau berkumur dengan air garam ampuh untuk meredakan tenggorokan. Senyawa garam mampu menarik lendir keluar dari jaringan tenggorokan yang sedang membengkak dan meradang, sehingga membantu meredakan ketidaknyamanan.

Untuk membuat air kumur garam, kamu hanya perlu melarutkan ¼ hingga ½ sendok teh garam meja dengan segelas air hangat. Aduk sampai garam larut, lalu berkumurlah selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi kumur garam beberapa kali setiap hari sampai sakit tenggorokan benar-benar hilang.

2. Madu

Madu juga terkenal ampuh untuk mengobati sakit tenggorokan. Kamu bisa melarutkan madu dengan air hangat atau mencampurnya dengan teh. Melansir dari Healthline, penelitian menunjukan bahwa madu punya kemampuan menekan batuk yang bekerja sebaik obat batuk. Kalau kamu memutuskan untuk mencampur madu dengan teh, sebaiknya pilih teh hijau karena punya manfaat antibakteri di dalamnya. 

3. Bawang Putih

Meski baunya sangat menyengat, bawang putih punya sifat antibakteri alami yang mampu meredakan sakit tenggorokan. Ini mengandung allicin, senyawa organosulfur yang dikenal karena kemampuannya melawan infeksi. Nah, saat mengalami sakit tenggorokan sebaiknya campurkan masakan dengan bawang putih untuk mendapatkan khasiat ini. 

Baca juga: Tenggorokan Terasa Sakit, Kapan Sebaiknya ke Dokter?

Itulah beberapa obat alami yang bisa kamu coba untuk meredakan sakit tenggorokan. Bila sakit yang kamu alami tidak kunjung hilang, sebaiknya periksakan diri ke dokter. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Help for Sore Throats.
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Natural Remedies for Sore Throat.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan