• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Mengukur Suhu Tubuh Manusia yang Tepat?

Bagaimana Cara Mengukur Suhu Tubuh Manusia yang Tepat?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Cara Mengukur Suhu Tubuh Manusia yang Tepat?

Halodoc, Jakarta - Suhu tubuh merupakan ukuran dari kemampuan tubuh dalam menghasilkan dan menyingkirkan panas di dalamnya. Kondisi tersebut biasanya dipicu oleh beberapa hal, seperti suhu lingkungan atau kondisi kesehatan seseorang. Normalnya, suhu tubuh akan berubah-ubah, tergantung pada aktivitas yang dilakukan di lingkungan tertentu. Di samping itu, normalnya manusia memiliki suhu tubuh antara 36,5–37,2 derajat Celsius. Begini cara tepat mengukur suhu tubuh manusia.

Baca juga: Inilah Cara Mengukur Suhu Tubuh yang Tepat

Ketahui, Begini cara Tepat Mengukur Suhu Tubuh Manusia 

Sebagian besar orang pasti berpikir jika suhu normal tubuh berada di angka 37 derajat Celsius. Padahal kenyataannya, suhu normal tubuh masing-masing orang tidak selalu berada tepat di angka tersebut. Dari hasil penelitian, berikut ini ukuran rata-rata suhu tubuh normal manusia berdasarkan usianya:

  • Suhu normal pada bayi, yaitu 36,3–37,7 derajat Celsius.
  • Suhu normal pada anak, yaitu 36,1–37,7 derajat Celsius. 
  • Suhu normal pada orang dewasa, yaitu 36,5–37,5 derajat Celsius. 

Baca juga: Ketahui Suhu Normal Bayi dan Cara Mengukurnya

Meskipun sudah memiliki patokannya masing-masing, tetapi suhu normal tubuh manusia dapat berubah sepanjang hari. Hal yang perlu kamu ketahui adalah, bagaimana cara tepat mengukur suhu tubuh manusia untuk mengantisipasi adanya kondisi kesehatan lain, apakah memerlukan penanganan lebih lanjut atau tidak. Hal pertama yang diperlukan adalah termometer. Jangan lupa untuk selalu menyediakannya di rumah, sebagai langkah antisipasi, ya. Berikut ini cara tepat mengukur suhu tubuh manusia berdasarkan usianya:

1. Orang Dewasa

Termometer digital lebih banyak dipilih, karena menunjukkan hasil yang cepat dan akurat. Termometer ini bekerja dengan menggunakan sensor panas elektronik. Penggunaannya dapat dilakukan dengan cara dijepit di ketiak. Pastikan ujung sensor menyentuh kulit ketiak, ya. Tahan selama beberapa saat, hingga berbunyi. Bunyi ini menandakan jika hasil pengukuran suhu siap dibaca pada layar termometer.

Selain di area ketiak, pengukuran suhu dapat dilakukan di mulut. Caranya dengan menahan termometer di bibir agar tidak jatuh. Tunggu hingga beberapa saat, hingga berbunyi. Setelah itu, kamu dapat melihat hasil ukur suhu tubuh melalui layar yang tersedia. Cukup mudah, bukan? Jadi, selalu siapkan alat penting ini di rumah, ya.

2. Anak-Anak

Pada bayi dan anak-anak, mengukur suhu tubuh dapat dilakukan melalui anus. Caranya dengan memasukkan ujung termometer ke dalam anus. Cara ini biasanya dilakukan pada bayi yang berusia di bawah tiga tahun. Hal tersebut dikarenakan, bayi dan anak-anak cenderung sulit untuk berdiam diri, walau hanya beberapa detik saja. 

Cara mengukurnya adalah dengan membaringkan bayi atau anak-anak dalam posisi tengkurap di atas permukaan darat. Kemudian buka celana, dan renggangkan kedua kaki. Masukkan ujung termometer ke dalam lubang anus secara perlahan. Ujungnya saja, ya, jangan terlalu dalam. Diamkan selama beberapa saat, hingga berbunyi. Selain pada anus, penggunaan termometer dalam bisa dilakukan di telinga. 

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui tentang Suhu Tubuh

Itulah cara tepat mengukur suhu tubuh manusia. Terlepas dari itu semua, kamu perlu mengetahui jika suhu tubuh akan tergantung pada kondisi tubuh, lingkungan, serta masalah kesehatan masing-masing manusia. Jika suhu tubuh berada pada angka yang tinggi dan tidak kunjung membaik dalam beberapa waktu, ini saatnya kamu memeriksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mengetahui masalah kesehatan apa yang sedang kamu alami.

Referensi:
Uofmhealth.org. Diakses pada 2021. Body Temperature.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Thermometers: How to Take your Temperature.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is a normal body temperature range?