• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Bedanya Pneumonia dengan Pneumonia Bakterial?

Apa Bedanya Pneumonia dengan Pneumonia Bakterial?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pneumonia adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan (inflamasi) pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Kondisi bisa menyerang siapa saja dan harus segera ditangani untuk menghindari terjadinya komplikasi. Peradangan pada paru-paru bisa terjadi karena adanya infeksi virus, bakteri, atau jamur. 

Pneumonia yang disebabkan oleh infeksi bakteri disebut dengan pneumonia bakterial. Jenis bakteri yang paling sering menjadi pemicu penyakit ini adalah Streptococcus pneumoniae. Pada kasus pneumonia bakterial, bakteri penyebab peradangan masuk ke dalam paru-paru melalui saluran pernapasan atau peredaran darah. Artikel ini akan menjelaskan mengenai penyakit pneumonia dan pneumonia bakterial serta apa saja perbedaannya. 

Baca juga: Pneumonia, Sakit Radang Paru-Paru yang Luput dari Perhatian

Perbedaan Pneumonia dan Pneumonia Bakterial 

Secara umum, pneumonia bakterial merupakan bagian dari penyakit pneumonia. Gangguan kesehatan ini terjadi karena adanya infeksi bakteri di dalam paru-paru, kemudian memicu peradangan. Kondisi itu, kemudian menyebabkan terganggunya fungsi paru-paru, sehingga tubuh mungkin mengalami kekurangan asupan oksigen.

Saat hal ini terjadi, sejumlah organ di dalam tubuh bisa ikut mengalami penurunan fungsi karena kekurangan asupan oksigen. Pneumonia bakterial sama sekali tidak boleh dianggap sepele, karena bisa memicu komplikasi yang berakibat fatal. Infeksi dan peradangan pada paru-paru menyebabkan sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan organ ini membengkak dan dipenuhi cairan. 

Baca juga: Pengidap Asma Berisiko Terkena Pneumonia, Benarkah?

Perbedaan Penyebab Pneumonia dan Pneumonia Bakterial 

Pneumonia adalah penyakit yang bisa disebabkan oleh beragam organisme, seperti bakteri, jamur, dan virus. Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri disebut dengan penyakit pneumonia bakterial dan merupakan jenis penyakit paru-paru yang paling sering menyerang. Ada jenis bakteri yang bisa menjadi penyebab pneumonia ini, di antaranya Streptococcus sp., Mycoplasma sp., Staphylococcus sp., Haemophilus sp., dan Legionella sp

Seperti pneumonia pada umumnya, penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tetapilebih berisiko pada anak-anak. Selain itu, pneumonia dan pneumonia bakterial juga rentan menyerang orang yang sudah lanjut usia alias lansia, yaitu di atas 65 tahun. Gangguan paru-paru ini juga berisiko menyerang orang yang sedang dirawat di rumah sakit dan orang yang aktif merokok. 

Perbedaan Gejala Pneumonia dan Pneumonia Bakterial 

Pneumonia ditandai dengan gejala yang menyerupai penyakit flu, seperti demam dan batuk. Namun, gejala ini umumnya bertahan lebih lama dibanding penyakit flu biasa. Pada kondisi yang lebih parah, pneumonia akan memicu gejala nyeri dada, batuk berdahak, mudah lelah, mual, muntah, penurunan kesadaran, sesak napas, serta demam dan menggigil. 

Pada pneumonia bakterial, gejala umum yang muncul adalah nyeri pada dada, menggigil, batuk, demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kebingungan. Penyakit ini menyebabkan organ tubuh kekurangan asupan oksigen. Pneumonia bakterial juga bisa memicu gejala keluar dahak kuning atau hijau, kesulitan bernapas, selalu berkeringat, serta mudah merasa lelah. 

Baca juga: Kenali Lebih Dalam Tentang Bakterial Pneumonia

Untuk mendiagnosis penyakit paru-paru ini, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik meliputi tanda, gejala, serta riwayat penyakit yang pernah dialami. Pemeriksaan akan berfokus pada paru-paru, biasanya dilakukan pemeriksaan penunjang, seperti rontgen dada, pemeriksaan darah, serta pemeriksaan dahak. 

Cari tahu lebih lanjut seputar perbedaan penyakit pneumonia dan pneumonia bakterial dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! \

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. What is Pneumonia? 
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Pneumonia.
WebMD. Diakses pada 2019. What Is Bacterial Pneumonia?