Bagaimana Cara Efektif Sembuhkan Batu Ginjal?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Juni 2021
Bagaimana Cara Efektif Sembuhkan Batu Ginjal?Bagaimana Cara Efektif Sembuhkan Batu Ginjal?

Halodoc, Jakarta - Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang tak boleh dipandang sebelah mata. Jika dibiarkan tanpa penanganan batu ginjal bisa menimbulkan dampak serius, contohnya kerusakan ginjal permanen. 

Meski datanya belum diperbarui, menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 201 Kementerian Kesehatan (kemenkes) RI,  prevalensi batu ginjal sebesar 0,6 persen atau 6 per 1000 penduduk. Angkanya terbilang kecil, tapi tentunya kamu tidak boleh abai terhadap penyakit ini. 

Nah, bagi mereka yang mengidap penyakit batu ginjal, bagaimana cara yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini?

Baca juga: Waspada, Ini 5 Komplikasi Batu Ginjal

Cara Mengatasi Batu Ginjal

Pada dasarnya, cara mengobati batu ginjal bergantung pada jenis batu dan penyebabnya. Untuk batu ginjal yang berukuran kecil dengan gejala minimal, umumnya tak memerlukan perawatan invasif. Biasanya dokter akan merekomendasikan pengidapnya untuk:

  • Perbanyak asupan cairan tubuh. Minum sebanyak 1,8 hingga 3,6 liter per hari untuk membuat urine encer, sehingga dapat mencegah pembentukan batu. Ikutilah saran dokter mengenai banyaknya cairan yang perlu dikonsumsi. 
  • Obat pereda nyeri. Meski terbilang kecil, batu ginjal dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk meredakan nyeri ringan, dokter mungkin merekomendasikan pereda nyeri seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB, lainnya) atau naproxen sodium (Aleve).
  • Obat alpha blocker. Obat ini dapat melemaskan otot-otot ureter, dan membantu mengeluarkan batu ginjal lebih cepat dengan sedikit rasa sakit. 

Bagaimana bila batu ginjal berukuran besar atau melebihi 6 mm? Hati-hati, batu ginjal yang berukuran besar bisa menimbulkan infeksi saluran kemih, pendarahan, hingga kerusakan ginjal.

Baca juga: 4 Bahan Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Batu Ginjal

Nah, terdapat beberapa penanganan untuk mengatasinya, antara lain:

  • Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). Menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran kuat (gelombang kejut) yang memecah batu menjadi potongan-potongan kecil yang dapat dikeluarkan melalui urine.
  • Percutaneous nephrolithotomy. Dengan menggunakan alat nefroskop untuk batu yang berukuran lebih besar, dan tak biasa diatasi odengan ESWL.
  • Bedah terbuka. Prosedur ini jarang dilakukan, biasanya hanya digunakan untuk mengeluarkan batu ginjal yang berukuran amat besar dengan bentuk yang abnormal.

Mau tahu lebih jauh bagaimana cara mengatasi penyakit ginjal? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Cegah dan Kendalikan Penyakit Ginjal

Batu ginjal menjadi salah satu penyakit ginjal kronis yang tak boleh diremehkan. Melansir Kemenkes RI, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan penyakit ginjal kronis, termasuk batu ginjal, yaitu CERDIK dan PATUH. Berikut penjelasannya:

  • CERDIK
  1. Cek kesehatan secara berkala.
  2. Enyahkan asap rokok.
  3. Rajin olahraga.
  4. Diet seimbang.
  5. Istirahat cukup.
  6. Kelola stres dengan baik.
  • PATUH
  1. Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter.
  2. Atasi penyakit dengan pengobatan yang tetap dan teratur.
  3. Tetap diet sehat dengan gizi seimbang.
  4. Upayakan beraktivitas fisik dengan aman.
  5. Hindari rokok, alkohol, dan zat karsinogenik lainnya..

Selain itu, jangan lupa untuk meningkatkan “Self Awareness”. Artinya, rutinlah melalui pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan gula darah secara rutin, atau minimal 1 kali dalam setahun . 

Baca juga: Batu Ginjal Bisa Buat Sulit BAK, Ini Sebabnya

Nah, bagi kamu yang mengalami gejala-gejala batu ginjal dan tak kunjung membaik, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Tujuannya agar batu ginjal segera diatasi sehingga meminimalkan terjadinya kerusakan ginjal.

Kamu bisa kok memeriksakan batu ginjal ke rumah sakit pilihan. Sebelumnya, buat janji dengan dokter di aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu mengantre sesampainya di rumah sakit.



Referensi:

Kementerian Kesehatan RI - Sehat Negeriku. Diakses pada 2021. Cegah dan Kendalikan Penyakit Ginjal dengan CERDIK dan PATUH
NHS Choices UK. Diakses pada 2021. Health A-Z. Kidney Stones.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Disease & Conditions. Kidney Stones.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan