Bagaimana Cara Mengenali Tanda-Tanda Kucing Hamil?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 November 2020
Bagaimana Cara Mengenali Tanda-Tanda Kucing Hamil?Bagaimana Cara Mengenali Tanda-Tanda Kucing Hamil?

Halodoc, Jakarta - Sebagai orang awam, banyak yang belum mengetahui kapan tepatnya kucing betina birahi. Umumnya, kucing betina mengalami gejala birahi pertama kali saat usianya menginjak 6 bulan. Meski sudah birahi sejak usianya 6 bulan, tetapi sebaiknya mengawinkan kucing betina saat usianya di atas 1 tahun. Periode kehamilan kucing sendiri adalah 58–63 hari, atau sekitar 9 minggu. Apa saja yang menjadi tanda kucing sedang hamil? Perhatikan, berikut ini sejumlah tanda kehamilan pada kucing.

Baca juga: Tips Mengatasi Bulu Anjing yang Sering Rontok

Perhatikan, Ini Sejumlah Tanda Kehamilan pada Kucing

Tanda kucing sedang hamil umumnya akan terlihat dari putingnya yang terlihat semakin merah dan membesar. Tanda kehamilan pada kucing tersebut menandakan jika kehamilan telah menginjak 15–18 hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa kemerahan dan pembengkakan pada puting bukan menjadi pertanda kehamilan saja, tetapi juga bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah tanda kehamilan pada kucing:

  • Pembesaran pada perut dan lebih tegang. Pembengkakan yang terjadi akan dipengaruhi oleh jumlah anak yang dikandung.
  • Morning sickness. Gejala yang satu ini dialami oleh beberapa kucing selama masa kehamilan.
  • Saat hamil, kucing cenderung lebih banyak makan dan tidur.
  • Saat memasuki hari persalinan, kucing akan mencari tempat yang nyaman untuk melahirkan.

Jika kurang yakin setelah melihat sejumlah tanda tersebut, kamu bisa memastikannya dengan mengunjungi vet terdekat untuk melakukan USG. Pemeriksaan ini dapat memperlihatkan detak jantung janin kucing sejak usia kehamilan menginjak 20 hari. Jika usia kandungan sudah di atas 45 hari, kamu bisa melakukan pemeriksaan X-ray guna melihat posisi dan berapa banyak anak dalam kandungan kucing peliharaan.

Baca juga: 4 Alasan Anjing Perlu Diajak Jalan-Jalan dan Bermain

Ketahui, Ini Periode Kehamilan pada Kucing

Selain tanda kehamilan pada kucing, kamu juga perlu mengetahui periode kehamilan pada kucing. Seperti pada penjelasan sebelumnya, kehamilan kucing biasanya terjadi selama 58–63 hari, atau sekitar 9 minggu. Dalam periode tersebut, ini yang perlu kamu ketahui:

  1. Minggu pertama dan kedua: belum terlihat adanya tanda kehamilan.
  2. Minggu ketiga: puting kucing berubah warna menjadi lebih merah dan terlihat jelas oleh mata.
  3. Minggu keempat: puting dan perut mulai membesar yang diikuti dengan peningkatan nafsu makan.
  4. Minggu kelima dan keenam: kucing menjadi lebih manja dan malas untuk bergerak. Fetus atau janin sudah dapat diraba di bagian perut induk.
  5. Minggu ketujuh: kucing sering buang air kecil ukuran fetus berkembang. Sama halnya dengan manusia, ukuran janin yang membesar akan membuat tekanan pada kandung kemih.
  6. Minggu kedelapan: kucing mulai mencari tempat yang nyaman untuk melahirkan. Kamu bisa membantunya memberikan tempat yang nyaman dan tidak ramai.
  7. Minggu kesembilan: pemilik hewan pemeliharaan harus melakukan observasi guna melihat tanda kelahiran. Berikut ini sejumlah cara yang dapat dilakukan:
  • Stage I: penurunan suhu tubuh, sekitar 37.8–38.3 derajat Celsius, kucing mengalami penurunan nafsu makan, sering menjilat area kelamin, dan berdiam diri di tempat yang telah ia tentukan.
  • Stage II: adanya kontraksi, selaput yang melindungi janin akan terlihat keluar dari kelamin dan tampak seperti balon transparan berisi air. Kemudian, fetus akan terdorong keluar. 
  • Stage III: setelah janin keluar, akan disusul dengan plasenta. Kucing akan memakan plasentanya sendiri sebelum memulai kontraksi untuk mengeluarkan anak selanjutnya.

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Membuat Usia Anjing Lebih Panjang

Jika semua tahap sudah lancar, maka kamu tidak perlu merasa khawatir. Namun, jika dalam 5–8 jam kucing tidak juga melahirkan walaupun sudah muncul tanda-tanda melahirkan, kamu bisa mendiskusikan hal ini dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc untuk mengetahui langkah apa yang harus dilakukan.

Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Tanda-Tanda Kehamilan pada Kucing Oleh Drh. Tika Lina Putri.
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Pahami Periode Kehamilan Kucing Agar Tidak Panik.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan