Asam Lambung Kambuh saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Mei 2023
Asam Lambung Kambuh saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara IniAsam Lambung Kambuh saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

Halodoc, Jakarta - Menjalani ibadah puasa adalah salah satu kewajiban umat Islam di seluruh dunia. Jika sejak kecil kebanyakan orang dilatih berpuasa, hal ini bukan sebuah hal yang berat. Kecuali bagi mereka yang mengidap masalah pencernaan seperti pengidap penyakit asam lambung. Mereka yang mengidap penyakit ini tidak hanya merasa tidak nyaman, aktivitas sehari-hari selama menjalankan ibadah puasa bisa terganggu.

Baca Juga: Meski Berpahala, Ketahui Bahaya Puasa Jika Dipaksakan

Ada banyak faktor yang dapat memicu naiknya asam lambung saat puasa. Mulai dari makanan yang dikonsumsi, langsung tidur setelah makan dan kebiasaan tidak sehat lainnya. Tentunya, kebiasaan-kebiasaan ini harus dihindari saat puasa supaya asam lambung tidak naik. 

Tips Mengatasi Kambuhnya Asam Lambung saat Puasa

Nah, kalau kamu mengidap penyakit asam lambung dan kerap mengalaminya saat berpuasa, coba tips berikut untuk meredakannya:


1. Perhatikan Asupan Makanan Saat Sahur dan Berbuka

Asam lambung akan mudah naik jika kamu makan sahur dan berbuka dengan makanan yang tidak tepat. Oleh karenanya, penting untuk memilih makanan yang bisa mencegah asam lambung naik seperti, makanan yang pedas, asam, berlemak seperti gorengan, santan, cokelat, minuman bersoda, dan kopi.

Sementara saat sahur, upayakan untuk makan lauk dengan sayuran hijau seperti brokoli, kacang hijau, seledri, kol, atau bayam untuk menjaga kesehatan lambung. Beberapa jenis sayuran tersebut rendah kandungan asam, sehingga mampu meredakan kondisi refluks di perut. Untuk berbuka puasa, kamu bisa konsumsi minuman jahe hangat terlebih dahulu. Minuman ini memiliki sifat antiradang untuk mengatasi masalah asam lambung dan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Alasan Puasa Bisa Sembuhkan Penyakit Asam Lambung


2. Perhatikan Juga Porsi Makan

Tips lain untuk mengatasi kambuhnya asam lambung adalah memperhatikan porsi makan. Hindari menyantap makanan dalam porsi besar sekaligus. Sebab, mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat membebani kerja organ pencernaan. Cegah asam lambung naik saat puasa dengan cara mengubah porsi makan jadi sedikit demi sedikit dulu diawali dengan minuman jahe hangat. Setelahnya, lanjutkan dengan makanan lain dengan porsi yang meningkat secara perlahan.

3. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Asam lambung bisa naik karena kebiasaan makan terlalu cepat. Kebiasaan ini biasanya dipicu oleh kondisi lapar setelah seharian berpuasa. Nah, sebaiknya makanlah secara perlahan dan mengunyah makanan selembut mungkin supaya lebih mudah dicerna. Kebiasaan ini membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lebih mudah, sehingga mengurangi risiko asam lambung naik atau memperburuk gejala GERD yang kamu alami.


4. Hindari Terlalu Banyak Minum dan Langsung Tidur setelah Makan

Bila saat makan sahur dan berbuka kamu terlalu sering minum air, ini bisa membuat perut menjadi kembung dan makanan menjadi sulit dicerna. Cobalah untuk memberi jeda setelah makan sahur atau berbuka untuk minum air. Lalu, tidak lupa juga untuk tidak langsung tidur setelah sahur. Sebab, kebiasaan ini hanya akan memicu refluks asam lambung naik ke kerongkongan bersamaan dengan makanan yang kamu konsumsi.

Baca Juga: Agar Maag Tak Lagi Kambuh, Begini Tips Atur Pola Makannya

Itulah kiat mengatasi penyakit asam lambung saat menjalani ibadah puasa. Kalau tips tersebut kurang membantu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Kamu bisa hubungi dokter spesialis anak melalui aplikasi Halodoc untuk lebih mudah dan praktis tanpa harus keluar rumah.  


Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. How to Prevent Acid Reflux and Heartburn.

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Gastroesophageal reflux disease (GERD).


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan