Alasan Daun Kelor Mampu Menurunkan Gula Darah

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Mei 2021
Alasan Daun Kelor Mampu Menurunkan Gula DarahAlasan Daun Kelor Mampu Menurunkan Gula Darah

Halodoc, Jakarta - Daun kelor (Moringa oleifera) adalah salah satu tanaman yang cukup dikenal di Indonesia. Ada banyak sekali manfaat daun kelor yang sudah dikenal sejak zaman dahulu, dan penelitian ilmiah juga telah banyak yang membuktikan manfaat daun kelor. Tanaman yang juga tumbuh di kaki bukit Himalaya ini tergolong memiliki pertumbuhan yang cepat. Apalagi pohon kelor juga kini bisa menjadi tanaman yang berharga untuk dibudidayakan di berbagai belahan dunia berkat manfaat kesehatannya. 

Salah satu manfaat pohon kelor adalah menurunkan gula darah. Keunggulan ini pun menjadikan daun kelor banyak dibudidayakan. Alhasil, kini kamu tak akan kesulitan mencari produk daun kelor yang biasanya dikemas menjadi pil yang siap minum.

Baca juga: Berbagai Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kelor untuk Menurunkan Gula Darah

Manfaat teh daun kelor ini datang karena beberapa kandungan gizi di dalamnya. Ingat, gula darah tinggi bisa menjadi masalah kesehatan yang serius dan ini adalah gejala utama diabetes. Seiring waktu, kadar gula darah yang tinggi bisa meningkatkan risiko banyak masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk menjaga gula darah dalam batas yang sehat.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat teh daun kelor yakni membantu menurunkan kadar gula darah. Namun, sebagian besar bukti didasarkan pada penelitian pada hewan dan masih sedikit penelitian berbasis manusia, dan umumnya berkualitas rendah.

Dalam satu penelitian pada 30 wanita yang dipublikasikan di Journal of Food Science and Technology menunjukkan bahwa mengonsumsi 7 gram bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mampu mengurangi kadar gula darah puasa rata-rata sebesar 13,5 persen.

Studi kecil lainnya pada enam orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan bisa mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21 persen. Ilmuwan percaya efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanate.

Baca juga: Gaya Hidup yang Perlu Dijalani Pengidap Diabetes Melitus

Turunkan Gula Darah dengan Teh Daun Kelor

Karena manfaatnya untuk menurunkan gula darah, maka kamu yang memiliki masalah terkait gula darah yang tinggi perlu mencoba mengonsumsinya. Salah satu caranya adalah dengan mengolahnya menjadi teh. Kamu pun bisa membuat sendiri teh daun kelor di rumah untuk dinikmati sendiri atau bersama anggota keluarga lain yang juga mengidap diabetes.

Caranya membuat teh daun kelor juga tidak sulit dan kamu bisa menambahkan beberapa bahan sehat lain ke dalamnya. Berikut cara membuat teh daun kelor:

Bahan-Bahan:

  • Daun kelor 3-4 batang.
  • Satu gelas air panas.
  • Perasan air lemon dan madu secukupnya saja.

Cara Membuat:

  1. Ambil 3-4 batang daun kelor, dan sebaiknya pilih yang sudah tua.
  2. Keringkan daun secara alami dengan dijemur atau dengan menggunakan alat khusus. Kamu juga dapat menggantungnya di tempat tertutup yang kering dan sejuk. Proses membuat daun menjadi kering ini biasanya akan memakan waktu 10 hingga 14 hari, sehingga jika ingin membuat teh daun kelor, sebaiknya membuatnya sekaligus banyak.
  3. Segera haluskan daun kelor beserta batang yang sudah kering menggunakan blender.
  4. Jika sudah halus, maka tuangkan bubuk daun kelor ke cangkir dan tambahkan air panas.
  5. Tunggu kurang lebih 5 menit hingga air berubah warna.
  6. Kamu bisa menambahkan madu dan lemon sesuai selera.

Baca juga: Alami Gejala Diabetes, Kapan Sebaiknya Diperiksakan ke Dokter?

itulah manfaat daun kelor dan cara mengolahnya menjadi teh. Namun, jika kamu membutuhkan suplemen herbal lainnya selain daun kelor, kamu juga bisa beli di Halodoc. Dengan layanan antar, kamu pun jadi tak perlu lagi repot keluar rumah untuk beli obat, dan pesanan kamu akan segera dikirimkan kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera.
Journal of Food Science and Technology. Diakses pada 2021. Effect of Supplementation of Drumstick (Moringa oleifera) and Amaranth (Amaranthus tricolor) Leaves Powder. 
Medical News Today. Diakses pada 2021. Moringa: Benefits, Side effects, and Risks. 
Nutrients. Diakses pada 2021. Effect of Moringa oleifera Leaf Powder on Postprandial Blood Glucose Response. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan